Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Matematika SD

  • Wiryanto Wiryanto Universitas Negeri Surabaya
  • Ajeng Rara Veronica Universitas Negeri Surabaya https://orcid.org/0000-0002-0701-438X
  • Budiyono Budiyono Universitas Negeri Surabaya
  • Suprayitno Suprayitno Universitas Negeri Surabaya
  • Delia Indrawati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Aplikasi GeoGebra, matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Pandemi Covid-19 mempunyai dampak besar terhadap pembelajaran matematika di sekolah dasar. Adapun dampaknya yaitu siswa kesulitan memahami materi matematika, guru kesulitan menjelaskan materi matematika kepada siswa, kurangnya penggunaan media pembelajaran matematika berbasis online, dan sebagian besar media pembelajaran berbasis online membutuhkan fasilitas jaringan yang memadai dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pemahaman matematika sekolah dasar melalui aplikasi GeoGebra. Guru diberikan informasi terkait penggunaan media pembelajaran berbasis online dengan bantuan aplikasi GeoGebra sehingga dapat mempermudah proses pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu metode pendekatan fungsional, pelatihan, dan pendampingan. Pada awal pengabdian, kurang dari 10% guru yang mengetahui tentang aplikasi GeoGebra, namun setelah dilakukan pendampingan dan monitoring evaluasi menunjukkan hasil yang signifikan dan mencapai 92%. Para guru sangat antusias dan semangat dalam mengimplementasikan aplikasi GeoGebra dalam pembelajaran sesuai dengan materi dan tingkatan kelas yang diajarkan.

 

The Covid-19 pandemic has had a major impact on learning mathematics in primary schools. The impact is that students have difficulty understanding mathematics material, teachers have difficulty explaining mathematics material to students, lack of use of online-based mathematics learning media, and most online-based learning media require adequate network facilities and cost a lot of money. Therefore, this service activity aims to help improve primary school mathematics understanding through the GeoGebra application. Teachers are given information regarding the use of online-based learning media with the help of the GeoGebra application so that it can facilitate the learning process. The method used is the method of functional approach, training, and mentoring. At the beginning of the service, less than 10% of teachers knew about the GeoGebra application, but after mentoring and monitoring evaluations showed significant results and reached 92%. The teachers were very enthusiastic and passionate about implementing the GeoGebra application in learning according to the material and class level being taught.

References

Asyura, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Konstruktivisme Pada Materi Prisma dan Limas Di Kelas VIII SMP. Cakrawala Pedagogik, 1(2), 214-228. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/Z4B93

Briggs, M., Wilkinson, C., & Golash, A. (2014). Digital multimedia books produced using iBooks Author for pre-operative surgical patient information. Journal of visual communication in medicine, 37(3-4), 59-64.

Isman, M. Nur. (2016). Pemanfaatan Program GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Jogjakarta: PPPPTK Matematika.

Lusiana, R., Susanti, V.D., & Andari, T. (2019). Pengaruh Project Based Learning Berbasis Media Interaktif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 354-361.

Munandar, A., & Rizki, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika berbasis Komputer Menggunakan Flipbook Maker disertai Nilai Islam pada Materi Peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 262-269.

Novilanti, F. R. E., & Suripah, S. (2021). Alternatif Pembelajaran Geometri Berbantuan Software GeoGebra di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 357–367. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.538

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430

Octamela, K. S., Suweken, G., & Ardana, I. M. (2019). Pemahaman Matematis Siswa Dengan Menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbantuan GeoGebra. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(2), 305- 315.

Permaganti, Bunga, Rahayu, Sintia, & Setiawan. Wahyu. (2019). Mencari Volume Bangun Ruang Berbantuan. Education, Journal On, Journal On Education, 02(01), 134-142: https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.283

Rochim, A., Herawati, T., & Nurwiani. (2021). Deskripsi Pembelajaran Matematika Berbantuan Video GeoGebra dan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 269-280.

Simbolon, A. K. (2020). Penggunaan Software GeoGebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Pada Pembelajaran Geometri di SMPN2 Tanjung Morawa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1106–1114. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.351

Waluyo, M. (2016). Penggunaan Software GeoGebra pada Materi Persamaan Garis (Pelatihan Untuk Guru-Guru SMP Muhammadiyah Sukoharjo). Proceeding The Progressive and Fun Education Seminar. 90-96.

World Health Organization. (2020, Maret 11). WHO Director-General’s Opening Remarks at The Media Briefing on COVID-19. Retrieved from https://www.who.int/dg/speeches/detail/whodirecor-generals-opening-remarks-at-the-mediabriefing on-COVID-19---11-march-2020

Published
2023-07-25
How to Cite
Wiryanto, W., Veronica, A. R., Budiyono, B., Suprayitno, S., & Indrawati, D. (2023). Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Matematika SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 607-613. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i3.330