Pelatihan Pembuatan E-Modul Interaktif berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru SD dan SMP di Kapau Kabupaten Agam
Abstract
Pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah mitra cenderung berpusat pada guru dan tidak mengembangkan potensi dan karakter siswa. Guru masih kesulitan untuk melaksanakan pembelajaran remedial bagi siswa yang belum tuntas belajarnya. Banyak guru yang masih rendah keterampilan literasi digitalnya. Solusi yang ditawarkan dalam pemecahan masalah prioritas mitra adalah dengan melakukan kegiatan pelatihan merancang modul e-learning interaktif berbasis teknologi informasi. E-modul pembelajaran interaktif dapat digunakan oleh siswa yang belum tuntas belajar secara individu di rumah. Selain pembelajaran remedial, e-modul pembelajaran interaktif juga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas secara kelompok atau individu. Pelatihan ini bertujuan agar guru mampu membuat e-modul pembelajaran interaktif dengan aplikasi flip pdf professional dan soal ujian berbasis teknologi informasi. Pelaksanaan kegiatan menggunakan metode presentasi, diskusi, dan praktik pembuatan e-modul interaktif. Pada awal kegiatan pelatihan, peserta mengisi angket untuk mengetahui pengetahuan awalnya tentang bahan ajar berbasis teknologi informasi. Selanjutnya, peserta dilatih dan didampingi dalam pembuatan e-modul pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta pelatihan telah menguasai pembuatan e-modul pembelajaran interaktif dan soal ujian online menggunakan aplikasi flip pdf professional. Hasil dari kegiatan pelatihan dan pendampingan diharapkan berdampak pada peningkatan kemampuan guru dalam membuat bahan ajar dengan menggunakan aplikasi flip pdf professional.
Learning conducted in partner schools tends to be teacher-centered and does not develop the potential and character of students. Teachers still find it difficult to carry out remedial learning for students who have not completed their studies. Many teachers' digital literacy skills are still low. The solution offered in solving partner priority problems is to carry out training activities to design interactive e-learning modules based on information technology. Interactive learning e-modules can be used by students who have not finished studying individually at home. In addition to remedial learning, interactive learning e-modules can also be used in group or individual classroom learning. The aim of the training is that teachers are able to create interactive learning modules with flip pdf professional application and information technology-based exam questions. Implementation of activities using the method of presentation, discussion, and practice of making interactive e-modules. At the beginning of the training it was provided to find out the participants' initial knowledge about information technology-based teaching materials. Furthermore, participants were trained and assisted in making interactive learning e-modules based on information technology. The results of the training showed that most of the training participants had mastered making interactive learning e-module and online exam questions using the flip pdf professional application. The results of the training and mentoring activities are expected to have an impact on increasing the ability of teachers to make teaching materials using the flip pdf professional application.
References
Damayanti, A.R. (2019). Ragam Gaya Selingkung Artikel Jurnal di Indonesia. https://doi.org/10.31227/osf.io/ke5ur.
Dewi, MSA. & Lestari, NAP. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 433-441.
Fauziya, S. (2020). Penilaian Artikel Ilmiah Mahasiswa Berdasarkan Sistem Evaluasi Arjuna. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 4(2).
Hardjito (2017). Aplikasi Computer Assisted dan Learning pada Bidang Pendidikan, Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1).
Herawati, N.S. & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180-191.
Imansari, N. & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja, VOLT Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11-16.
Inanna, I., Rahmatullah, R., Ampa, T., & Nurjannah, N. (2020). Pengelolaan Referensi Karya Ilmiah Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Aplikasi Mendeley. Pengabdi, 1(1).
Juhaeri (2019). Pengantar Multimedia Untuk Media Pembelajaran. http://tutorial.babastudio.com/
Kuntarto, E. (2015). Teknik Menyusun Sitasi Otomatis dengan Software Mendeley. Repository Unja, 1–18.
Mardin, H., Baharuddin, B., & Nane, L. (2020). Pelatihan Cara Menulis Sitasi Dan Daftar Pustaka Jurnal Format Apa StyleMenggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdidas, 1(3), 137–143.
Marsitin, R., Sesanti, N. R., & Agustina, R. (2018). Pelatihan IT melalui pembuatan e-modul matematika bagi guru matematika SMK Kabupaten Malang. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, Edisi Khusus, 3, 1-6.
Novitasari, N. F., & Nurfiqih, D. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Smartphone bagi Guru MTs Nurul Huda Paowan Situbondo. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 178-187.
Nuris,D. M., Primasa, M.N., Umi, N. (2020). pelatihan pembuatan bahan ajar dan media pembelajaran berbasis tik bagi guru akuntansi. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 75-82.
Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811-819.
Pahmi, P., Ardiya, A., Syahfutra, W., Wibowo, A. P., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2018). Pelatihan penggunaan Mendeley untuk referensi dalam menulis karya ilmiah bagi guru SMA Handayani Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI,2(2), 35-39.
Perdana, F. J. (2020). Pelatihan Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Aplikasi Mendeley Desktop Bagi Mahasiswa Dalam Persiapan Penyusunan Tugas Akhir. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75–93.
Rianto (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 84-92.
Sefriani, R. & Wijaya, I. (2018). Interactive Multimedia Learning Module based on Adobe Director on Operation System Course on Vocational High School, Intecoms: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 60-71.
Siraj, S., Dabet, A., Yusuf, M., Safriwardy, F., Marwan, M., Marsithah, I., & Maulida, M. H. (2022). Penguatan Keterampilan Guru Dalam Merancang E-Modul Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kota Lhokseumawe. Jurnal Vokasi, 6(2), 158-162.
Susanto, E. & Irsal, NA. (2022). Worshop Penyusunan E-Modul Matematika Interaktif Penunjang Pembelajaran Bagi Guru SMP, INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement, 01(02), 56-62.
Thelwall, M. (2018). Early Mendeley readers correlate with later citation counts. Scientometrics, 115(3), 1231–1240.
Triyanto, T., Yana, R. H., & Nurkhalis, N. (2020). Sosialisasi Mendeley Pada Mahasiswa Universitas Teuku Umar. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 7–21.
Wilis, J. (2020). Kondisi Rujukan Pustaka Karya Tulis Ilmiah Pada Jurnal Ilmiah Terakreditasi. Media Pustakawan, 23(2), 59–64.