Peran Kader Kesehatan Remaja SMPN 39 Samarinda dalam Pembuatan Media Edukasi Mengenai PHBS di Sekolah

  • Nur Rohmah Univesitas Mulawarman
  • Silfa Ayu Safika Univesitas Mulawarman
Keywords: Kader kesehatan remaja, media KIE, PHBS di Sekolah

Abstract

Pelaksanaan program Trias UKS tidak terlepas dari peran Puskesmas. Penyebab kurang optimalnya pelaksanaan UKS karena adanya pembatasan kegiatan siswa akibat pandemi Covid-19 yang membatasi kegiatan di sekolah. Begitu juga dengan Puskesmas Air Putih yang belum bisa melakukan penyuluhan secara menyeluruh karena adanya peralihan kegiatan lapangan pasca pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Optimalisasi Penyuluhan Kesehatan pada UKS yang berada di wilayah kerja Puskesmas Air Putih membutuhkan inovasi dengan bantuan media KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi). Pembuatan media edukasi berupa video dapat dilakukan dengan melibatkan partisipasi aktif siswa di sekolah. Dalam hal ini, SMPN 39 Samarinda sudah memiliki Kader Kesehatan Remaja. Kegiatan selanjutnya yang dapat dilakukan adalah penyusunan RTL (Rancangan Tindak Lanjut) terkait Penyuluhan di Puskesmas Air Putih di UKS.

 

The implementation of the Trias UKS program is inseparable from the role of the Puskesmas. The reason for the lack of optimal implementation of UKS was due to restrictions on student activities due to the Covid-19 pandemic which limited activities at school. Likewise with the Air Putih Health Center which has not been able to conduct counseling as a whole due to a shift in field activities after the implementation of restrictions on community activities (PPKM). Optimizing Health Education at the UKS which is in the working area of the Puskesmas Air Putih requires innovation with the help of Communication, Information and Education media. Making educational media in the form of videos can be done by involving the active participation of students at school. In this regard, SMPN 39 Samarinda already has Youth Health Cadres. The next activity that can be carried out is the preparation of an RTL (Follow-up Plan) related to Counseling at the Puskesmas Air Putih at UKS.

Author Biographies

Nur Rohmah, Univesitas Mulawarman

Departemen Promosi Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat

Silfa Ayu Safika, Univesitas Mulawarman

Departemen Promosi Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat

References

Anton, A., Muhamadi, A. F., Maesaroh, E. S., Hamdaniyah, S. S., & Putri, A. R. (2022). Meningkatkan Peran Serta Siswa Dalam Upaya Pencegahan Covid-19 Dengan Cara Menumbuhkan Kesadaran Pribadi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(02), 50–69. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPM/article/view/1791

Azzahra, D., S, H. P., Triwulandari, D. A., Nisah, F., & Amelia, M. (2022). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Siswa Mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat. PubHealth Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(1), 118–124. https://doi.org/10.56211/pubhealth.v1i1.61

Handayani, D. (2020). Pemanfaatan Youtube pada saat pandemi COVID-19 untuk media pembelajaran Bahasa Inggris dalam meningkatkan vocabulary dan pemahaman siswa. Jupendik: Jurnal Pendidikan, 4(2), 12–18. https://jupendik.or.id/index.php/jupendik/article/view/33

Hapsari, M. M., Herawati, D., Priantoro, B., Ardhiani, A., Mukaromah, Y., & Sortaria, P. (2021). Pedoman Usaha Kesehatan Sekolah Jenjang SMP (N. Nurhatimah, A. F. Chandra, & M. E. E. Titaley (eds.)). Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Jatmika, Septian, E. D., Maulana, M., Kuntoro, & Martini, S. (2019). Pengembangan Media Promosi Kesehatan. In E. Khuzaimah (Ed.), Buku Ajar.

Muntafiah, A., Setiawati, S., Wahyudi, W., Arjadi, F., & Santosa, Q. (2023). Upgrading Kader Posyandu Balita melalui Edukasi dan Pelatihan sebagai Upaya Revitalisasi Posyandu Desa Linggasari Banyumas Binaan FK UNSOED. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (JPPM), 8(1), 105–113. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i1.240

Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168

Puspita, I. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII-1 di SMP Negeri 9 Tangerang Selatan [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/36637/2/INDRIANA PUSPITA-FITK.pdf

Rohmah, N., Safika, S. A., & Muhidin, M. A. (2022). Pelatihan dan pembentukan klub majalah dinding sebagai upaya peningkatan literasi kesehatan pada siswa SMPN 39 Samarinda. Jurnal Pengabidan Masyarakat Humanity and Medicine, 3(2), 92–104. https://doi.org/10.32539/Hummed.V3I2.81

Sekarwulan, A., Novita, Jamil, H. P., & Safitri, D. (2020). Peran Instagram @p2ptmkemenkesri Sebagai Media Kampanye Kesehatan. Communications, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.21009/communications.2.1.1

Supriyatno, S., Tafiati, H., Syaifuddin, A., Sari, N., Mardiyanto, A., Suharyanto, A., Ardhiani, A., Mukaromah, Y., Sebayang, R. I., & Saputra, P. K. (2021). Penerapan Trias UKS dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Cetakan 1). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://files.osf.io/v1/resources/t6h4x/providers/osfstorage/61d69aca72da2312b9bf94c2?action=download&direct&version=1#page=72

Syahradita, M. (2019). Peran Puskesmas Dalam Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar / Sederajat Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember.

Syukri, M., Khoriba, F., Simanjuntak, S. N., Siregar, I. M., & Nasution, M. I. (2022). Rancangan Tindak Lanjut Paska Pelaksanaan Diklat di SMA Swasta Budisatrya. Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 6(2), 134–154. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/4441

Trisnawati, A. R., & Sukojo, B. M. (2020). Pembuatan Sistem Informasi Bangunan Cagar Budaya Berbasis Webgis (Studi Kasus : Kota Surabaya). Jurnal Geoid, 7(1), 21–27.

Utami, F. T., & Zanah, M. (2021). Youtube Sebagai Sumber Informasi Bagi Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 11(1), 78–84. https://doi.org/10.53696/27219283.64

Yunita, S. L., Atmadani, R. N., Fachrudin, A. M., & Yoghatama, F. (2022). Penyuluhan Pentingnya Phbs Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 1 Singosari. Selaparang (Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan), 6(1), 381–386. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/7997

Published
2023-07-25
How to Cite
Rohmah, N., & Safika, S. A. (2023). Peran Kader Kesehatan Remaja SMPN 39 Samarinda dalam Pembuatan Media Edukasi Mengenai PHBS di Sekolah. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 643-651. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i3.386