Pelatihan Praktikum Fisika Bermuatan Unity of Science Berbasis Aplikasi PhET Simulations
Abstract
Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi guru di masa pandemi adalah dengan mengadakan pelatihan praktikum fisika bersama Unity of Science (UoS) dan pendampingan pengambilan data pengamatan berbasis aplikasi PhET Simulations. Paradigma UoS merupakan paradigma yang dapat diterapkan di tingkat sekolah untuk menghasilkan siswa yang dapat mengintegrasikan ilmu-ilmu. Strategi UoS yang digunakan pada pelatihan ini adalah revitalisasi kearifan lokal dan spiritualisasi Sains modern. Pelatihan ini di ikuti oleh 37 guru fisika SMP/MTs dan SMA/MA/SMK dari seluruh Indonesia. Hasil dari pelatihan ini diperoleh data pengamatan praktikum pantulan cahaya dan listrik dinamis sebanyak 37 data. Penilaian keberhasilan kegiatan pelatihan ini menggunakan angket kepuasan. Hasil survei kepuasan rata-rata, 65% peserta sangat setuju dan 35% peserta setuju. Sedangkan hasil survei manfaat kegiatan rata-rata, 69% peserta sangat setuju dan 35% peserta setuju.
One of the ways to improve teacher competence during a pandemic is by holding physics practicum training with Unity of Sciences (UoS) and assisting in collecting observational data based on the PhET Simulations application. The UoS paradigm is a paradigm that can be applied at the school level to produce students who can integrate knowledge. This training uses the UoS strategy to revitalize local wisdom and spiritualize modern science. This training was attended by 37 physics teachers for SMP/MTs and SMA/MA/SMK from all over Indonesia. The results of this training obtained data from practicum observations of light reflection and dynamic electricity as much as 37 data. Assessment of the success of this training activity using a satisfaction questionnaire. On average, the satisfaction survey results showed that 65% of participants strongly agreed, and 35% agreed. While the results of the activity benefits survey on average, 69% of participants strongly agreed, and 35% of participants agreed.
References
Adam, R. I., Rizal, A., & Susilawati. (2020). Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Kualitas Pemahaman Konsep Fisika Di SMA Negeri Karawang. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(1), 95–98.
Adams, W., Finkelstein, N. D., Dubson, M., & Wieman, C. E. (2006). PhET: Interactive Simulation for Teaching and Learning Physics. The Physics Teacher, 44.
Angraini, L. M., Wirawan, R., & Qomariyah, N. (2019). Penerapan metode Eksperimen berbasis Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru fisika SMA Se-Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Warta Desa, 1(2).
Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Dasmo. (2019). Peningkatan kompetisi Curu Melalui Pelatihan PhET Simulation Bagi Guru MGMP Fisika Kabupaten Serang. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2).
Fahmi, A. A. (2019). Paradigma unity of sciences UIN Walisongo dalam perspektif Richard Rorty.
Haryadi, R., & Pujiastuti, H. (2020). PhET simulation software-based learning to improve science process skills. Journal of Physics: Conference Series, 1521(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022017
Hayati, Masril, Darvina, Y., & Zakiya, Z. (2019). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Virtual Laboratory pada Materi Gerak Lengkung di Kelas X SMAN. Jurnal Eksakta Pendidikan, 3(1), 320.
Mirdayanti, R., & Wardani, S. (2019). Pelatihan Super Creative Teacher dalam Pemanfaatan Software Interaktif Berbasis PhET Simulation pada Guru Mafia (Matematika Fisika dan Kimia) di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banda Aceh. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 77. https://doi.org/10.32672/btm.v1i2.1359
Qomariyah, N., Wirawan, R., Angraini, L. M., & Anggarani, K. N. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Metode Eksperimen. JURNAL ILMIAH POPULER, 1(2).
Sartika, S. B., Effendi, N., & Rocmah, L. I. (2020). Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Bagi Guru IPA dan Matematika di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2).
Sujanem, R., Sutarno, E., & Gunadi, I. G. A. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Simulasi Praktikum IPA SMP dengan Program Simulasi Phet. International Journal of Community Service Learning, 3(1), 11–17.
Syukur, F., & Junaedi, M. (2017). Pengembangan Profesi Guru Berbasis Unity of Science. Walisongo Press.
Wieman, C. E., Adams, W. K., Loeblein, P., & Perkins, K. K. (2010). Teaching physics Using PhET simulations. Physics Teacher, 48, 225–227.