Dampingan Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Guru SMP Menggunakan Aplikasi Videoscribe
Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran. Fokus kegiatan peningkatan keterampilan ini pada inovasi guru mengembangkan dan memanfaatkan media pembelajaran berbasis video pembelajaran. Peserta kegiatan yaitu 21 orang guru di SMP Negeri 6 Langke Rembong. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi videoscribe. Metode pelaksanaan terdiri dari tiga tahap yakni perencanaan (observasi), pelaksanaan (dampingan), dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pelatihan ini yaitu adanya peningkatan keterampilan guru SMP dalam mengembangkan video pembelajaran. Pada kegiatan pelatihan ini, 23,81% guru berhasil membuat video pembelajaran dengan kategori sangat baik, 61,90% guru berhasil membuat video pembelajaran dengan kategori baik, dan 14,29% guru berhasil membuat video pembelajaran dengan kategori cukup baik. Guru termotivasi dalam pelatihan pembuatan media pembelajaran karena kegiatan ini menjadi pengalaman baru dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
The goal of this service project is to enhance teachers' ability to teach. This activity focuses on the creativity of teachers in creating and implementing video-based learning materials. There were 21 teachers from SMP Negeri 6 Langke Rembong who took part in the activity. This service's activities include of instruction in creating instructional films with the video scribe program. The implementation method consists of three stages: planning (observation), implementation (assistance), and evaluation. As a result of this training exercise, junior high school instructors now possess greater expertise in creating instructional movies. The findings of this training activity are that 23.81% of instructors can make learning films in the excellent category, 61.90% of teachers in the satisfactory, and 14.29% of teachers in the deficient. Making learning media is an activity that teachers are motivated to learn since it is novel and greatly enhances the standard of instruction in the classroom.
References
Arigiyati, T. A., Kusumaningrum, B., & Kuncoro, K. S. (2021). Pemanfaatan videoscribe dalam peningkatan kompetensi guru. Kanigara, 1(1), 1-9.
Ashfahany, F. A., Adi, S., & Hariyanto, E. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Bentuk Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(2), 261-267.
Chevallard, Y., & Bosch, M. (2020). Didactic transposition in mathematics education. Encyclopedia of Mathematics Education, 214–218. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-030-15789-0_48
Darmawan, D. (2012). Inovasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismiyanti, N. (2020). Perancangan Pembelajaran IPA menggunakan Software videoscribe. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 50-58.
Jelatu, S., Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Makur, A. P., Ningsi, G.P., & Sugiarti, L. (2020). Penguatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Penggunaan Dynamic Geometry Software Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 1025-1034. https://doi.org/10.30653/002.202054.400
Jundu, R., Kurnila, V. S. & Jelatu, S. (2018). Visualisasi Pembelajaran Matematika Kelas 1 SD Menggunakan Edugame Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung. RANDANG TANA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 6-10
Manzilina, F., Listiawati, E., & Wijayanti, R. (2020). Pengembangan Media Videoscribe Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). JIPMat, 5(2), 185-199
Mulyasana, D. (2015). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rahmawati, F., Soegimin, W. W., & Kardi, S. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran Fisika model inkuiri terbimbing berbantuan Videoscribe pada materi kalor untuk meningkatkan hasil belajar diswa SMAN 1 Kedungwaru. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(2), 1039–1047.
Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutrisno, T. (2016). Pengembangan Media Videoscribe Berbasis E-Learning pada Mata Pelajaran Komunikasi Data dan Interface di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3).
Triastuti, Desty, Sa’dun Akbar, dan Edy Bambang Irawan. (2017). “Pengembangan Media Papan Permainan Panjat Pinang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2 (10): 1344–1350.
Wahyuningtias T. Dyah & Shinta N. Raddin. (2017). Pelatihan Media Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 Bagi Guru Sekolah Dasar Di Gugus 9 Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Dedikasi, 14, 08 – 11.