Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tentang Pola Hidup Sehat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Perum Ganesha Pedurungan Semarang
Abstract
Pandemi Covid-19 merupakan masalah kesehatan global di dunia. Pada masa pademi Covid-19 banyak masyarakat mencari informasi tentang cara mempertahankan kesehatan dan kekebalan tubuh serta cara agar tidak tertular virus Covid-19. Sejak awal maret 2020 hingga 1 maret 2023 ada 6,7 juta kasus terkonfirmasi masyarakat yang terinfeksi Covid-19 di Indonesia. Pemerintah membentuk gugus tugas untuk menekan penyebaran Covid-19. Selain itu, sebagai individu kita juga berkewajiban untuk mencegah penyebaran virus ini. Untuk itu, peningkatan pengetahuan masyarakat terutama pola hidup sehat sangat diperlukan. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pola hidup sehat dengan cara memberikan informasi dan edukasi cara cuci tangan yang benar. Metode edukasi dilakukan dengan memberikan penyuluhan atau penjelasan kepada masyarakat di lingkungan kampus. Hasil penyuluhan kepada masyarakat dengan jumlah 100 orang yang terdiri laki-laki (44%) dan perempuan (56%). Rata-rata hasil skor pengetahuan sebelum penyuluhan 68 dan sesudah penyuluhan 95. Selisih antara skor pengetahuan sesudah dan sebelum dari masyarakat yang mendapatkan penyuluhan pola hidup sehat adalah 28. Hasil ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan masyakat setelah dilakukan edukasi tentang Pola Hidup Sehat.
The Covid-19 pandemic is a global health problem in the world. During the Covid-19 pandemic, many people were looking for information on how to maintain health and immunity as well as ways to prevent contracting the Covid-19 virus. Since the beginning of March 2020 until March 1 2023 there have been 6.7 million confirmed cases of people infected with Covid-19 in Indonesia. The government formed a task force to suppress the spread of Covid-19. Apart from that, as individuals we are also obliged to do something to prevent the spread of this virus. For this reason, increasing public knowledge, especially a healthy lifestyle, is very necessary. The purpose of this service is to provide education to the public about Healthy Lifestyles by providing information and education on how to wash hands properly. The educational method is carried out by providing counseling or explanations to the community on campus. The results of outreach to the community with a total of 100 people consisting of 44% male and 56% female, the average score of knowledge before counseling is 68 and after counseling is 95. healthy living is 28. These results explain if there is an increase in community knowledge after education about healthy lifestyles.
References
Arifin, S., Heriyani, F., Rahman, F., & Anhar, V. Y. (2015). Cultural Study on the Behavior of Clean and Healthy in Order of Household in Order to Increase Health Status in South Kalimantan. Asian Journal of Applied Sciences, 3(3), 10.
Asri, I. H., Lestarini, Y., Husni, M., Muspita, Z., & Yul Hadi, A. (2021). Edukasi Pola Hidup Sehat Di Masa Covid-19. ABDI POPULIKA, 2(1), 56–63. Retrieved from. https://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/abdipopulika/article/view/3105.
Azor-Martinez, E., Yui-Hifume, R., Muñoz-Vico, F. J., Jimenez-Noguera, E., Strizzi, J. M., Martinez-Martinez, I., Garcia-Fernandez, L., Seijas-Vazquez, M. L., Torres-Alegre, P., & Fernández-Campos, M. A., Gimenez-Sanchez, F. (2018). Effectiveness of a Hand Hygiene Program at Child Care Centers: A Cluster Randomized Trial. Pediatrics, 142(5). https://doi.org/10.1542/peds.2018-1245.
Buana, D. R. (2020). Analisis perilaku masyarakat indonesia dalam menghadapi pandemi virus corona (Covid-19) dan kiat menjaga kesejahteraan jiwa.
Cahyani, N. K. W., Suputra, I. P. J., Suryaningsih, M. A., Permatananda, P. A. N. K., & Sari, N. L. P. E. K. (2023). Upaya Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Siswa-Siswi Sekolah melalui Program Bina Sekolah Sehat: Adaptasi Pandemi COVID-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 421-431.
Chen, P., Mao, L., Nassis, G. P., P., H., Ainsworth, B. E., & Li, F. (2020). Coronavirus disease (COVID-19): The need to maintain regular physical activity while taking precautions. Journal of Sport and Health Science, 9(2), 103–104. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2020.0 2.001
Clark, J., Henk, J. K., Crandall, P. G., Crandall, M. A., & O'Bryan, C. A. (2016). An observational study of handwashing compliance in a child care facility. American journal of infection control, 44(12), 1469-1474.
Dinas kesehatan bantul. 2021. Pentingnya Menjaga Pola Hidup Sehat Selama Masa Pandemi. Diakses pada tanggal 23 Juni 2021 melalui https://dinkes.bantulkab.go.id/berita/1177-pentingnya-menjaga-pola-hidup-sehat-selama-masa-pandemi
Dinas Kesehatan Kota Semarang. 2022. Informasi Coronavirus (COVID-19) Semarang. Diakses pada Februari 2023 melalui https://siagacorona.semarangkota.go.id/halaman/covid19pertahun/2022
Dinata, D. I., Rinjani, S., Yuliani, M., Santoso, R., & Oktafiani, H. (2022). Penerapan PHBS Dan Protokol Kesehatan Dalam Waspada Menghadapi Gelombang Ketiga Covid-19 Di Fasilitas Olahraga Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(3), 748-755.
Jessica, M.E. 2021. Pentingnya Pola Hidup Sehat. Diakses pada tanggal 23 Juni 2021 melalui https://fikes.umaha.ac.id/artikel/pentingnya-pola-hidup-sehat/392
Kementerian Kesehatan RI. 2022. Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Data Sebaran Covid-19. Diakses pada tanggal 20 Februari 2023 melalui https://covid19.go.id/id#
Safitri, H. I., & Harun. (2021). Membiasakan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 385–394. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.542.
Sari, M. (2016). Kontribusi Lingkungan Keluarga Dan Aktivitas Fisik Terhadap Kesegaran Jasmani Anak Tunagrahita. Journal Sport Area Penjaskesrek FKIP Universitas Islam Riau, 1(1), 38–46. https://doi.org/10.25299/sportarea.2016.vol1(1).374
Suharjana, S. (2012). Kebiasaan Berperilaku Hidup Sehat Dan Nilai-nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, (2), 122712.
Wicaksono, A. (2020). Aktivitas Fisik Yang Aman Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1), 10–15. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i1.28446.
Wiranata, I. G. L. A. (2020). Penerapan Positive Parenting dalam Pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat kepada Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 82–88. https://doi.org/10.25078/pw.v5i1.1362.