Penyuluhan Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Tenun Sutera bagi Siswa SMA dan SMK di Kabupaten Garut

  • Santi Susanti Universitas Padjadjaran
Keywords: Inovasi produk, media sosial, pemasaran online, promosi produk, tenun sutera

Abstract

Tenun sutera merupakan salah satu hasil kearifan lokal masyarakat Garut yang telah dikenal secara nasional dan internasional. Namun, keberadaan tenun sutera ternyata kurang dikenal oleh masyarakat Garut. Mereka lebih mengenal batik sebagai salah satu identitas Kabupaten Garut. Untuk mengenalkan tenun sutera sekaligus pemasarannya, maka tim Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Universitas Padjadjaran mengadakan penyuluhan mengenai  Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Tenun Sutera bagi Siswa SMA dan SMK di Kabupaten Garut. Kegiatan diselenggarakan pada 26 Januari 2023, di Aula Kantor Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Dihadiri oleh para siswa dan guru SMA/SMK di Kecamatan Tarogong Kidul. Metode pelaksanaan PPM ini adalah pendidikan masyarakat yang disampaikan dengan metode ceramah. Kegiatan pengabdian ini, berkontribusi dalam menambah wawasan peserta mengenai tenun sutera Garut dan cara pemasarannya. Penggunaan media sosial dalam promosi dan pemasaran produk tenun sutera Garut telah dilakukan oleh para pengusaha tenun yang menjadi narasumber dalam PPM ini. Penggunaan media sosial sangat membantu para pengusaha dalam promosi dan pemasaran tenun sutera Garut. Konsistensi untuk mengunggah konten serta inovasi dalam produk maupun dalam penggunaan media sosial berperan penting dalam mempromosikan dan memasarkan produk tenun sutera Garut lebih luas.

 

Silk weaving is one of the local wisdoms of Garut society that has been recognized nationally and internationally. However, Garut people are less aware of the existence of silk weaving. They are more familiar with batik as one of the typical products of Garut Regency. To introduce silk weaving and its marketing, the Padjadjaran University Community Service (PPM) team held a workshop about Social Media Utilization in Marketing Silk Weaving for High School and Vocational School Students in Garut Regency. The activity was held on January 26, 2023, at the Tarogong Kidul District Office Hall, Garut Regency. Attended by high school / vocational school students and teachers in Tarogong Kidul District. This PPM implementation community education delivered by the lecture method. This community service activity contributed to increase the participants' knowledge about Garut silk weaving and its marketing methods. Social media use is very helpful for entrepreneurs in the promotion and marketing of Garut silk weaving. This PPM concluded that the consistency of uploading content as well as product innovation and the use of social media play an important role in promoting and marketing Garut silk weaving products more extensive.

 

References

Adji, B. (2023). Produk Kulit Asal Garut Tampil di Indonesia Fashion Week 2023. Retrieved March 30, 2023, from Republika Online website: https://rejabar.republika.co.id/berita/rqm1dr399/produk-kulit-asal-garut-tampil-di-indonesia-fashion-week-2023

Afifah, K. (2016). Pengaruh Social Media Marketing Instagram terhadap Tingkat Brand Awareness Roaster and Bear Coffee Lounge & Kitchen. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Ardianto, E. (2011). Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arifin, A. T. (2022, December 8). Pengguna Internet di Indonesia Naik 1 Persen di Tahun 2022. Retrieved September 4, 2023, from mindset.viva.co.id website: https://mindset.viva.co.id/teknologi/26-pengguna-internet-di-indonesia-naik-1-persen-di-tahun-2022

Cindy. (2020). Kekurangan dan Kelebihan Social Media Marketing. Retrieved September 5, 2022, from School of Information Systems website: https://sis.binus.ac.id/2020/07/29/kekurangan-dan-kelebihan-social-media-marketing/

Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing: step-by-step techniques to spread the word about your business fast and free. New York: McGraw-Hill.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 61.

Mangold, W. G., & Faulds, D. J. (2009). Social media: The new hybrid element of the promotion mix. Business Horizons, 52(4), 357–365. https://doi.org/10.1016/J.BUSHOR.2009.03.002

Nufus, H., & Handayani, T. (2022). Strategi Promosi dengan Memanfaatkan Media Sosial TikTok dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada TN Official Store). Jurnal EMT KITA, 6(1), 21–34. https://doi.org/10.35870/EMT.V6I1.483

Sofianto, K. (2014). Garut Pada Masa Pemerintahan Pendudukan Jepang (1942-1945). Sosiohumaniora, 16(1), 70. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v16i1.5684

Solis, B. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build, Cultivate, and Measure Succes in the New Web. New Jersey: John Wiley and Sons.

Susanti, S., Gunawan, W., & Koswara, I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial dalam Mengembangkan Pemasaran Batik Sukapura. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 95–104. https://doi.org/10.30653/JPPM.V8I1.215

Sutisna, N., Alifi, M. I., Muhaemin, Ramadhan, A., Pratiwi, M., Fitriyah, N., & Muldi, A. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial dalam Promosi Kampung Wisata Pekijing. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 72–79. https://doi.org/10.30653/002.202271.26

Syah, M. (1995). Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zhu, Y. Q., & Chen, H. G. (2015). Social media and human need satisfaction: Implications for social media marketing. Business Horizons, 58(3), 335–345. https://doi.org/10.1016/J.BUSHOR.2015.01.006

Published
2023-09-29
How to Cite
Susanti, S. (2023). Penyuluhan Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Tenun Sutera bagi Siswa SMA dan SMK di Kabupaten Garut. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(4), 853-865. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i4.500