Pelatihan dan Pendampingan Online Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru IPA SMP Kabupaten Sukabumi

  • Setiono Setiono Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Aa Juhanda Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Sistiana Windyariani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Billyardi Ramdhan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Suhendar Suhendar Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Jujun Ratnasari Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Gina Nuranti Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Artikel ilmiah, pelatihan online, guru IPA SMP

Abstract

Kebijakan belajar secara online telah merubah pola serta kebiasan pembelajaran yang selama ini dilakukan. Kebiasaan baru dalam pembelajaran  ini memberikan peluang bagi guru untuk melakukan penelitian untuk mengembangkan strategi pembelajaran dalam pembelajaran online. Hal ini mendorong program studi pendidikan biologi FKIP universitas muhammadiyah sukabumi untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat (PPM) untuk menjembatani guru melakukan penelitian. Kegiatan PPM ini merupakan bentuk aktifitas tridarma yang bisa dilakukan oleh dosen di perguruan tinggi. Bentuk PPM yang dilakukan berupa pelatihan penulisan karya tulis ilmiah terhadap Guru IPA SMP (Sekolah Menengah Pertama) se-Kabupaten Sukabumi (n=30). Pelatihan ini dibutuhkan oleh para guru untuk mendorong produktifitas penelitian guru khususnya pada masa pandemi serta mendorong guru melakukan publikasi pada jurnal imiah bereputasi. Metode yang digunakan adalah ceramah, pelatihan dan coaching clinic penulisan artikel untuk terbit di jurnal bereputasi. Materi yang diberikan dalam pelatihan ini adalah: Penelitian Tindakan Kelas, Trend Penelitian Pendidikan IPA, Penulisan Artikel Ilmiah dan Mendeley Hasil dari pelatihan ini adalah meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan penelitian dan  dapat menulis karya ilmiah dan mengirimkannya ke jurnal nasional bereputasi.

 

The online learning policy has changed the learning patterns and habits that have previously been carried out. This new habit in learning provides opportunities for teachers to research to develop learning strategies in online learning. This encourages the biology education study program at FKIP Muhammadiyah University Sukabumi to carry out community service (PPM) to provide a bridge for teachers to conduct research. This PPM activity is a form of tridharma activity that can be carried out by lecturers at universities. The form of PPM carried out was in the form of scientific writing training for junior high school (Junior High School) science teachers throughout Sukabumi Regency (n=30). This training is needed by teachers to encourage teacher research productivity, especially during the pandemic and to encourage teachers to publish in reputable scientific journals. The methods used are lectures, training, and coaching clinics for writing articles to be published in reputable journals. The material provided in this training is Classroom Action Research, Science Education Research Trends, Scientific Article Writing, and Mendeley. The result of this training is an increase in teachers' ability to conduct research and be able to write scientific papers and send them to reputable national journals.

References

Ekawati, D., Yuliawati, S., & Mawarrani, R. E. (2021). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru di Kelurahan Benteng Kota Sukabumi. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 10(1), 24–30. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v10i1.29675

Santi, B. T., Kristian, K., Fitriah, N., & Gunawan, D. (2023). Penguatan Kapasitas Guru SMA Dalam Masa Pandemi Covid-19 Terkait Usaha Kesehatan Sekolah Capacity Building for Improving Role of High School Teachers on Health Promoting School Program During COVID-19 Pandemic. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 59–65.

Sawir, M. (2016). Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat ISSN 1410 - 5675. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 5(1), 34–37. journdharmakarya/article/viewFile/11437/5233al.unpad.ac.id/

Sopiany, H. N., Nur, I. R. D., & Badriyah, S. (2023). Pendampingan Pembuatan LMS Berbasis Literasi pada Google-sites sebagai Bentuk Penguatan GLS pada Tahap Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 169–177. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i1.361

Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan menulisan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar dan taman kanak-kanak kecamatan Tajinan kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 22-26.

Daud, M.H. & Kaleka, M. (2019). Nalisis Kesulitan Bagi Guru Ipa Untuk Melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 3, No. 2, 2019 (36-42)

Dwijayanti, R., Marlena, N., & Patrikha, F. D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249-266.

Ekawati, D., Yuliawati, S., & Mawarrani, R. E. (2021). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru di Kelurahan Benteng Kota Sukabumi. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 10(1), 24–30. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v10i1.29675

Hayuhantika, D. (2018). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah sebagai upaya pengembangan profesionalisme guru SMPN 3 Ngunut. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 5(1), 13-17.

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70-81.

Kemendikbud. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Brfikir Tingkat Tinggi. Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan: Jakarta

Kemendikbud. (2020). Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035. Kemenrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia: Jakarta

Koswara (2017). Membuat Karya Tulis Ilmiah (Modul Seri 4 Kursus Pamong Belajar Kompeten melalui Moda Daring.Kemendikbud

Leung, A. (2020) Boundary crossingpedagogy in STEM Education. International Journal of STEM Education 7(15) doi:https://doi.org/10.1186/s40594-020-00212-9

Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F. D., & Parjono, P. (2017). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah (KTI) bagi guru SMA swasta di Sidoarjo. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 45-50.

Mawardi, M., Kristin, F., Anugraheni, I., & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan pelatihan partisipatif pada kegiatan penulisan dan publikasi karya ilmiah bagi guru SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(2), 132-137.

Novitasari, N. F. (2019). Program pelatihan penulisan artikel ilmiah: Menuju guru berkualitas. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(3), 255-266.

Sawir, M. (2016). Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat ISSN 1410 - 5675. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 5(1), 34–37. journdharmakarya/article/viewFile/11437/5233al.unpad.ac.id/

Sugiarti, Anggraini, P, Musaffak. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru MTs Muhammadiyah I Malang sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 87-98. https://doi.org/10.30653/002.202061.609

Sukarma, I. K., Prayogi, S., Muliadi, A., Firdaus, L., Hunaepi, H., Asy'ari, M., ... & Fitriani, H. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 68-71.

Tomoliyus. (2013). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru-guru sekolah dasar di Kecamatan Sewon Bantul Yogyakarta. Laporan PPM. Yogyakarta: Universitas Negari Yograkarta.

Trisdiono, H. (2019). Analisis Kesulitan Guru Dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. LPMP Daerah Istimewa Yogyakarta.

Published
2023-10-26
How to Cite
Setiono, S., Juhanda, A., Windyariani, S., Ramdhan, B., Suhendar, S., Ratnasari, J., & Nuranti, G. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Online Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru IPA SMP Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(4), 1025-1033. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i4.501