The Smart Trip, Eksplorasi Potensi Agenda MICE (Meeting, Incentive, Conference, dan Exhibition)
Abstract
Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo menyampaikan bahwa persentase pertumbuhan omset UMKM yang dibina kurang baik. Perlunya mendorong inovasi produk UMKM agar omset UMKM terus meningkat ditengah Pandemi Covid 19. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan potensi MICE lokal, mendorong investasi dan bisnis, memberikan pelatihan dan pengetahuan kepada peserta, meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan turis ke Sukoharjo, mempromosikan lokasi sebagai destinasi MICE yang menarik dan kompetitif, baik di tingkat nasional maupun internasional, dan pengembangan ekonomi lokal. Sasaran peserta kegiatan ini adalah UMKM binaan Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo. Metode kegiatan yang digunakan adalah presentasi, diskusi, dan pelatihan praktis. Materi kegiatan pengabdian terdiri dari pengenalan MICE, perencanaan acara MICE, teknologi dan inovasi dalam MICE, dan praktik menyusun agenda MICE. Evaluasi kegiatan ini bisa dilakukan dengan kuesioner. Adapun hasil perhitungan rata-rata pre test dan post test diperoleh rata-rata pre test lebih rendah dari pada rata-rata post test sehingga bisa disimpulkan bahwa pelatihan tentang MICE (Meeting, Incentive, Conference, dan Exhibition) berhasil meningkatkan hasil yang lebih baik bagi peserta. Peserta menjadi mengetahui akan pentingnya penerapan digital marketing Ketika sebuah UMKM akan menawarkan MICE kepada para calon pelanggannya.
Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo said that the percentage growth in turnover of MSMEs being fostered was not good. There is a need to encourage innovation in MSME products so that MSME turnover continues to increase amidst the Covid 19 pandemic. The aim of this activity is to introduce local MICE potential, encourage investment and business, provide training and knowledge to participants, increase the number of tourists and tourists visiting Sukoharjo, promote the location as a destination Attractive and competitive MICE, both at national and international levels, and local economic development. The target participants for this activity are MSMEs assisted by the Sukoharjo Regency Small and Medium Enterprises Cooperative Trade Service. The activity methods used are presentations, discussions and practical training. The service activity material consists of an introduction to MICE, planning MICE events, technology and innovation in MICE, and the practice of preparing a MICE agenda. Evaluation of this activity can be done with a questionnaire. As for the results of calculating the average pre test and post test, the average pre test was lower than the average post test, so it can be concluded that training on MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition) succeeded in improving better results for participant. Participants became aware of the importance of implementing digital marketing when an MSME offers MICE to potential customers.
References
Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo. (2022). Profil Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo. Retrieved Januari 13, 2022 from https://dpkukm.sukoharjokab.go.id/profil.
Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo. (2022). Tupoksi, Visi, Misi Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo. Retrieved Januari 13, 2022 from https://dpkukm.sukoharjokab.go.id/profil/tupoksi.
Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo. (2022). DPKUKM Dalam Angka. Retrieved Januari 13, 2022 from https://dpkukm.sukoharjokab.go.id/dpkukm-dalam-angka/umkm.
Hurdawaty, R., & Sahid, P. (2022). Event MICE Sebagai Daya Tarik Pengunjung : Studi Kasus Bandung Investment, Agriculture, Tourism and Trade EXPO 2021. Journal of Tourism and Creativity, 6(1), 15–23.
Kusuma, C. S. D. (2019). MICE- Masa Depan Bisnis Pariwisata Indonesia. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 16(2), 52–62.
Nadzir, M. (2016). Analisis Usaha Event Organizer MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) Melalui Kanvas Model Bisnisdan Peta Empati: Studi Kasus Event Organizer di Yogyakarta dan Surakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 7(2), 170–193.
Nugroho, S. P., Setyawan, A. A., Isa, M., Susila, I., Nuryulia, P., & Liana, M. (2018). Strategi Pengembangan Mice Sebagai Upaya Peningkatan Sektor Pariwisata Kota Surakarta. Proceedings of The National Conferences Management and Business (NCMAB) 2018, Surakarta: 05 Mei 2018. 176–189.
Ratna, G. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14.
Saputra S. D. (2014). Pelaksanaan Manajemen MICE (Meeting Incentive Convention Exhibition) Di Hotel Pangeran Pekanbaru Oleh. Jom FISIP, 1(2), 1–12.
Sativa, A. L., & Yulianto, I. (2021). Pengaruh Aspek MICE Terhadap Kunjungan Wisatawan Ke Kota Malang Di Era New Normal. Journal of Event, Travel and Tour Management, 1(1), 40–48.
Setyawan, H. (2018). Daya Saing Destinasi MICE di Indonesia. Jurnal Pariwisata Terapan, 2(1), 26-32.
Setyawan, H., & Akbar, D. (2017). Jakarta dan Surabaya Sebagai Model Pengembangan Pameran Bagi Destinasi Mice Jakarta and Surabaya As Exhibition Development Model. 100–104.
Suryaningtyas, A., Akbar, D., Si, S. E. M., Pertemuan, V., & Insentif, P. (2022). Potensi Industri MICE ( Meeting , Incentive , Conference , Exhibition ) di Kabupaten Barito Utara. 11(10), 173–180.
Pratiwi, T. P. (2015). Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah, Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi Kota Semarang Melalui Mice (Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition). Economics Development Analysis Journal, 3(4).
Wati, A. P., Jefry, A. M., & Aniek, I. (2020). Digital Marketing. Malang: Edulitera.