Penggunaan Technology Information sebagai Media Pembelajaran Berbahasa Asing Remaja Masjid

  • Sri Wiyanah Universitas PGRI Yogyakarta
  • Siska Candra Ningsih Universitas PGRI Yogyakarta
  • Juang Kurniawan Syahruzah Universitas PGRI Yogyakarta
  • Rifki Irawan Universitas PGRI Yogyakarta
Keywords: IT, Media Pembelajaran, Remaja Masjid

Abstract

Melalui kegiatan pengabdian ini, tim pengabdi memberikan pelatihan pengembangan media pembelajaran untuk pembelajaran Bahasa asing berbasis IT kepada pengurus, dan pembimbing. Media pembelajaran dikembangkan menggunakan Microsoft Power Point yang diintegrasikan dengan aplikasi Sound of Text. Remaja Masjid Bilal Bin Robbah beranggotakan remaja–remaja muslim yang tinggal dekat masjid. Sebagaimana remaja pada umumnya, handphone dan Laptop merupakan dua alat komunikasi hasil perkembangan teknologi yang sangat disenangi oleh remaja masjid Bilal Bin Robbah. Orangtua dan para pembimbing remaja masjid khawatir para remaja masjid ini terpengaruh oleh dampak negative penggunaan Handphone dan laptop tersebut. Kemampuan menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab juga menjadi kekhawatiran orang tua dan pembimbing karena para remaja tersebut mengaku kesulitan dalam mempelajarinya padahal dua bahasa tersebut sangat penting saat ini. Media pembelajaran yang dihasilkan dalam pelatihan dan pendampingan diimplementasikan pada pembelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Arab kepada anak–anak binaan remaja masjid. Kegiatan pengabdian ini memberikan manfaat bagi para pendamping dan remaja masjid sebagai kegiatan pengembangan bahasa asing dengan memanfaatkan informasi teknologi sebagai media belajar. Hasil dari penelitian, para remaja masjid merasa senang karena dapat mengulang kembali media pembelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dimanapun dan kapanpun. Suara, cara membaca atau pengucapan kedua bahasa tersebut dalam Power Point mempermudah mereka dalam belajar.

 

Through this service activity, the service team provides training in developing learning media for IT-based foreign language learning to administrators and mentors of youth mosque. Learning media was developed using Microsoft PowerPoint which is integrated with the Sound of Text application. The youth of the Bilal Bin Robbah Mosque consist of Muslim youths who live near the mosque. Like teenagers in general, cellphones and laptops are two communication tools resulting from technological development that are mostly liked. Parents and mentors for mosque youth are worried the negative impact of using those tools. The ability to use English and Arabic is also concern for parents and supervisor as those two languages ​​are very important at this time. These teenagers admit that they have difficulty in learning them. The learning media produced are implemented in learning English and Arabic for children. The service activity provides benefits for mosque assistants and youth as foreign language development activities by utilizing IT as a learning medium. For the result, the youth of the mosque feel happy because they can repeat learning English and Arabic in any occasion. Voice, how to read or pronounce the two languages ​​in Power Point make it easier for them to learn.

References

Amini, R., & Darni, R. (2023). Pelatihan Pembuatan E-Modul Interaktif berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru SD dan SMP di Kapau Kabupaten Agam. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat (JPPM). 8(3), 614–622.

Amirudin, N. (2017). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Tamaddun Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 1–12.

Amri, M. F., & Suriadi, A. (2022). Pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris dalam Menghadapi Globalisasi di Panti Asuhan Menara Kasih Indonesia Kota Medan. Literasi: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 625–630.

Apriani, E., & Supardan, D. (2018). Language Learning Disabilities: How Can I Help My Students with Dyslexia? ENGLISH FRANCA : Academic Journal of English Language and Education, 2(2), 187. https://doi.org/10.29240/ef.v2i2.598

Azmussya’ni, & Aziz, lalu A. (2022). Usaha Meningkatkan Nilai Asssesmen Kompetensi Minimum Melalui Pengayaan Materi Pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 0–4. https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/210

Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20

Fathoni, F. (2021). Pentingnya Penguasaan Bahasa Arab Bagi Pendakwah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 140–152.

Fitrani, D. F., Fitri, H. H., Nur, Z. S., Suhendri, P., & Muhammad, T. I. (2021). the Utilization of Information Technology As Learning Media. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 164–173. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.48

Fitri R. B. (2020). Penggunaan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 4(2), 60–67. https://doi.org/10.29408/fhs.v4i2.3135

Hidayat, V. S., Handayani, R., Prayogo, E., & Purnama, E. (2023). Technology and MSMEs : The Role of the Internet in Business Development. 8(1), 152–159.

Hikmah, S. N., & Maskar, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Powerpoint Pada Siswa Smp Kelas Viii Dalam Pembelajaran Koordinat Kartesius. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 15–19. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.215

Hizbun Al-Faiyadh bin Sulaiman, & Fadhilah. (2022). Peran Remaja Masjid dalam Meningkatkan Kemakmuran Masjid Sabilil Jannah di Kampung Doy, Banda Aceh. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 46–56. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i1.1005

Jundu, R., Jelatu, S., Nendi, F., Makur, A. P., & Raga, P. (2023). Dampingan Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Guru SMP Menggunakan Aplikasi Videoscribe Learning Media Development Assistance for Junior High School Teachers Using Videoscribe Application. Jurnal Pengadian pada Masyarakat (JPPM). 8(3), 713–720.

Kahpi, M. L. (2020). Pengaruh Teknologi Komunikasi Terhadap Pergaulan Remaja. Hikmah, 15(1), 139–156.

Kumalawati, R., Murliawan, K. H., Yuliarti, A., Kartika, N. Y., & Noermelani, E. (2021). Utilization of information technology for learning in Covid-19 disaster conditions. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 716(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/716/1/012001

Nafiah, M., Retno, R. S., & Dewi, C. (2022). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Penerapan Media Pembelajaran PPT Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Konferensi Ilmiah Dasar, 3. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Ningsih, S. C., Sunanti, T., Jana, P., Gunawan, Nuryani, C. E., & Saefudin, A. A. (2020). Professionalism Development of SD N Tamansari I Yogyakarta ’ S Teachers Through Class Action. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(1), 215–224.

Purba, O. S. M., Gunawan, A., & Handayani, E. T. E. (2023). Pelatihan Dasar Penggunaan Microsoft Powerpoint Di Mts Asyafi’Iyah 04 Jakarta. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 06(01), 96–102. www.DeepL.com/Translator

Sasoko, D. M. (2022). Pentingnya Perencanaan dalam Upaya Pencapaian Tujuan Yang Efektif dan Efisien. Jurnal Studi Interdisipliner Perspektif, Volume 21(2).

Shatri, Z. G. (2020). Advantages and disadvantages of using information technology in learning process of students. Journal of Turkish Science Education, 17(3), 420–428. https://doi.org/10.36681/tused.2020.36

Sinha, K. K. (2022). Role of Modern Technology in Teaching and Learning the English Language in Indian Educational Institutions. Indonesian Journal of English Language Studies (IJELS), 8(2), 19–30. https://doi.org/10.24071/ijels.v8i2.4713

Sya’ada, M. W., & Turistiani, T. D. (2021). Penggunaan Media Power Point Interaktif Pada Pembelajaran Surat Pribadi Dan Surat Dinas Di Kelas Vii-D Smp Negeri 1 Temayang. Bapala, 8(4), 17–30.

Titin, T., & Kurnia, I. (2022). Studi Literatur: Pemanfaatan Powerpoint Interaktif sebagai Media Pembelajaran Biologi di SMA. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 2(1), 1. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v2i1.10451

Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.34

Wulansari, R., Maulinda, T. N., Afandi, A., & Aulia, N. (2023). Smart Parenting Melalui Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Bagi Anggota Pkk Rw 06 Pancoran. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat. 06(01), 116–123.

Published
2023-10-05
How to Cite
Wiyanah, S., Ningsih, S. C., Syahruzah, J. K., & Irawan, R. (2023). Penggunaan Technology Information sebagai Media Pembelajaran Berbahasa Asing Remaja Masjid. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(4), 972-982. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i4.506