Pelatihan Pembuatan Spesimen Tumbuhan Dalam Blok Resin Untuk Media Pembelajaran Biologi Bagi Siswa
Abstract
Spesimen awetan biologi di dalam blok resin merupakan salah satu alat peraga yang menarik dan bermanfaat untuk meningkatkan minat serta pemahaman siswa dalam pelajaran biologi. Namun ketersediaannya masih sangat terbatas di sekolah-sekolah, termasuk di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Oleh karena itu kami melakukan pelatihan pembuatan spesimen awetan biologi ini dengan sasarannya siswa dari sekolah tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kreativitas siswa mengenai pembuatan spesimen awetan biologi dalam blok resin. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan pemaparan materi, praktik pembuatan spesimen awetan daun dengan berbagai tipe ujung daun, evaluasi pencapaian dari pelaksanaan pelatihan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 96% siswa telah memahami cara dan mampu membuat spesimen awetan daun dalam blok resin dengan hasil yang cukup baik, namun kualitas dan tampilannya masih perlu ditingkatkan. Karya siswa ini dapat dimanfaatkan menjadi salah satu alat peraga pembelajaran khususnya mengenai variasi tipe ujung daun pada mata pelajaran biologi. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan ini telah memberi manfaat dalam meningkatkan pengetahuan siswa mengenai pembuatan awetan spesimen dalam blok resin. Rencana lanjutan dari siswa adalah meneruskan informasi dan keterampilannya pada siswa lainnya, membuat awetan spesimen serangga dalam blok resin serta membuat karya seni berbahan resin berupa suvenir yang akan dipergunakan dalam kegiatan lomba karya seni siswa.
Biological specimens preserved in resin blocks are fascinating instruments that can be used as a teaching aid to boost students' interest and comprehension in biology lectures. However, its availability in schools remains limited, especially at SMA Negeri 6 Bengkulu. Therefore, we conducted training on how to make the biological specimens preserved in resin blocks to boost students' awareness and inventiveness about the biological specimens preserved in resin blocks. The activity begins with an explanation of biological specimens, followed by a hands-on experiment of making preserved leaf specimens with various types of leaf tips and an evaluation of the activity's achievement. The evaluation results showed that about 96% of students understood how to prepare and were able to create specimens preserved in resin blocks, however, the quality still needed to be improved. This student's work can be used as a learning tool, particularly in biology classes on the lesson of leaf tip variances. The activities carried out contributed to enhancing students' knowledge of how to create preserved specimens in resin blocks. The students’ next plan is to share their skills and experience with other students, preserve insect specimens in resin blocks, and create resin art in the form of souvenirs to be applied in student art contest activities.
References
Artayasa, I. P., Muhlis, & Ramdani, A. (2020). Pembuatan Spesimen Tumbuhan dan Hewan Serta Manfaatnya Dalam Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2), 156–162. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.519
Artayasa, I. P., Muhlis, & Ramdani, A. (2021). Penyusunan Spesimen Awetan Tumbuhan dan Hewan di SMPN 20 Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 3(1), 193–199. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i1.104
Asmi, D., Yulianti, Y., & Kiswandono, A. A. (2019). Pelatihan Pembuatan Cinderamata Gantungan Kunci Menggunakan Material Resin Bagi Para Ibu Rumah Tangga di Desa Wisata Braja Harjosari Lampung Timur. Sakai Sambayan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 43–46. https://doi.org/10.23960/jss.v3i1.134
Asnani, A., Diastuti, H., & Lestari, P. (2021). Aplikasi Resin Bening Untuk Kreasi Aksesoris Di Griya Crafita Community Purwokerto. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 51–60. https://doi.org/https://doi.org/10.20956/pa.v5i1.8499
Bijsmans, P., & Schakel, A. H. (2018). The Impact of Attendance on First-Year Study Success in Problem-Based Learning. Higher Education, 76(5), 865–881. https://doi.org/10.1007/s10734-018-0243-4
Budiwati. (2013). Spesimen Awetan Dalam Blok Resin Untuk Media Pembelajaran Biologi. Majalah WUNY, 15(1), 1–6. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v15i1.3531
Diseth, Å., Pallesen, S., Brunborg, G. S., & Larsen, S. (2010). Academic Achievement Among First-Semester Undergraduate Psychology Students: The Role of Course Experience, Effort, Motives, and Learning Strategies. Higher Education, 59(3), 335–352. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.1007/s10734-009-9251-8
Doniņa, A., Svētiņa, K., & Svētiņš, K. (2020). Class Attendance As a Factor Affecting Academic Performance. Society Integration Education. Proceedings of the International Scientific Conference, 6, 578–594. https://doi.org/10.17770/sie2020vol6.5060
Duckworth, W. D., Genoways, H. H., & Rose, C. L. (1993). Preserving Natural Science Collections: Chronicle of Our Environmental Heritage. Mammalogy Papers: University of Nebraska State Museum. 271. http://digitalcommons.unl.edu/museummammalogy/271
Etemadpour, R., Zhu, Y., Zhao, Q., Hu, Y., Chen, B., Sharier, M. A., Zheng, S., & Jose, J. G. (2020). Role of absence in academic success: an analysis using visualization tools. Smart Learning Environments, 7(2), 1–25. https://doi.org/10.1186/s40561-019-0112-3
Hajizadeh, N., & Ahmadzadeh, M. (2014). Analysis of factors that affect the students academic performance - Data Mining Approach. International Journal of Advanced Studies in Computer Science and Engineering IJASCSE, 3(8), 1–5. https://doi.org/http://arxiv.org/abs/1409.2222
Handayani, T. L., Retnoningsih, A., & Herlina, L. (2013). Efektivitas Group Investigation Ditunjang Penugasan Awetan Bioplastik Terhadap Hasil Belajar dan Minat Wirausaha. Unnes Journal of Biology Education, 2(1), 73–81. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.15294/jbe.v2i1.2617
Hofstein, A., & Mamlok-Naaman, R. (2007). The Laboratory in Science Education: The State of the Art. Chemistry Education Research and Practice, 8(2), 105–107. https://doi.org/10.1039/B7RP90003A
Irwanto, Ibrahim, M., & Putri, E. K. (2017). Efektifitas Media Bioplastik Lumut dan LKS Praktikum Terhadap Hasil Belajar Submateri Lumut. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 149–153.
Kartika, I. R., Kurniadewi, F., Nurjayadi, M., & Rahmawati, Y. (2015). Pelatihan Pembuatan Case Gadget Chemistry Style Yang Unik Dan Kreatif Dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Jurusan Kimia Fmipa Unj. Sarwahita, 12(2), 77–81. https://doi.org/10.21009/sarwahita.122.02
Notohutomo, A. A., Dewi, R. R. M. S. ., Limanto, S. D., & Christy, H. O. (2017). Perancangan Semi-Mass Product Art Furniture Dengan Kreatifitas Pengolahan Resin. Simposium Nasional RAPI XVI –2017 FT UMS, 48–54. https://doi.org/http://hdl.handle.net/11617/9532
Sæle, R. G., Dahl, T. I., Sørlie, T., & Friborg, O. (2017). Relationships Between Learning Approach, Procrastination and Academic Achievement Amongst First-Year University Students. Higher Education, 74(5), 757–774. https://doi.org/DOI: 10.1007/s10734-016-0075-z
Sugiantoro, B., Sakuri., & Hartono. (2018). Penerapan Teknologi Epoxy Wood dan Pallet dari Limbah Kayu s ebagai Produk Kerajinan Unik Bernilai Ekonomis Tinggi bagi Kelompok Pengrajin di Desa Sangkanayu , Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Jurnal Surya Masyarakat, 1(1), 12–20. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.26714/jsm.1.1.2018.12-20
Suprapto, P.K., & Chaidir, D. M. (2020). Pelatihan Penggunaan Media 3 Dimensi Dalam Pembelajaran Biologi Bagi Siswa Tunagrahita di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 790–796. https://doi.org/10.30653/002.202053.368
Surahman, E., Meylani, V., & Rinandiyana, L. R. (2019). Karang Taruna Fajar: Cinderamata Bioplastic Khas Pantai Masawah. Caradde. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 131–135. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31960/caradde.v1i2.34
Wisnujati, N. S., Sitorus, E., Anggusti, M., Ramadhani, R., Cendana, W., Marzuki, I., ... & Cahyadin, W. (2021). Merdeka Belajar Merdeka Mengajar. Yayasan Kita Menulis.
Yanuarta, I., Indriayu, M., & Sudarno. (2018). Pengaruh Labolatorium Terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Kelompok C3 program Keahlian Pemasaran Kelas Xi Smk Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018". BISE : Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(2), 1–15.
Yustika, G. P. (2018). Pembelajaran Biologi Melalui Latihan Soal Pilihan Ganda untuk Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 7–14.