Literasi Bahasa Inggris Menggunakan Flash Card Untuk Anak-Anak Gampong Lam Raya, Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar, Aceh

  • Siti Safura Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Lina Farsia Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Rahmatun Nisa Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Cut Mawar Helmanda Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Sarair Sarair Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Ika Kana Trisnawati Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Ayuna Netta Universitas Muhammadiyah Aceh
Keywords: Flashcard, Kosa kata, Media

Abstract

Bahasa Inggris merupakan Lingua Franca dunia yang harus dipelajari oleh seluruh anak di Indonesia. Diharapkan seluruh lapisan masyarakat berpartisipasi dalam rangka membantu seluruh anak Indonesia untuk dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Untuk itu, pengabdian masyarakat yang diadakan pada bulan Juli 2022 di Gampong Lam Raya ini bertujuan untuk meningkatkan semangat anak-anak untuk belajar bahasa Inggris, khususnya dalam belajar kosakata bahasa Inggris dengan pendekatan yang menyenangkan dan menarik dengan penggunaan flashcard sebagai media pembelajaran. Kartu flash berwarna-warni ditunjukkan kepada anak-anak dan mereka diminta untuk menebak gambar dari kartu flash dan versi bahasa Inggris disebutkan setelahnya. Selanjutnya, ketika versi bahasa Inggris disebutkan baik anak-anak maupun guru mengulangi kata-kata itu bersama-sama dengan keras.  Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah anak-anak sangat antusias dan tidak bosan dalam belajar kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan flashcard. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan flashcard dalam mengajar kosakata bahasa Inggris dapat meningkatkan semangat anak-anak dalam belajar bahasa Inggris dan memungkinkan anak-anak belajar bahasa Inggris melalui pendekatan yang menyenangkan.

 

English is the world’s Lingua Franca, which has to be learned by all children in Indonesia. It is expected that all levels of the community to participate in order to help all Indonesian children to be able to communicate in English. For that reason, this community service that was held in July 2022 in Gampong Lam Raya, aimed to improve children’s passion to learn English, especially in learning English vocabulary with a pleasant and fun approach with the use of flashcards as the media for learning. The colorful flashcards were shown to the children and they were asked to guess the images form of the flashcards and the English version was mentioned afterwards. Henceforward, when the English version was mentioned both children and teacher repeated the words together loudly.  The result of this community service was that the children were very enthusiastic and were not bored with learning English vocabulary by using flashcards. It can be concluded that the use of flashcards in teaching English vocabulary can improve children’s passion for learning English and it lets the children learn English through a fun approach.

References

Brown, H. D. (2008). Principles of Language Teaching and Learning. New York: Pearson Longman.

Cole, M. & Cole, S. R. (2001). The Development of Children. New York: Worth Publishers.

Charlotte, A. H. (2014). Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini Versus Budaya Lokal. Jurnal Cakrawala Dini. 5(2), 63-71.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriyani, E. & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympatic: Jurnal Ilmiah Psikologi. 4(2). 167-182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744

Harahap, Yuliasari. & Zulfitri. (2019). Penerapan Media Flashcard Dalam Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa TK Setia Budi Abadi Perbaungan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian. 2(1). 605-608.

Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu media pengajaran. Jogjakarta: DIVAPress.

Prasetyo, Johnny. (2016). Pembelajaran Media Visual Bahasa Inggris untuk Anak-Anak PAUD/TK di Surakarta. Jurnal Penelitian Seni dan Budaya Acyntia. 8(1). 79-83. https://doi.org/10.33153/acy.v8i1.1923

Qalbina , Z. A., & Wati, M. (2023). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini melalui Media Audio Visual dan Body Mapping untuk Siswa TK Bina Ana Prasa III. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 251-257. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i1.211

Ramadhanti, N. W., Kusumaningrum, S., & Anakotta. R. (2022). Pengaruh Media Flash Card terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas III SD Inpres 109 Perumnas Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar. 4(1). 89-94. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.2081

Saefudin, A., Dhamayanti., Suhartono., Wahyudi, (2012). Penerapan Metode Permainan menggunakan Kartu Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD. Kalam Cendikia PGSD Kebumen. 1(2). 1-7. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/284.%20%5B2

Sulaiman, R., & Akidah, I. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Flash Card Pada TPA Masjid Baitul Maqdis. Madaniya, 2(3), 242-252. https://doi.org/10.53696/27214834.84

Susilana., & Riyana. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734

Wati, I. K., & Oka, I. (2021). Penggunaan Flash Card dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Peserta Didik. Indonesian Gender and Society Journal, 1(2), 41–49. https://doi.org/10.23887/igsj.v1i2.39081

Widyasari, I., Suryandari, K, C., & Suripto. (2016). Penerapan Metode Permainan Melalui Media Flash Card Dalam Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas Iv Sdn 2 Kebasen. Kalam Cendekia PGSD Kabumen. 4(6), 1-5.

Published
2023-09-30
How to Cite
Safura, S., Farsia, L., Nisa, R., Helmanda, C. M., Sarair, S., Trisnawati, I. K., & Netta, A. (2023). Literasi Bahasa Inggris Menggunakan Flash Card Untuk Anak-Anak Gampong Lam Raya, Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(4), 918-924. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i4.557