Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Guru di Pulau Tunda

Community Service through the Implementation of the Independent Curriculum for Teachers on Tunda Island

  • Mohamad Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta
  • Edwita Edwita Universitas Negeri Jakarta
  • Perawati Bte Abustang Universitas Megarezky
  • Sastra Wijaya Universitas Primagraha
  • Hana Triana Universitas Negeri Jakarta
  • Jayadi Jayadi Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Guru sekolah, kurikulum mandiri, kurikulum merdeka, pelatihan

Abstract

Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum belajar mandiri paling esensial yang terjadi pada tingkat sekolah dasar memerlukan pendekatan pembelajaran tematik integratif, dimana siswa diajak melihat, memperhatikan, dan mengamati lingkungan sekitar, serta tidak lagi berorientasi pada hafalan. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memahami penerapan kurikulum belajar mandiri dan meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang pengetahuan dan keterampilan. Pelatihan ini dihadiri oleh kepala sekolah dan guru. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa sebelum pelatihan dan sesudah pelatihan guru dapat memahami materi yang diberikan dengan baik. Peserta pelatihan adalah kepala sekolah dan guru di Desa Wargasara, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Diharapkan pelatihan ini dapat dilaksanakan kepada seluruh guru dan kepala sekolah agar dapat memahami penerapan kurikulum merdeka belajar dan meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar sesuai kondisi sekolah masing-masing.

 

The change of the 2013 curriculum to the most essential independent learning curriculum that occurs at the elementary school level requires an integrative thematic learning approach, where students are invited to see, pay attention, and observe the environment, and are no longer oriented to memorization. The purpose of this training is to improve teacher competence in understanding the implementation of the independent learning curriculum and to improve the competence of students in the fields of knowledge, and skills. This training was attended by the principal and teachers. The results of the training show that before training and after training teachers can understand the material provided well. The training participants were school principals and teachers in Wargasara Village, Tirtayasa District, Serang Regency, Banten Province. It is expected that this training will be carried out for all teachers and principals so that they can understand the implementation of the independent learning curriculum and improve the ability of teachers to implement the independent learning curriculum according to the conditions of their respective schools.

References

Abustang, P. B., Fatimah, W., & Fitriana, E. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sd Inpres Perumnas Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 77–84.

Abustang, P. B., Sumantri, M. S., & Nurhasanah, N. (2023). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1), 72–78. https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9762.

Alam, S., Abustang, P. B., Amalina, R. N., & Hadijah, N. (2023). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar untuk Peningkatan Karakter Gemar Membaca melalui Program Literasi Kampus Mengajar. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1022. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14850.

Chamidi, A. S., Nurhidayah, N., Dariyo, A., Hidayati, D., Aljihad, F., Muslimat, M. K., & Rosmaladewi, O. (2022). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah/Madrasah melalui Bimtek Model In-On-In. Jurnal Pendidikan Masyarkat Dan Pengabdian, 02(4), 1267–1276. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.4.1267-1276.2022.

Gandasari, A., Sopia, N., & Ege, B. (2022). Penyuluhan pendidikan tentang kurikulum merdeka bagi guru sekolah dasar. Jurnal Pelayanan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 67–76.

Koroh, L. I. D., Lao, H. A. E., Tari, E., & Liufeto, M. C. (2022). Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Muhammadiyah Ende. Jurnal Nauli Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 10–16. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jurnal%20nauli.v2i1.1028.

Kumala, F. N., Yasa, A. D., Yulianti, Y., & Setiawan, D. A. (2023). Optimalisasi Teknologi Pembelajaran Dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyakarat, 3(1), 31–38. https://doi.org/https://doi.org/10.56393/jpkm.v3i1.1562.

Kusumawati, E. (2022). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Jenjang Sekolah Dasar di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. BEERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 886–893. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3483.

Mantra, I. B. N., Prametra, I. G. P. A., Arsana, A. A. P., Puspadewi, K. R., & Wedasuwari, I. A. M. (2022). Persepsi Guru terhadap Pentingnya Pelatihan Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6313–6318. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v3i5.2073.

Mustofa, M., & Mariati, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar: Dari Teori ke Praktis. Indonesia Berdaya, 4(1), 13–18. https://doi.org/10.47679/ib.2023371.

Numertayasa, I. W., Putu, N., Astuti, E., Suardana, I. P. O., & Pradnyana, P. B. (2022). Workshop Review dan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 3 Selemadeg Timur Pendahuluan. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(3), 461–468.

Priyanti, N., Harahap, E., Triastutik, M., Sitinjak, M., Jannah, M., Kurniyanti, T. E., … Narsih. (2022). Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Pondok Gede Kota Bekasi. Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM), 2(2), 74–80.

Siahaan, F. E., Siahaan, S., Siahaan, B. L., & Anggita, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Guru IPA di Kelas Rendah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar (JP2NS), 3(1), 13–19.

Siska, J., Dewi, C., Selviani, D., & Fitria, Y. (2022). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Sekolah di Bengkulu Utara. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 497–501. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i4.190.

Sulistyowati, Rahmad, Gofur, A., Jasiah, Syabrina, M., Syar, N. I., & Mahmudah, I. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 2 Kota Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(2), 888–895. https://doi.org/https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.966.

Susilana, R., Hernawan, A. H., Hadiapurwa, A., Syafitri, N. K., Halimah, L., & Nugraha, H. (2023). Pembinaan Pengembangan Kurikulum Merdeka Berbasis Best Practices Program Sekolah Penggerak. Jurnal Pengabdian Masyakarat, (1), 13–18. https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i1.39161.

Wahira, W., Hamid, A., & Lukman, H. B. (2023). Pelatihan Pemahaman Kurikulum Merdeka Belajar pada Guru Ssekolah Dasar. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 43–47. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i2.572.

Widayanti, M., Komalasari, D., & Fitri, R. (2023). Pelatihan Penyusunan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Literasi sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru PAUD di Kecamatan Prigen. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 14–18. https://doi.org/10.26740/jpm.v3n1.p14-18.

Published
2024-05-18
How to Cite
Sumantri, M. S., Edwita, E., Abustang, P. B., Wijaya, S., Triana, H., & Jayadi, J. (2024). Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Guru di Pulau Tunda. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(2), 312-319. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i2.587