Pelatihan Produksi Konten Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Organisasi di Wilayah Kecamatan Pesanggrahan

  • Fasya Syifa Mutma Universitas Pembangunan Jaya
  • Reni Dyanasari Universitas Pembangunan Jaya
  • Naurissa Biasini Universitas Pembangunan Jaya
Keywords: Instagram, media sosial, organisasi, produksi konten

Abstract

Media sosial merupakan salah satu media yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memperoleh informasi secara cepat. Tidak jarang media sosial dari sebuah organisasi menjadi rujukan untuk memperoleh informasi terkait. Sebagai contoh informasi kebakaran di suatu wilayah diperoleh pada akun Instagram pemadam kebakaran setempat. Oleh akrena itu, pengelolaan media sosial organisasi perlu mendapat perhatian agar masyarakat memperoleh informasi yang dibutuhkan. Kecamatan Pesanggrahan memiliki relasi dengan berbagai organisasi di sekitarnnya yang memiliki target audiens tertentu. Audiens tersebut sering kali mencari informasi melalui media sosial. Tim pengabdi membuat pelatihan konten media sosial dengan fokus pada salah satu media yang saat ini digemari masyarakat yaitu Instagram. Fokus pelatihan ini adalah merancang sebuah pesan yang tepat untuk target audiens tertentu, dengan menggunakan visual dan narasi yang menarik. Tidak hanya pemaparan materi, peserta juga dilatih agar dapat menggunakan alat bantu untuk memproduksi konten. Hasilnya terdapat peningkatan pemahaman dari admin media sosial pada organisasi di wilayah Kecamatan Pesanggrahan. Setelah pelatihan, tim pengabdi juga melakukan pendampingan agar praktik yang dilakukan oleh peserta kegiatan dapat lebih maksimal. Kegiatan ini dapat membantu tim pengurus media sosial organisasi untuk memperbarui skill & knowledge serta memperoleh masukan dari pihak eksternal terkait konten media sosial yang telah berjalan saat ini.

 

Social media is one of the media used by the public to obtain information quickly. Not infrequently, social media from an organization becomes a reference for obtaining related information. For example, information on fires in an area is obtained from the Instagram account of the local fire department. For this reason, the management of organizational social media needs attention so that the public can obtain the information they need. Pesanggrahan District has relationships with various organizations around it that have a specific target audience. These audiences often seek information through social media. The service team created social media content training with a focus on one of the media that is currently popular with the public, namely Instagram. The focus of this training is to design a message that is right for a certain target audience, using attractive visuals and narratives. Not only material presentation, participants were also trained to be able to use tools to produce content. The result is an increase in understanding from social media admins in organizations in the Pesanggrahan District area. After the training, the service team also provides assistance so that the practices carried out by activity participants can be maximized. This activity can help the organization's social media management team to update skills & knowledge and obtain input from external parties regarding social media content that is currently running.

References

Annur, C., M. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Databoks.katadata.co.id. Diakses pada 7 Agustus 2022 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022

Aryani, L., Triwardhani, D., & Pusporini. (2022). Pelatihan Pemasaran Produk UMKM Melalui Sarana Media Sosial Di Desa Cimarga, Banten. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mathla’ul Anwar (JPPM UNMA) Banten, 7(1), 359-367. Diakses pada 5 September 2023 dari http://jurnal.unmabanten.ac.id/index.php/jppm/article/view/100/71

Bayu, D. J. (2022). Jumlah Pengguna Media Sosial di Dunia Capai 4,2 Miliar. Databoks.katadata.com. Diakses pada 7 Agustus 2022 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/18/jumlah-pengguna-media-sosial-di-dunia-capai-42-miliar

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta. (2018). Pesanggrahan, Kecamatan. Ensiklopedia Jakarta. Diakses pada 7 Agustus 2022 dari http://encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/post/Pesanggrahan-Kecamatan?lang=id

Indarto, Lestari, R., I., & Budiarti, Y. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemasaran Sosial Media pada UMKM Kelurahan Sendangmulyo Semarang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mathla’ul Anwar (JPPM UNMA) Banten, 8(2), 360-366. Diakses pada 5 September 2023 dari http://jurnal.unmabanten.ac.id/index.php/jppm/article/view/360/221

Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia. Datareportal.com. Diakses pada 7 Agustus 2022 dari https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Marenda, P. (Maret, 2019). Fungsi Internet, Mengenali Kelebihan dan Kekurangannya. Liputan6.com. Diakses pada 18 Februari 2021 dari https://www.liputan6.com/citizen6/read/3921529/fungsi-internet-mengenali-kelebihan-dan-kekurangannya#:~:text=Internet%20tentu%20memiliki%20manfaat%20selain,sebagai%20media%20informasi%20dan%20hiburan.&text=Lalu%20manfaat%20internet%20yang%20lain,media%20termudah%20untuk%20mendapatkan%20informasi.

Mutma, F., S., Dyanasari, R., & Leksono, F., B. (2022). Pelatihan Produksi Konten Media Sosial Instagram sebagai Media Komunikasi Organisasi. Jurnal Buana Pengabdian, 4(2), 41-50. Diakses pada 5 September 2023 dari https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/JurnalBuanaPengabdian/article/view/2787/1880

Pahlevi, R. (2022). Pengguna Internet di Dunia Capai 4,95 Miliar Orang Per Januari 2022. Databoks.katadata.com. Diakses pada 7 Agustus 2022 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/07/pengguna-internet-di-dunia-capai-495-miliar-orang-per-januari-2022#:~:text=Jumlah%20Pengguna%20Internet%20di%20Dunia%20(2012%20%2D%202022)&text=Laporan%20DataReportal%20mencatat%20ada%204,tercatat%20sebesar%203%2C95%20miliar.

Palenti, C., D., Prasetyo, I., & Gusti, R., (2020). Pendampingan Masyarakat dalam Pengembangan Destinasi Wisata melalui Pemetaan Kebutuhan. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(4), 11-20. Diakses pada 5 September 2023 dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/27551/13262

Putranto, A. (Maret, 2018). Darurat Literasi Media Sosial, Berpacu Melawan Konten Negatif. Diakses pada 18 Februari 2021 dari https://internasional.kompas.com/read/2018/03/22/09480251/darurat-literasi-media-sosial-berpacu-melawan-konten-negatif?page=all#:~:text=RENDAHNYA%20literasi%20media%20sosial%20dalam,pornografi%2C%20dan%20adiksi%20media%20digital.

Ruse, A., V., Jaolis, F., & Wijaya, S. (2023). Evaluasi Manajemen Media Sosial Instagram Menggunakan Framework Dragons: Studi Kasus Pada Program Studi Pascasarjana Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra, 17(1), 17-23. Diakses pada 5 September 2023 dari https://jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/mar/article/view/25742/20887

Susanti, S., Gunawan, W., & Koswaran, I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial dalam Mengembangkan Pemasaran Batik Sukapura. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mathla’ul Anwar (JPPM UNMA) Banten, 8(1), 95-104. Diakses pada 5 September 2023 dari http://jurnal.unmabanten.ac.id/index.php/jppm/article/view/215/189

Sutisna, N., Alifi, M., I., Muhaeimin, Ramadhan, A., Pratiwi, M., Fitriyah, N., Muldi, A. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial dalam Promosi Kampung Wisata Pekijing. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mathla’ul Anwar (JPPM UNMA) Banten, 7(1), 72-79. Diakses pada 5 September 2023 dari http://jurnal.unmabanten.ac.id/index.php/jppm/article/view/26/28

Tench, R., & Yeomanz, L. (2017). Exploring public relations, global strategic communication. United Kingdom: Pearson.

Thifalia, N., Susanti, S. (2021). Produksi Konten Visual dan Audiovisual Media Sosial Lembaga Sensor Film. Jurnal Common, 5(1), 39-55. Diakses pada 5 September 2023 dari https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/download/4799/2472/

Published
2023-10-26
How to Cite
Mutma, F. S., Dyanasari, R., & Biasini, N. (2023). Pelatihan Produksi Konten Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Organisasi di Wilayah Kecamatan Pesanggrahan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(4), 1034-1049. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i4.592