Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Web Bagi Guru SMP Kabupaten Pandeglang

  • Nenden Suciyati Sartika Universitas Mathla'ul Anwar
  • Tatu Munawaroh Universitas Mathla'ul Anwar
  • Ervi Nurafliyan Susanti Universitas Mathla'ul Anwar
  • Ika Meika Universitas Mathla'ul Anwar
  • Ratu Mauladaniyati Universitas Mathla'ul Anwar
  • Asep Sujana Universitas Mathla'ul Anwar
  • Asep Sahrudin Universitas Mathla'ul Anwar
  • Ika Yunitasari Universitas Mathla'ul Anwar
  • Eka Rosdianwinata Universitas Mathla'ul Anwar
  • Rusdian Rifai Universitas Mathla'ul Anwar
  • Deni Pratidiana Universitas Mathla'ul Anwar
  • Peni Permatasari Universitas Mathla'ul Anwar
  • Dede Uniah Universitas Mathla'ul Anwar
  • Kamila Cahyati Universitas Mathla'ul Anwar
Keywords: Bahan ajar, Berbasis Web, Pelatihan

Abstract

Pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan dalam revolusi industri 4.0 membuat perubahan dalam gaya belajar dalam proses pembelajaran. Guru dituntut untuk mengikuti proses pembelajaran digital interaktif. Sehingga salah satu tantangan bagi guru dan pengembang teknologi pembelajaran untuk berinovasi adalah menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi siswa. Pelatihan penyusunan bahan ajar berbasis Web bagi guru matematika bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis web yang sesuai dengn kurikulum dan kebutuhan siswa. Pelatihan ini dilakukan melalui metode peer-teaching model pembelajaran interaktif, Menyusun bahan belajar, Mengemas menjadi bahan belajar on-line. Hasil yang diperoleh setelah melaksanakan kegiatan ini yaitu terdapat peningkatan kemampuan teknologi guru dalam menyusun bahan ajar berbasis web sebagian besar guru matematika SMP di kabupaten Pandeglang menyatakan bahwa hanya kadang-kadang dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran, mereka hanya kadang-kadang menggunakan bahan ajar berbasis Web, namun 80% sudah pernah menggunakan bahan ajar berbasis Web. Tapi tidak satupun dari mereka yang pernah mendesain game pembelajaran matematika di Web. Peserta pelatihan ada yang pernah menggunakan canva dan heyzine, Capcut, dan PPT di WPS HP sedangkan menggunakan game pembelajaran berbasis Web 80% yang tidak pernah menggunakan dan hanya 20% yang sudah pernah menggunakan. Respon peserta pelatihan terkait pelaksanaan kegiatan pelatihan ini menunjukkan bahwa 90% guru menyatakan materi yang disampaiakan sangat menarik (10% menarik) dan semua peserta menyatakan bahwa kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan membantu untuk meningkatkan profesionalisme guru.

 

Conducive and enjoyable learning in the industrial revolution 4.0 makes changes in learning styles in the learning process. Teachers are required to follow the interactive digital learning process. So one of the challenges for teachers and learning technology developers to innovate is to create learning that is fun and not boring for students. Training on preparing Web-based teaching materials for mathematics teachers aims to improve teachers' skills and knowledge in developing web-based teaching materials that suit the curriculum and student needs. This training is carried out through peer-teaching methods, interactive learning models, compiling learning materials, packaging them into on-line learning materials. The results obtained after carrying out this activity were that there was an increase in teachers' technological abilities in compiling web-based teaching materials. Most of the junior high school mathematics teachers in Pandeglang district stated that they only sometimes used technology in learning, they only sometimes used Web-based teaching materials, However, 80% have used Web-based teaching materials. But none of them had ever designed a math learning game on the Web. Some of the training participants have used Canva and Heyzine, Capcut, and PPT on WPS HP, while 80% have never used Web-based learning games and only 20% have used them. Responses from training participants regarding the implementation of this training activity showed that 90% of teachers stated that the material presented was very interesting (10% interesting) and all participants stated that this training activity could improve skills in using technology in learning and help to increase teacher professionalism.

References

Ahmad, S., Zen, Z., Masniladevi, M., Kenedi, A. K., & Hendri, S. (2022). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Technological Pedagogic Content Knowledge Guru Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 950–956. https://doi.org/10.21067/jpm.v7i2.7015

Amini, R., & Darni, R. (2023). Pelatihan Pembuatan E-Modul Interaktif berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru SD dan SMP di Kapau Kabupaten Agam Training of Information Technology-based Interactive E-module design to Improve Digital Literacy for Elementary. 8(3), 614–622.

Arifin, A. N., Ismail, Daud, F., & Azis, A. (2021). Pelatihan aplikasi canva sebagai strategi untuk meningkatkan technological knowledge guru sekolah menengah di kabupaten Gowa. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2021 “Penguatan Riset, Inovasi Dan Kreatifitas Penelitian Di Era Pandemi Covid-19,” 5, 468–472. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/25748

Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1849

Hilaliyah, T., Safi, I., & Saputra, W. (2023). Pelatihan Penyusunan Instrumen Evaluasi untuk Pengukuran Aspek Berpikir Kritis , Kreatif-Inovatif bagi Guru-guru SMA Negeri 4 Pandeglang Training on Preparation of Evaluation Instruments for Measuring Students ’ Critical Thinking , Creative-Innovative Aspects for Teachers of SMA Negeri 4 Pandeglang. 8(3), 541–549.

Jundu, R., Jelatu, S., Nendi, F., Makur, A. P., & Raga, P. (2023). Dampingan Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Guru SMP Menggunakan Aplikasi Videoscribe Learning Media Development Assistance for Junior High School Teachers Using Videoscribe Application. 8(3), 713–720.

Kosasih, F., Juhana, J., Suratinah, S., & Riyanti, R. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Siswa Bagi Guru Tpa Babussalam Bogor. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 57–61. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1.1329

Nursalam, L. O., Sailan, Z., Hasan, S., Takasi, L. M. R., Hariyanto, E., & Syarifuddin, S. (2022). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Web bagi Guru-Guru SMA di Kabupaten Konawe. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 277–284. https://doi.org/10.36312/linov.v7i2.798

Nurul H., D., Amaluddin, L. O., & Surdin, S. (2017). The Effect Guided Inquiry to Critical Thinking Ability to Build Student Character in Geography Subject. 79(Icge 2016), 367–371. https://doi.org/10.2991/icge-16.2017.71

Rahman, N. (2018). Pengembangan Subjek Specifik Pedagogik (Ssp) Praktikum Ipa Terpadu Smp/Mts Berbasis Home Materials Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Elementary, 1(1), 1. https://doi.org/10.31764/elementary.v1i1.137

Rahman, N., Purwoko, A. A., Muntari, & Haifaturrahmah. (2020). Development of subjects specific pedagogy to build environmental awareness character on students in mining areas. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 413(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/413/1/012033

Sawaludin, S., Muttaqin, Z., Sina, S., (2019). Kreatif Produktif Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mahasiswa Melalui Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. INOPENDAS: Jurnal …, 2(1), 43–49. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/3443

Sejati, A. E., Programe, S., Education, G., Sembilanbelas, U., Kolaka, N., Programe, S., Education, G., Sembilanbelas, U., Kolaka, N., & Ikhsan, F. A. (2019). the Effect Outdoor Study To the Students Activeness in Senior High School. Geographica: Science and Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.31327/gsej.v1i1.1016

Wheeler, S. R., & Blanchard, M. R. (2019). Contextual choices in online physics problems: Promising insights into closing the gender gap. Frontiers in Psychology, 10(MAR). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.00594

Published
2023-09-30
How to Cite
Sartika, N. S., Munawaroh, T., Susanti, E. N., Meika, I., Mauladaniyati, R., Sujana, A., Sahrudin, A., Yunitasari, I., Rosdianwinata, E., Rifai, R., Pratidiana, D., Permatasari, P., Uniah, D., & Cahyati, K. (2023). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Web Bagi Guru SMP Kabupaten Pandeglang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(4), 934-945. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i4.621

Most read articles by the same author(s)