Edukasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya terhadap Pembelajaran

Minimum Competency Assessment (AKM) Education and its Implications for Learning

  • Oktariani Oktariani Universitas Islam Riau
  • Nurul Fauziah Universitas Islam Riau
  • Yelfira Sari Universitas Islam Riau
  • Andhika Baruri Universitas Islam Riau
  • Imam Ardiansyah Universitas Islam Riau
Keywords: AKM, literasi, numerasi

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi yang menarik dan terkini bagi guru tingkat SD, SMP dan SMA di Lingkungan salah satu sekolah swasta di Pekanbaru terkait pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan implikasinya terhadap proses pembelajaran. Edukasi dilakukan dengan menggunakan berbagai metode yaitu; ceramah, diskusi, tanya jawab. Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan salah satu sekolah swasta dan diikuti oleh 65 orang guru dan karyawan sekolah, pada 18 September 2023. Diakhir kegiatan dilaksanakan evaluasi dengan menggunakan kuisioner. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan mitra dan kualitas kegiatan yang dilakukan sebagai umpan balik bagi tim pengabdian. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru terkait pelaksanaan AKM dan tingginya antusias guru dalam mengikuti kegiatan ini. Dengan bertambahnya pemahaman guru ini, diharapkan dapat berimplikasi terhadap pembelajaran dan penilaian yang berorientasi pada peningkatan literasi dan numerasi siswa.

 

The aim of this community service program is to provide an interesting and up-to-date education for teachers at the elementary, secondary and high school levels in private school environment regarding the implementation of AKM and its implications for the learning process. In this program, education is carried out using various methods: lectures, discussions, questions and answers. The event took place in private School and was attended by 65 teachers and school employees, on September 18, 2023. At the end of the activity, an evaluation is carried out using a questionnaire. The evaluation is conducted to determine the level of partner satisfaction and the quality of the activities carried out as feedback for the community service team. The evaluation results showed that there is an increased teacher understanding regarding the implementation of the AKM and the high enthusiasm of teachers in this activity. By increasing teacher understanding of this, it is expected to have implications for learning and assessment that are oriented toward to the improvement of student literacy and numeracy.

References

Ardiansyah, R., Diella, D., & Suhendi, H. Y. (2020). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Abad 21 Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 10(1), 31. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.12172

Azmussya’ni, A., & Aziz, L. A. (2022). Usaha Meningkatkan Nilai Asssesmen Kompetensi Minimum Melalui Pengayaan Materi Pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 0–4.

Febliza, A., Okatariani, O., & Putri, A. M. (2020). Kualitas Minyak Blend Kelapa Kopra dan Minyak Kelapa Sawit ditinjau dari Kadar Air, Kadar Asam Lemak Bebas dan Bilangan Peroksida. Jurnal Riset Kimia, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.25077/jrk.v11i1.347

Hadi, S., Hermansyah, H., & Jamaluddin, J. (2021). pelatihan penggunaan aplikasi chemlab sebagai alternatif praktikum untuk meningkatkanketerampilan proses sains siswa SMAN 3 Lembar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.663

Kemendikbud. (2020). AKM dan implikasinya pada pembelajaran. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.

Kemendikbud. (2021). Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–32.

Martins-Pacheco, L. H., Degering, L. P., Mioto, F., von Wangenheim, C. A. G., Borgato, A. F., & Petri, G. (2020). Improvements in bASES21: 21st-Century skills assessment model to K12. CSEDU 2020 - Proceedings of the 12th International Conference on Computer Supported Education, 1(Csedu), 297–307. https://doi.org/10.5220/0009581702970307

Matondang, K., Mira, R., Saragih, B., Simamora, Y., Putri, J. H., Arief, K., Matematika, P., Al, U., & Medan, W. (2022). Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum Tingkat SMP. JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, Dan Edukasi, 1(2), 32–35.

Novitasari, S., MK, A. S. H., Nisa, K., Nurmawati, I., & Nurwahidah, N. (2022). Sosialisasi Pentingnya Penyusunan Soal Hots Untuk Mendukung Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Di SDN 14 Cakranegara. Jurnal Warta Desa (JWD), 4(3), 159–163. https://doi.org/10.29303/jwd.v4i3.198

Oktariani, O., & Febliza, A. (2019). Analysis of The Alignment Between Chemistry Content on TIMSS And Science-Chemistry Textbooks of Junior High School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(1), 123. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i1.16101

Rahayu, R., & Ulya, H. (2022). Pelatihan Penyusunan Soal Numerasi Untuk Persiapan Asesmen Kompetensi Minimum-Asesmen Nasional (AKM-AN) Bagi Guru Matematika. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 2157–2164.

Ramli, M., Widoretno, S., Dwiastuti, S., Sugiharto, B., Prayitno, B. A., Mumpuni, K. E., Prabowo, C. A., Auliananda, S. S., Basuki, Z. A. Y., & Ciptaningrum, P. A. (2023). Peningkatan Pemahaman Penyusunan RPP dan Asesmen Berbasis Learning Progression bagi Guru Biologi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 338–349. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i2.357

Rijoly, H. M., & Patty, J. (2021). Pemahaman Penerapan Akm (Asesmen Kompetensi Minimal) Bagi Guru-Guru Di Kec. Salahutu Kab. Maluku Tengah. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 2(1), 49–55. https://doi.org/10.30598/gabagabavol2iss1pp49-55

Susdarwati, D., Agnafia, N., & Dimas, A. (2021). Workshop Pemanfaatan Laboratorium Virtual IPA Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi. Indonesian Journal of Community Engagement ( IJCE ), 2(2), 47–52.

Usmeldi, U., Amini, R., & Darni, R. (2023). Pelatihan Pembuatan E-Modul Interaktif berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru SD dan SMP di Kapau Kabupaten Agam. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 614–622. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i3.345

Zukmadini, A. Y., Karyadi, B., & Rochman, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Workshop Model Integrasi Terpadu Literasi Sains Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPA. Publikasi Pendidikan, 11(2), 107. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.18378

Published
2024-05-19
How to Cite
Oktariani, O., Fauziah, N., Sari, Y., Baruri, A., & Ardiansyah, I. (2024). Edukasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya terhadap Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(2), 549-555. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i2.708