Pemberdayaan MGMP Matematika SMA/MA Negeri dan Swasta Kabupaten Banyuwangi melalui Kemampuan Perancangan Program GUI-MATLAB untuk Mendukung Pembelajaran Matematika

  • Ni'matur Rohmah Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Banyuwangi
  • Imama Nurus Izaati Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Banyuwangi
  • Supriadi Supriadi Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Banyuwangi
Keywords: GUI-MATLAB, MGMP, pembelajaran matematika

Abstract

Pembelajaran jarak jauh (online) di masa pandemi covid-19 mengharuskan guru berperan aktif dalam menyiapkan pembelajaran yang menarik, tidak membosankan, dan memahamkan bagi peserta didik. Tantangan lebih bagi guru matematika di era program merdeka belajar yaitu harus mampu menjadi fasilitator bagi peserta didik dengan melakukan inovasi-inovasi pembelajaran dikarenakan matematika menjadi pelajaran yang dianggap sulit, membosankan, dan terlalu abstrak. Oleh karena itu, salah satu cara agar matematika mudah divisualisasikan adalah melalui pembelajaran berbasis komputer. Adapun software yang dapat digunakan adalah dengan GUI-MATLAB. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyajikan media pembelajaran khususnya pelajaran matematika agar lebih menarik bagi peserta didik dengan alternatif program GUI-MATLAB. Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan MGMP Matematika SMA/MA Kabupaten Banyuwangi dengan menggunakan metode penyajian materi pengantar, demonstrasi desain sederhana, praktik merancang GUI-MATLAB, dan diskusi dengan peserta. Kegiatan ini amat menarik bagi para guru matematika di era teknologi ini, dikarenakan dengan GUI-MATLAB dapat menarik bagi peserta didik, desain tampilan program dapat diatur semenarik mungkin, dan dapat memberikan pemahaman konsep matematika secara utuh.

 

Distance learning (online) during the COVID-19 pandemic requires teachers to play an active role in preparing interesting, not boring, and understanding learning for students. More challenges for mathematics teachers in the era of independent learning programs is must be able to become facilitators for students by making learning innovations because mathematics is a subject that is considered difficult, boring, and too abstract. Therefore, one way to make mathematics easy to visualize is through computer-based learning. The software that can be used is GUI-MATLAB. This community service activity aims to improve teacher competence in presenting learning media, especially mathematics lessons to make it more attractive to students with an alternative GUI-MATLAB program. The implementation of this activity involved the Mathematics MGMP of SMA/MA Banyuwangi Regency by using introductory material presentation methods, simple design demonstrations, GUI-MATLAB designing practices, and discussions with participants. This activity is very interesting for mathematics teachers in this technological era, because the GUI-MATLAB can be attractive to students, the program display design can be arranged as attractive as possible, and can provide a complete understanding of mathematical concepts.

References

Aktifah, N., Fajriyah, N. N., & Faradisi, F. (2021). Pengaruh Pelatihan terhadap Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Aktivitas Motorik Halus (Feeding). Jurnal Ilmiah Kesehatan, 14(2), 159–165. https://doi.org/10.48144/jiks.v14i2.599

Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran Guru dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika pada Era Omricon dan Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 1(1), 82.

Apriandi, D., & Setyansah, R. K. (2017). Penerapan Media Simulasi MATLAB Berbasis Interactive Conceptual untuk Meningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 189. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.968

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Pengembangan Perangkat Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Ditjen Dikti, Bagian Proyek P2TK.

Fitri, S., Arifin, A. H., & Yanita, Y. (2020). Pengaruh Pelatihan dan Pemberdayaan terhadap Kompetensi dan Kinerja Guru di UPTD-PK Dewantara. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 4(1), 86. https://doi.org/10.29103/j-mind.v4i1.3370

Fitri, Y., Ginting, D., Wirman, S. P., Fitrya, N., Retnawaty, S. F., & Febriani, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Gui Matlab untuk Materi Dinamika Gerak. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(2), 206–210. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i2.2116

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022). Keputusan Menteri No. 56 Tahun 2022 tentang Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka). Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nasra, E., Azra, F., Fitriza, Z., Riga, R., S.G, M. I., Faradilla, T., & R.P, A. R. (2022). Peningkatan Kompetensi Profesional MGMP Kimia Kabupaten Pasaman Sebagai Pembina Siswa Menghadapi Olimpiade Sains Nasional (OSN). Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(4), 995–1002. https://doi.org/10.30653/002.202274.248

Nurjanah, Rohayati, A., & Wibisono, Y. (2021). Program Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Computer-based Learning untuk Guru-Guru MGMP Matematika SMP di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Abmas, 19(1), 31–33. https://doi.org/10.17509/abmas.v19i1.36465

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278–285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.207

Robby, D. K., Sanjaya, L. A., Soraya, E., Maulana, A., Ibrahim, F. M., & Marshandi, M. R. (2022). Pendampingan Guru SD Islam Assa’adah Dalam Penggunaan Media Conference Sebagai Sarana Media Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 240–246. https://doi.org/10.30653/002.202271.9

Salmina, M., Fitriati, & Wisnarti. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis GUI MATLAB terhadap Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Trigonometri. Jurnal Dimensi Matematika, 4(02), 315–325. https://doi.org/10.33059/jdm.v4i02.4584

Yelsi, A. E., & Sihotang, H. (2021). Penerapan Sistem Prodigy Math Game sebagai Implementasi Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menengah Atas. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3919–3927. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1230

Published
2024-05-19
How to Cite
Rohmah, N., Izaati, I. N., & Supriadi, S. (2024). Pemberdayaan MGMP Matematika SMA/MA Negeri dan Swasta Kabupaten Banyuwangi melalui Kemampuan Perancangan Program GUI-MATLAB untuk Mendukung Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(2), 380-387. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i2.721