Pengembangan Kompetensi Literasi Digital Warga Belajar Pendidikan Kesetaraan dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0
Abstract
Kemampuan literasi digital menjadi tuntutan yang harus dimiliki oleh masyarakat khususnya warga belajar pendidikan kesetaraan dalam memasuki dunia kerja di era revoluasi industry 4.0. Berdasarkan observasi di PKBM abdi pertiwi ditemukan permasalahan yang perlu segera diselesaikan diantaranya, warga belajar belum mampu menguasai literasi digital dengan baik dan belum memiliki cultural dan social understanding dalam menentukan dan memilih informasi yang sejalan dengan konteks pemahaman sosial budaya sekitar. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memperikan pendampingan dalam rangka pengembangan kompetensi literasi digital warga belajar pendidikan kesetaraan dalam menghadapi era revoluasi industry 4.0. Pengabdian dilaksanakan di Pusat Kegiatan Belajara Masyarakat (PKBM) Abdi Pertiwi dan PKBM Insan Madani. Hasil pemdampingan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan literasi digital seperti tutor berpartisipasi dalam ruang digital, keahlian dalam menggunakan ICT, dan sebagainya.
Digital literacy skills are a requirement that must be possessed by society, especially citizens learning equality education when entering the world of work in the era of revolution 4.0. Based on observations at Abdi Pertiwi’s PKBM problems were found that needed to be resolved immediately, including that students were not yet able to master digital literacy well and did not have cultural and social understanding in determining information that was in line with the socio-cultural context of understanding around them. The aim of this service activity is to provide assistance in developing digital literacy competencies for citizens studying equality education in facing the era of industrial revolution 4.0. the service was carried out at the Abdi Pertiwi Community Learning Activity Center (PKBM) and PKBM Insan Madani. The results of the mentoring show an increase in understanding and digital literacy skills such as tutors to participate in digital spaces, skills in using ICT, and so on.
References
Aysa, I. R. (2021). Tantangan Transformasi Digital bagi Kemajuan Perkembangan Indonesia. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 140–153. https://doi.org/10.33367/at.v2i3.1458
Bawden, A., & Bawden, D. (2001). Information and digital literacies; a review of concepts Item Type Journal (Paginated) Citation Information and digital literacies; a review of Information and digital literacies; a review of concepts. In Journal of Documentation Journal Journal of Documentation Cooper (Vol. 57, Issue 2). Olsen and Coons. http://hdl.handle.net/10150/105803
Cahyaningtyas, A. W., & Sutarto, J. (2021). Implementasi Muatan Lokal pada Pembelajaran Program Paket C. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(2), 170–178. https://doi.org/10.15294/pls.v5i2.39793
Hermawati, Eliza, & Utami, S. (2020). Manajemen Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Alokasi Dana Desa Di Kenagarian Aia Manggih Kecamatan Lubuk Sikaping. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 11(1), 68–88. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/tathwir
Khasanah, U., & Herina. (2019). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019, 999–1015. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2662
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Sundermann: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18
Makleat, N., Syukur, A., & Ndewi, A. D. (2022). Pengelolaan Metode Pembelajaran Mandiri bagi Warga Belajar Program Kesetaraan Kejar Paket C di PKBM Bintang Flobamora Kupang. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 9(2), 203–210. https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.4958
Maulana, R., & Simanjorang, R. M. (2021). Implementasi Kriptografi Untuk Pengamanan Data Pribadi Siswa SMA Swasta Jaya Krama Beringin Dengan Algoritma RC4. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, 4(6), 377–383. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/93037611/3533-8058-1-PB-libre.pdf?1666711020=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DImplementasi_Kriptografi_Pengamanan_Data.pdf&Expires=1698481402&Signature=WkaIB0oD2-HPwSt5bC7Oy3QFgXJT9xtQqcY0QYHfUKQd6KIk~EIGQaLFtjsrWI-BHzTiQxE6eGoUQlBVdQHErnKYuIUmCMKeJedkAh9m9bueAi9z17YZzy-dMXmZv7M~38bGeDdkG5h5JBK1kqI-dUvriDedqOR~FnQ4CQDczcYFgTKzy33BpsRBgR6CBQ6wpQALVvkiFVmqPY1UG4jKJzW0tpFuP-DC-iUOpFCOuorNw6~YDSvfrwuI-7~4lfvP2iQMrkKbPstQeEzVThCyo~9V9Kk0rgnw4xtJ8MTb~SsSoH1jr5TrT~jYE64cWZQuSi0UPy0SOUWONr1pNiVnuA__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA
Nasionalita, K., & Nugroho, C. (2020). Indeks Literasi Digital Generasi Milenial di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 32–47. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/3075
Roziqin, Z. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Sekolah Unggul. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 44–56. https://doi.org/10.1088/1742
Rumetna, M. S., & Lina, T. N. (2022). Dampak Teknologi Informasi Bagi Generasi Milenial Di Gki Efata Malanu Kota Sorong. Abdimas Unwahas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Unwahas, 7(1), 45–52. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/ABD/article/view/6561/4055
Schlechtendahl, J., Keinert, M., Kretschmer, F., Lechler, A., & Verl, A. (2015). Making existing production systems Industry 4.0-ready: Holistic approach to the integration of existing production systems in Industry 4.0 environments. Production Engineering, 9(1), 143–148. https://doi.org/10.1007/s11740-014-0586-3
Setiono, B. A. (2019). Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 9(2), 179. https://doi.org/10.30649/jurapk.v9i2.67
Sidik, A., Setyawan, A. H., Kholifatunnisa, & Hanifa, S. N. (2022). Pengenalan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Menambah Wawasan Dan Kemampuan Belajar Siswa Di Era Globalisasi. Jurnal Pengabdian Global, 1(1), 12–15. https://journal.global.ac.id/index.php/JPEG/article/view/455
Suhing, R., Lumolos, J., & Kumayas, neni. (2020). Koordinasi Pemerintah Kecamatan dalam Mengatasi Konflik di Kelurahan Imandi dan Desa Tambun Kecamatan Dumoga Timur. Eksekutif: Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 2(5). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/29459
Syaodih, E., & Wulansari, R. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Peta Menggunakan Metode Pembelajaran Bervariasi. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(2), 84–89. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/246