Pelatihan Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Online Virtual Manipulative│Mathematical Modelling bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Tegaldlimo-Banyuwangi

Training on the Application of Differentiated Learning Assisted by online Media Virtual Manipulative│Mathematical Modeling for Elementary School Teachers in Tegaldlimo-Banyuwangi District

Keywords: pembelajaran berdiferensiasi, Sekolah Dasar, virtual manipulative

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi sangat disarankan oleh pemerintah untuk diterapkan pada kurikulum merdeka. Selain itu, penggunaan teknologi dalam pembelajaran juga sangat ditekankan pada kurikulum merdeka. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru sekolah dasar terkait penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media Online Virtual Manipulative│Mathematical Modelling. Guru diberikan informasi terkait penggunaan media Online Virtual Manipulative│Mathematical Modelling sehingga dapat membantu guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan berbasis teknologi. Metode yang digunakan yaitu metode pendekatan fungsional, pelatihan, dan pendampingan. Pada awal pengabdian, belum ada satupun guru yang mengetahui terkait media pembelajaran Online Virtual Manipulative│Mathematical Modelling dan penggunaannya, namun setelah dilakukan pendampingan dan monitoring evaluasi pada kurun waktu empat bulan menunjukkan hasil yang signifikan dan mencapai angka 94%. Guru-guru sangat antusias dan semangat dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi dengan berbantuan media pembelajaran Online Virtual Manipulative│Mathematical Modelling sesuai dengan materi dan jenjang kelas yang diajarkan.

 

Differentiated learning is highly recommended by the government to be implemented in the independent curriculum. Apart from that, the use of technology in learning is also highly emphasized in the independent curriculum. Therefore, this service activity aims to provide training and assistance to elementary school teachers regarding the application of differentiated learning assisted by Online Virtual Manipulative│Mathematical Modeling media. Teachers are given information regarding the use of online virtual manipulative│Mathematical Modeling media so that it can help teachers in implementing technology-based differentiated learning. The methods used are the functional approach, training, and mentoring. At the start of the service, not a single teacher knew about the online learning media Virtual Manipulative│Mathematical Modeling and its use, but after mentoring and monitoring, evaluation over a period of four months showed significant results and reached 94%. The teachers are very enthusiastic and enthusiastic in implementing differentiated learning with the help of the online learning media Virtual Manipulative│Mathematical Modeling according to the material and class level being taught.

References

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.

Anggara, B., Gasanti, R., & Jumadi, A. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Matematika di Majalengka melalui Pelatihan Pengembangan Desain Didaktis Berbasis Cerita Rakyat. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 2(1), 41–53.

Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2). https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4230

Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2023). Peningkatan Pengetahuan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka untuk Kemampuan Berfikir Kritis dan Reflektif Matematis Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 182–197. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i1.711

Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Puspitasari, I., Wibawa, S. A., & Fajri, M. R. (2022). Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Abdimas, 1, 111–119. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1039/

Ramli, M., Widoretno, S., Dwiastuti, S., Sugiharto, B., Prayitno, B. A., Mumpuni, K. E., Prabowo, C. A., Auliananda, S. S., Basuki, Z. A. Y., & Ciptaningrum, P. A. (2023). Peningkatan Pemahaman Penyusunan RPP dan Asesmen Berbasis Learning Progression bagi Guru Biologi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 338–349. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i2.357

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menggunakan Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta: Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 1941–1954.

Sugiri, W. A., & Priatmoko, S. (2020). Persprektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi dalam Merdeka Belajar. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 53. https://doi.org/10.30736/atl.v4i1.119

Usmeldi, U., Amini, R., & Darni, R. (2023). Pelatihan Pembuatan E-Modul Interaktif berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru SD dan SMP di Kapau Kabupaten Agam. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 614–622. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i3.345

Veronica, A. R. (2023). Penguasaan TPACK & Kemampuan Abad 21 Bagi Guru Sekolah Dasar dalam Perspektif Kurikulum Merdeka. Jurnal Cakrawala, 1(1), 18–26. https://journal.stitmubo.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/19/15

Wahono, T. (2022). Penguatan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Agama Hindu Pada Sistem Pembelajaran Blok Implementasi Merdeka Belajar. Widya Aksara Jurnal Agama Hindu, 27(2), 175–183.

Wiryanto, W., Veronica, A. R., Budiyono, B., Suprayitno, S., & Indrawati, D. (2023). Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Matematika SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 607–613. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i3.330

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Published
2024-05-19
How to Cite
Wiryanto, W., & Veronica, A. R. (2024). Pelatihan Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Online Virtual Manipulative│Mathematical Modelling bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Tegaldlimo-Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(2), 527-533. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i2.778

Most read articles by the same author(s)