Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Tag Lokasi Usaha Berbasis Google Maps sebagai Upaya Promosi UMKM di Kota Ambon
Training and Mentoring for Creating Business Location Tags on Google Maps to Promote MSME in Ambon City
Abstract
Pengembangan UMKM agar dapat diketahui masyarakat luas seringkali diperhadapkan dengan keterbatasan akibat minimnya pengetahuan dan promosi, terlebih promosi yang dilakukan para pelaku UMKM hanya terbatas dari mulut ke mulut saja dan para pembeli juga hanya berasal dari masyarakat sekitar. Padahal optimalisasi UMKM dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Google Maps sebagai sarana promosi yang efektif dan efisien. Untuk itu tujuan dari pelaksanaan PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) adalah melatih dan mendampingi mitra UMKM dalam membuat titik-titik (tag) lokasi usaha berbasis Google Maps sebagai upaya promosi. Metode PkM yang dilakukan adalah pelatihan yang disampaikan dengan metode ceramah. Dimana, kegiatan pelatihan dan demonstrasi digunakan untuk memberikan pemahaman dan contoh kepada mitra UMKM tentang pemanfaatan Google Maps sebagai sarana promosi usaha yang dilaksanakan pada 13-17 Oktober 2023. Kegiatan PkM ini bertempat di aula kantor kelurahan Rijali, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon dengan dihadari peserta sebanyak 25 orang mitra UMKM di wilayah kelurahan Rijali. Hasil Pengabdian yang dilakukan terdapat peningkatan kemampuan dalam melakukan promosi melalui penggunaan Google Maps. Dampak setelah dilaksanakannya pelatihan adalah peningkatan pengetahuan mitra UMKM dalam penggunaan aplikasi Google Maps dibandingkan skor pretest. Luaran Pengabdian yang dilakukan adalah mitra UMKM sudah masuk Google Maps.
Efforts to promote micro, small, and medium enterprises (MSME) are frequently limited by the knowledge on promotion, particularly because they rely on the word of mouth and the customers are the nearby communities. In fact, advertising on Google Maps is a powerful way to attract more customers. For this reason, the Community Service (Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)) aims to train and mentor MSME partners in Rijali Village, Sirimau District, Ambon City in developing Google Maps-based business location tags for promotional purposes, delivered through lectures with elaborated explanation and demonstration. There was a total of 25 MSME partners participated in these PkM activities which took place on October 13 – 17, 2023. After the training and mentoring, there is an increase in the MSME partners’ knowledge and promotion skills using Google Maps compared to their pre-test score. The PkM output results in the MSMEs in Rijali Village being tagged on Google Maps.
References
Anshori, M. F., & Nurohman, D. (2022). Efektivitas Penyediaan Internet Desa Untuk Peningkatan Promosi UMKM Di Temenggungan Udanawu Blitar. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(9), 2245–2258. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i9.2191
Aushafina, N. H., & Wikartika, I. (2023). Pendampingan Digitalisasi Marketing Desa Kebondalem melalui Aplikasi Google Maps: Upaya Meningkatkan Pengembangan UMKM. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 477-483. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i3.366
Avriyanti, S. (2021). Strategi Bertahan Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19 dengan Memanfaatkan Bisnis Digital (Studi Pada UKM yang Terdaftar Pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Tabalong). PubBis : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 5(1), 60–74. https://doi.org/10.35722/pubbis.v5i1.380
BPS. (2023). Kota Ambon Dalam Angka. Maluku: Badan Pusat Statistik Kota Ambon.
Dahlifah, D., Lovitas, E., Sunarsih, U., Noormansyah, I., & Prabantoro, G. (2023). Sustainability Reporting: Membangun Ekonomi Keberlanjutan Melalui Peningkatan Kualitas UKM Binaan Pemerintah Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(4), 889–900. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i4.542
Firdaus, R. (2021). Strategi Bertahan dan Promosi UMKM Dimasa Pandemi COVID 19 (Studi Kasus Pada Batik Melayu Pinang Sirih Kota Pangkalpinang). JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 7(1), 102–114.
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39
Hamidah, H. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Google Map bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Kalisat, Rembang, Pasuruan. AMALIYYA: Community Empowerment and Development Journal, 1(1), 70–81.
Harahap, E. F., Luviana, L., & Huda, N. (2020). Tinjauan Defisit Fiskal, Ekspor, Impor Dan Jumlah UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 151–161. https://doi.org/DOI : 10.22216/jbe.v5i2.4907
Husain, T. K., Robbo, A., Amri, A. A., & Maskar, R. (2023). Penerapan Profil Bisnis Google untuk Meningkatkan Visibilitas Online UMKM Kerang Celebes. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 303–310. https://doi.org/10.54082/ijpm.210
Ikerismawati, S., Sholiha, I., & Hardiyanti, S. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Google Maps dan Whatsapp Bisnis Sebagai Media Digital Marketing Bagi UMKM di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1294–1302. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3139
Insani, S. F., Syahrial, Y., & Putra, A. P. (2022). Optimalisasi Aplikasi Google Maps sebagai Alternatif Media Promosi pada UMKM di Shelter Taman Sriwedari. Warta LPM, 25(1), 44–56. https://doi.org/10.23917/warta.v25i1.596
Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. Journal of Applied Business and Economic (JABE), 9(2), 184–204. https://doi.org/10.30998/jabe.v9i2.13703
Pambudi, M. S., Wiska, M., Purwanto, K., & Gusteti, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Google Maps Sebagai Sarana Promosi Terhadap Penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Nagari Koto Padang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 1562–1571. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5024
Permana, T., & Puspitaningsih, A. (2021). Studi Ekonomi Digital Di Indonesia. Jurnal Simki Economic, 4(2), 161–170. https://doi.org/10.29407/jse.v4i2.111
Rindiyani, Nuzuli, A. K., & Oktaviana, W. (2023). Penggunaan Aplikasi Google Maps Sebagai Media Promosi UMKM di Nagari Batang Arah Tapan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 246–250. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.155
Sukamdani, N. B., & Istuningsih, W. (2018). Perancangan Strategi E-Commerce Berbasis Website Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus “Songketkito” Kain Khas Palembang). Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(1).
Triwardhani, D., Aryani, L., & Suciati, R. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penguatan Promosi Menggunakan Sarana Medsos di UMKM Kelurahan Pasar Keong Kabupaten Lebak, Rangkasbitung. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4). https://doi.org/10.30653/002.202164.1059