Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru Kimia di Kabupaten Melawi Kalimantan Barat

Training on Developing Educational Media for Chemistry Teachers in Melawi Regency, West Kalimantan

Keywords: media, media online, pelatihan, pendampingan, sumber belajar mengajar

Abstract

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para guru kimia di kabupaten Melawi dalam merancang, memilih, dan menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran di kelas. Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan dapat membekali guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, menarik dan efektif bagi peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah kabupaten Melawi pada tanggal 26 Juli 2023 melalui workshop dan pendampingan. Ke giatan ini diikuti oleh 13 orang guru Kimia dari SMA/SMK yang ada di Nanga Pinoh, kabupaten Melawi. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi dua bagian, bagian pertama fokus pada pembuatan modul berbasis Problem Based Learning (PBL), sedangkan bagian kedua fokus pada penggunaan/pemanfaatan media atau aplikasi online. Berdasarkan hasil evaluasi, dapat disimpulkan bahwa peserta antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan dan memberikan respon positif terhadap kegiatan pelatihan. Semua peserta menyatakan bahwa kegiatan pelatihan sangat berg una dan mudah diaplikasikan sehingga dapat membantu guru dalam merancang dan menyiapkan kegiatan belajar mengajar.

 

This training activity aims to enhance the skills of chemistry teachers in Melawi Regency in designing, selecting, and utilizing appropriate teaching media for classroom instruction. Additionally, this training is also expected to equip teachers to create a more interactive, engaging, and effective learning environment for students. The activity took place at SMA Muhammadiyah in Melawi Regency on July 26, 2023, through workshops and mentoring. Thirteen chemistry teachers from various high schools and vocational schools in Nanga Pinoh, Melawi Regency, participated in this training. The training was divided into two parts, with the first part focusing on the development of Problem-Based Learning (PBL)-based modules, while the second part emphasized the use of online media or applications. Based on the evaluation results, it can be concluded that participants were enthusiastic about the training and provided positive feedback. All participants stated that the training was highly beneficial and easily applicable, helping teachers in designing and preparing effective teaching and learning activities.

References

Artha, D. J., Sari, A. W., & Febriyana, M. (2023). Pendampingan Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Visual Kinesthetic Learner di Sekolah Abdi Negara Binjai. JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 29(1), 52–55.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Barovih, G., Sugara, E. P. A., & Nurussama. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Sebagai Media Bantu Edukasi Agama Islam Untuk Anak Usia Dini. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 150–158. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3339

Emborgo, I. H. B., Dela Cruz, A. S., Barnayha, A. S. P., Quita, M. J. C., Taña, R. J. G., Toke, R. U., & Come, G. B. (2024). Improving Students' Conceptual Understanding in Chemistry Through Structured Inquiry-Based Learning. Ignatian International Journal for Multidisciplinary Research, 2(6), 421–430. https://doi.org/10.5281/zenodo.11480193

Fatria, F., & Listari. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 138–144.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 181–188.

Handhika, J. (2012). Efektivitas Media Pembelajaran IM3 ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 109–114. http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii

Jelatu, S., Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Makur, A. P., Ningsi, G. P., & Sugiarti, L. (2020). Penguatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui Penggunaan Dynamic Geometry Software dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 1025–1034. https://doi.org/10.30653/002.202054.400

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–106. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105

Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Educationbagi Guru Bahasa di Kota Palembang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171–180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340

Nurmaulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online dalam Pemahaman dan Minat Belajar Siswa pada Konsep Pelajaran Fisika. ORBITA; Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika , 6(2), 248–251.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal MISYKAT, 03, 171.

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173–181. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Putri, Y. D., Elvia, R., & Amir, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 5(2), 168–174.

Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960–6966. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433

Sadiman, A. S. (2008). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Rajawali Press.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Cruz, A. S. Dela, Hannah, I., Emborgo, B., Stephanie, A., Barnayha, P., & Boiser, G. (2024). Improving Students ’ Conceptual Understanding In Chemistry Through Structured Inquiry-Based Learning. Ignatian Internasional Journal for Multidisciplinary Research, 2(June). https://doi.org/10.5281/zenodo.11480193

Jelatu, S., Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Makur, A. P., Ningsi, G. P., & Sugiarti, L. (2020). Penguatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui Penggunaan Dynamic Geometry Software dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 1025–1034. https://doi.org/10.30653/002.202054.400

Wiryanto, W., & Veronica, A. R. (2024). Pelatihan Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Online Virtual Manipulative│Mathematical Modelling bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Tegaldlimo-Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(2), 527–533. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i2.778

Published
2025-03-03
How to Cite
Erlina, E., Hairida, H., Enawaty, E., Sahputra, R., Masriani, M., Muharini, R., Junanto, T., Ulfah, M., Ifriani, A., Rasmawan, R., Lestari, I., & Sasri, R. (2025). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru Kimia di Kabupaten Melawi Kalimantan Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 10(1), 107-118. https://doi.org/10.30653/jppm.v10i1.998