PROFESIONALISME GURU AL-QUR’AN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-IZZAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan membuktikan tentang profesionalisme guru Al-Qur’an yang mengajar di SDIT Al-Izzah Serang Banten. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan menyusun data, mengorganisasikan dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun pola, memilih yang penting dan membuat simpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru SDIT Al-Izzah Serang sudah baik dalam aspek penguasaan landasan ilmu pengetahuan kependidikan, penyusunan program pengajaran, pelaksanaan program pengajaran, penilaian hasil dan proses belajar mengajar, penyelenggaraan administrasi sekolah, layanan bimbingan dan konseling, persepsi terhadap diri sendiri, penilaian guru terhadap diri, keyakinan terhadap diri dan orang lain, kepribadian, kedisiplinan dan kesejahteraaan guru. Sementara itu, aspek kelemahan terletak pada guru yang tidak khusus, penguasaan bahan pengajaran dan kemampuan membaca dan menyampaikan baik aspek makharijul huruf, sifatul huruf dan keseragaman cara pengajaran