the Pengenalan Marketing Digital dalam Inovasi Produk Turunan Kelapa untuk Meningkatkan Nilai Jual dan Omset pada Masyarakat Manglid Kecamatan Cibitung

Introduction of Digital Marketing Coconut Derivative Product Innovation to Increase Sales Value and Turnover in The Manglid Community, Cibitung District

  • Verliani Dasmaran Universitas Mathla'ul Anwar
  • Surahman Surahman Universitas Mathla'ul Anwar
  • Masitoh Masitoh Universitas Mathla'ul Anwar
  • Taryanto Taryanto Universitas Mathla'ul Anwar
  • Sanusi Sanusi Universitas Mathla'ul Anwar
Keywords: Digital marketing, produk turunan kelapa, kemasan produk

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk mengenalkan digital marketing sebagai sarana promosi penjualan pada produk turunan kelapa sebagai inovasi pada komoditas penghasil kelapa pada daerah Manglid kecamatan Cibitung. Metode pengenalan digital marketing dengan cara memberikan pemaparan tentang pentingnya penjualan dengan online dan bagaimana sistemnya, selain itu tim PKM bekerja sama dengan mahasiswa KKN di desa manglid untuk melakukan pendampingan tentang implementasinya. Sasaran kegiatan adalah masyarakat yang memiliki kebun kelapa yang biasanya menjual kelapa langsung dengan harga rendah, dengan memberikan pengetahuan mengolah kelapa menjadi produk makanan siap jual untuk meningkatkan nilai jual kelapa sebagai komoditas asli dari Desa Manglid, Kecamatan  Cibitung. Sehingga diakhir kegiatan masyarakat terbekali dengan pengetahuan produk turunan kelapa yang siap jual dengan sistem penjualan online dengan tehnik Digital marketing untuk meningkatkan pendapatan masyarakat secara global. Serta mendesainkan packaging yang baik untuk penjualan secara online.

 

The aim of this community service activity is to introduce digital marketing as a means of promoting sales of coconut derivative products as an innovation in coconut producing commodities in the Manglid area, Cibitung district. The method for introducing digital marketing is by providing an explanation about the importance of online sales and how the system works. Apart from that, the PKM team collaborates with KKN students in Manglid village to provide assistance regarding its implementation. The target of the activity is people who have coconut plantations who usually sell coconuts directly at low prices, by providing knowledge of processing coconuts into ready-to-sell food products to increase the selling value of coconuts as a native commodity from Manglid Village, Cibitung District. So that at the end of the activity, the community is equipped with knowledge of coconut derivative products that are ready to be sold using an online sales system with digital marketing techniques to increase community income globally. And design good packaging for online sales.

References

Alouw, J. C., & Wulandari, S. (2020). Present status and outlook of coconut development in Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 418(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/418/1/012035

Apriyanto, M. (2019). Coconut Commodities Training And Association Processes. Jppm Lpip Ump, 3(2), 179–183.

Attar, R. W., Almusharraf, A., Alfawaz, A., & Hajli, N. (2022). New Trends in E-Commerce Research: Linking Social Commerce and Sharing Commerce: A Systematic Literature Review. Sustainability (Switzerland), 14(23). https://doi.org/10.3390/su142316024

Dai, S. I. S., & Asnawi, melan A. (2018). Analisis Pengembangan Produk Turunan Kelapa Di Provinsi Gorontalo. Frontiers: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(April 2018). https://doi.org/10.36412/frontiers/001035e1/april201801.02

Dirgantara, G. (2024). Perkebunan Kepala dalam Andalan Ekonomi Petani Banten. https://banten.antaranews.com/berita/21281/perkebunan-kelapa-dalam-andalan-ekonomi-petani-banten

Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. D. E., Handoko, A. L., Putra, R. S., Wijoyo, H., Ari-Yanto, A., & Jihadi, M. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of indonesian smes. International Journal of Data and Network Science, 6(1), 37–44. https://doi.org/10.5267/J.IJDNS.2021.10.006

Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10

Idayu, R., Husni, M., & Suhandi, S. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 73. https://doi.org/10.35906/jm001.v7i1.729

Jundu, R., Jelatu, S., Nendi, F., Makur, A. P., & Raga, P. (2023). Dampingan Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Guru SMP Menggunakan Aplikasi Videoscribe. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 713–720. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i3.438

Kim, J., Kang, S., & Lee, K. H. (2021). Evolution of digital marketing communication: Bibliometric analysis and network visualization from key articles. Journal of Business Research, 130(November 2018), 552–563. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.09.043

Li, Z. (2022). Accurate Digital Marketing Communication Based on Intelligent Data Analysis. Scientific Programming, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/8294891

Pamungkas, I. B., Rodiyana, N., & Praditya, A. (2024). Praxis : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat di era digital bagi pelaku UMKM. 4(1), 1–4.

Parisi, S., Parisi, C., & Varghese, S. M. (2024). Value Addition and Coconut-Based Beverages: Current Perspectives. Beverages, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.3390/beverages10010014

Prasetyo, E., Utami, P., & Aulia Amanda, T. (2021). Perancangan Model Tata Kelola Kolaboratif Dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Perdesaan di Kabupaten Pandeglang. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 7(3), 276–296. https://doi.org/10.26618/kjap.v7i3.6298

Shankar, V., Grewal, D., Sunder, S., Fossen, B., Peters, K., & Agarwal, A. (2022). Digital marketing communication in global marketplaces: A review of extant research, future directions, and potential approaches. International Journal of Research in Marketing, 39(2), 541–565. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2021.09.005

Teguh, M., Dumais, M. A. O., Wijaya, C. T., Torsten, P., & Vera, A. (2023). Digital Marketing Communication Activities on Online Magazine Gettinlow. Journal International Dakwah and Communication, 3(1), 1–21. https://doi.org/10.55849/jidc.v3i1.196

Published
2024-09-05
How to Cite
Dasmaran, V., Surahman, S., Masitoh, M., Taryanto, T., & Sanusi, S. (2024). the Pengenalan Marketing Digital dalam Inovasi Produk Turunan Kelapa untuk Meningkatkan Nilai Jual dan Omset pada Masyarakat Manglid Kecamatan Cibitung. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(3), 830-837. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i3.1005