Pelatihan Membaca Berita Berbahasa Inggris Online Berbantuan Aplikasi AI Sederhana

Training on Reading Online English News using Simple AI Applications

  • Surya Asra Universitas Samudra
  • Rahmiati Rahmiati Universitas Samudra
  • Fadlia Fadlia Universitas Samudra
  • Evi Zulida Universitas Samudra
  • Aina Mawaddah Universitas Samudra
Keywords: AI, aplikasi sederhana, bahasa Inggris, membaca berita

Abstract

. Literasi dasar termasuk membaca merupakan kompetensi penting untuk membangun kompetensi yang lain. Diketahui bahwa literasi membaca siswa Indonesia masih rendah, baik dari hasil Programme for International Student Assessment (PISA) maupun Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Oleh sebab itu, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam membaca dan berpikir kritis. PKM ini dilaksanakan menggunakan metode campuran/kombinasi dengan teknik ceramah-diskusi dan peragaan-praktek. PKM ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Idi Rayeuk Aceh Timur. Pesertanya adalah siswa SMA kelas XII (tingkat akhir) berjumlah 52 orang yang terdiri atas 22 laki-laki dan 30 perempuan. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dilaksanakan dalam lima sesi: (1) kuesioner pra-pembekalan; (2) seminar motivasi membaca dan berpikir kritis; (3) workshop penggunaan aplikasi AI sederhana untuk membaca; (4) diskusi; dan (5) kuesioner pasca-pembekalan. Hasil PKM ini menunjukkan perubahan sikap yang positif dari peserta pelatihan terhadap literasi membaca dan berpikir kritis. Hal ini ditunjukkan dari perbedaan hasil kuesioner sikap siswa antara jawaban pra-pembekalan dan pasca pembekalan. Siswa bersikap netral terhadap kebiasaan membaca, terutama membaca bahan bacaan berbahasa Inggris sebelum pembekalan. Setelah pembekalan, siswa mengalami perbaikan persepsi menjadi lebih yakin bahwa kebiasaan membaca dan bacaan berbahasa Inggris harus mereka sukai di masa depan. Selain itu, siswa juga terlihat sangat antusias dalam berlatih menggunakan aplikasi AI sederhana untuk membaca berita online berbahasa Inggris. Implikasi dari kegiatan ini adalah guru dapat memotivasi siswa untuk lebih banyak membaca, baik bahasa Indonesia maupun Inggris.

 

Basic literacy including reading is an important competency to build other competencies. However, the reading literacy of Indonesian students is still low, both reports of Programme for International Student Assessment (PISA) and Minimum Competency Assessment (AKM). Therefore, this community service program aimed at increasing students' motivation in reading. The program used a mixed method with techniques of lecturing-discussion and demonstration-practice. It was conducted at SMA Negeri 1 Idi Rayeuk, East Aceh. The participants were high school students of class XII totaling 52 people consisting of 22 male and 30 female. This activity was carried out in five sessions: (1) pre-training questionnaire; (2) seminar on reading and critical thinking; (3) workshop on using simple AI applications for reading; (4) discussion; and (5) post-training questionnaire. The result showed a positive change in the attitude of the trainees towards reading literacy and critical thinking. It was shown by the difference in the results of the students’ views between the pre-training and post-training. Students stated that they were neutral towards reading habits, especially reading in English before the briefing. After the briefing, students experienced an improvement in their perception and became more confident that they should like reading and also reading in English in the future. In addition, students were enthusiastic in training on simple AI applications for reading. The implication indicates that teachers should motivate students to read more, both in Indonesian and English.

Author Biography

Aina Mawaddah, Universitas Samudra

Aina Mawaddah is a student at the English Language Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) Universitas Samudra. 

References

Asra, S. (2016). Using L1 retelling strategy to improve students’ comprehension in reading narrative text. In UNNES International Conference on ELTLT (English Language Teaching, Literature, and Translation), (pp. 685-692).

Asra, S., & Effendi, D. I. (2020). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kelas pengajaran Bahasa. In Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan, 1(1), 490-496.

Asra, S., Rahmiati, R., Chairuddin, C., Isda, I. D., & Fadhila, S. (2024). Pelatihan Pembuatan Platform Ajar Online Terintegrasi Game Edukatif untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 489-498.

Bartlett, L. (2008). Literacy's verb: Exploring what literacy is and what literacy does. International Journal of Educational Development, 28(6), 737-753.

Bissonnette, M., Chastenay, P., & Francoeur, C. (2021). Exploring Adolescents' Critical Thinking Aptitudes When Reading about Science in the News. Journal of Media Literacy Education, 13(1), 1-13.

Fadlia, F., Nucifera, P., Zulida, E., Altasa, F. R., Asra, S., & Rahmiati, R. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Berbasis Academic Writing untuk Calon Guru Berprestasi. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 5(3), 270-275.

Hamdani, E. N. (2018). Metode pelatihan training for trainer PPM manajemen. Jakarta: Balai Pendidikan dan Pelatihan Aparatur, Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan.

Hidayah, L. (2017). Implementasi budaya literasi di sekolah dasar melalui optimalisasi perpustakaan: Studi kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. JU-Ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 1(2), 48-58.

Isda, I. D., Imran, I., Purwati, P., & Rahmiati, R. (2021). The effectiveness of google classroom in teaching English during Covid-19 at SMA N 1 M. Payed. Journal of Research on English and Language Learning (J-REaLL), 2(1), 54-60.

Keefe, E. B., & Copeland, S. R. (2011). What is literacy? The power of a definition. Research and practice for persons with severe disabilities, 36(3-4), 92-99.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi [Kemdikbudristek]. (2022a). Laporan PISA 2022. Kemdikbudristek. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/22757b5763ef50c.

Kemdikbudristek. (2022). Apa Saja Keterampilan yang Harus Dimiliki di Abad ke-21 Ini?. Direktorat Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemdikbudristek. Diakses dari https://ditsmp.kemdikbud.go.id/apa-saja-keterampilan-yang-harus-dimiliki-di-abad-ke-21-ini/.

Kemdikbudristek. (2022). Tujuan Program Kampus Mengajar. Pusat Informasi Kampus Merdeka. Jakarta: Kemdikbudristek. Diakses dari https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/28966442335257-Tujuan-Program-Kampus-Mengajar.

Ku, K. Y., Kong, Q., Song, Y., Deng, L., Kang, Y., & Hu, A. (2019). What predicts adolescents’ critical thinking about real-life news? The roles of social media news consumption and news media literacy. Thinking Skills and Creativity, 33, 100570.

Lin, S. S. (2014). Science and non-science undergraduate students’ critical thinking and argumentation performance in reading a science news report. International Journal of Science and Mathematics Education, 12, 1023-1046.

Oliveras, B., Márquez, C., & Sanmartí, N. (2013). The use of newspaper articles as a tool to develop critical thinking in science classes. International Journal of Science Education, 35(6), 885-905.

Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). (2019). PISA. PISA Publication; 2019. Diakses dari https://www.oecd.org/pisa/publications/

Saefullah, H. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Google Translate dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 37-44.

Safura, S., Farsia, L., Nisa, R., Helmanda, C. M., Sarair, S., Trisnawati, I. K., & Netta, A. (2023). Literasi Bahasa Inggris Menggunakan Flash Card Untuk Anak-Anak Gampong Lam Raya, Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(4), 918-924.

Wiyanah, S., Ningsih, S. C., Syahruzah, J. K., & Irawan, R. (2023). Penggunaan Technology Information sebagai Media Pembelajaran Berbahasa Asing Remaja Masjid. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(4), 972-982.

Published
2025-03-08
How to Cite
Asra, S., Rahmiati, R., Fadlia, F., Zulida, E., & Mawaddah, A. (2025). Pelatihan Membaca Berita Berbahasa Inggris Online Berbantuan Aplikasi AI Sederhana . Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 10(1), 209-220. https://doi.org/10.30653/jppm.v10i1.1148

Most read articles by the same author(s)