Inovasi Ramah Lingkungan: Pengolahan Tebu Menggunakan Metode Zero Waste sebagai Langkah Menuju Sekolah Hijau di Pontianak

Environmentally Friendly Innovation: Sugarcane Processing Using Zero Waste Method as a Step to Green Schools in Pontianak

  • Yuni Andriani Universitas PGRI Pontianak
  • Gala Krespo Universitas PGRI Pontianak
  • Wulan Wulan Universitas PGRI Pontianak
  • Marselina Alisa Lestari Universitas PGRI Pontianak
  • Manda Liyana Zakiah Universitas PGRI Pontianak
  • Nawawi Nawawi Universitas PGRI Pontianak
Keywords: kompos, limbah tebu, sekolah hijau, zero waste

Abstract

SMAS Islam Bawari di Kota Pontianak menghadapi keterbatasan dalam mengelola sampah organik meski memiliki potensi sumber daya seperti limbah ampas tebu yang mudah ditemukan di depan lingkungan sekitar karena banyaknya penjual es tebu di dekat sekolah. SMAS Islam Bawari Kota Pontianak memiliki 21 guru dan 14 rombongan belajar sehingga menghasilkan sampah dalam jumlah yang cukup banyak. Program Pengabdian Masyarakat yang telah dilakukan oleh Tim PKM-PM Program Studi Pendidikan Biologi ini bertujuan untuk menerapkan metode zero waste dengan mengolah limbah ampas tebu menjadi kompos yang ramah lingkungan, sekaligus meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan peserta didik dan guru. Metode yang digunakan adalah workshop, yang meliputi pelatihan tentang metode zero waste, evaluasi dilakukan melalui angket peserta didik, dan pendampingan dalam praktik pengolahan limbah dan pembuatan modul P5. Program ini berhasil meningkatkan kesadaran lingkungan dan pemanfaatan sampah menjadi barang bernilai serta penghijauan sekolah. Pelaksanaan metode zero waste di SMAS Islam Bawari berhasil memberikan manfaat edukatif dan lingkungan, dengan limbah ampas tebu diolah menjadi kompos yang bermanfaat bagi sekolah, serta menambah wawasan peserta didik dan guru tentang pengolahan sampah organik. Program zero waste ini memiliki potensi untuk terus berkembang dan memberikan dampak jangka panjang di SMAS Islam Bawari.

 

SMAS Islam Bawari in Pontianak City faces limitations in managing organic waste even though it has potential resources such as bagasse waste that is easy to find in front of the surrounding environment, due to the large number of sugarcane ice sellers near the school. SMAS Islam Bawari Pontianak City has 21 teachers and 14 study groups, so it produces a large amount of waste. The Community Service Program that has been carried out by the PKM-PM Team of the Biology Education Study Program aims to apply the zero waste method by processing bagasse waste into environmentally friendly compost, as well as increasing environmental awareness among students and teachers. The method used is a workshop, which includes training on the zero waste method, evaluation is carried out through student questionnaires, and assistance in waste treatment practices and the creation of P5 modules. This program has succeeded in increasing environmental awareness and the use of waste into valuable goods as well as school greening. The implementation of the zero waste method at SMAS Islam Bawari has succeeded in providing educational and environmental benefits, with bagasse waste being processed into compost that is beneficial for the school, as well as increasing the insight of students and teachers about organic waste processing. This zero waste program has the potential to continue to grow and have a long-term impact on SMAS Islam Bawari.

Author Biographies

Yuni Andriani, Universitas PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Biologi

Gala Krespo, Universitas PGRI Pontianak

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

Wulan Wulan, Universitas PGRI Pontianak

IKIP PGRI Pontianak

References

Candy, F., Daniesa, N., Zahra, N. A., Putri, A. K., Safitri, D., Safitri, E., Iqlima, S., Larosa, E. H., Tarina, D. D. Y., Nurjanah, N., & Manalu, R. (2023). Edukasi Pemilahan dan Pengolahan Sampah Bersama SDN Jatinegara 10 Pagi. Madani : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 73–83. https://doi.org/10.53834/mdn.v9i2.6857

Elvania, N. C., Margianti, Y. S., Abrori, A. N., Duanda, A., & Asriva, H. (2023). Pemanfaatan Ecobrick Sebagai Media Pembelajaran Pengelolaan Sampah Plastik. Surya Abdimas, 7(4), 696–703. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i4.3433

Fathurrahman, F., Kumalasari, D., Susanto, H., Nurholipah, N., & Saliman, S. (2022). Implementasi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 13038–13044.

Junedi, H., Listyarini, D., Endriani, Sunarti, & Wiskandar. (2022). Internalisasi Karakter Peduli Lingkungan Melalui Manajemen Sampah Berasis 6R. Jpkm, 28(1), 75–80. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34555

Kurniawati, N., Ariska, F. M., & Mangiring, W. (2024). Modifikasi Pengolahan Limbah Kotoran Sapi Melalui Pemberdayaan Karang Taruna di Desa Astomulyo Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(3), 613–620. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i3.696

Lando, A. T., Arifin, A. N., Rahim, I. R., Sari, K., Djamaluddin, I., Damayanti, A. D., & Jihadi, A. (2022). Sosialisasi Pemilahan Sampah kepada Siswa Kelas 1 SDIT Ikhtiar - Makassar. Jurnal Tepat (Teknologi Terapan Untuk Pengabdian Masyarakat), 5(1), 45–59.

Lestari, S., Astuti, Y., & Suciati, R. (2021). Konsep Zero Waste Di Sekolah: Pengolahan Sisa Organik Rumah Tangga Sebagai Sumber Panganan Alternatif. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2423–2432. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5270

Lubis, I., & Iriani, F. (2023). Pengembangan Program Edukasi Lingkungan Untuk Keberlanjutan di Kawasan Pesisir Desa Pantai Harmoni. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat-JUDIKA, 01(01), 29–34.

Mesra, T., Melliana, M., & Fitra, F. (2021). Pelatihan Proses Pembuatan Kompos Dari Sampah Organik Di SMP Muhammadiyah Dumai. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.159

Nugroho, A. S., Sumardjoko, B., Desstya, A., Minsih, M., & Widiyasari, C. (2023). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Melalui Karya Seni Ecoprint. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 762–777. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5120

Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 207–212.

Sulaeman, S., Pasaru, F., Wahid, A., Najamudin, N., Nasir, B. H., & Idham, I. (2023). Memantapkan Ketahanan Ekonomi Masyarakat melalui Usaha Integrasi Tanaman dan Ternak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 233–239. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i1.197

Suryatini, K. Y., & Rai, G. A. (2020). Potential for Recovery of Coral Reef Ecosystem : Positive Impact of The Covid-19 Pandemic on The Environment. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, IX(2), 206–215.

Tusyanah, T., Pujiati, A., Ismiyati, I., & Rachmadi, M. F. (2024). Perencanaan Pembelajaran dengan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka bagi Guru di SMKN 9 Semarang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(3), 601–612. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i3.681

Witno, W., Yumna, Y., & Baso, H. S. (2024). Pengolahan Limbah Ampas Sagu Sebagai Pakan Ikan Oleh Kelompok POKDAKAN Bamba di Desa Walenrang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 79–91. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i1.635

Published
2025-05-31
How to Cite
Andriani, Y., Krespo, G., Wulan, W., Lestari, M. A., Zakiah, M. L., & Nawawi, N. (2025). Inovasi Ramah Lingkungan: Pengolahan Tebu Menggunakan Metode Zero Waste sebagai Langkah Menuju Sekolah Hijau di Pontianak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 10(2), 318-326. https://doi.org/10.30653/jppm.v10i2.1155