Santriprenuer: Pengembangan Bisnis Pondok Darul’ulum Assyar’iyyah Desa Leyangan Ungaran dengan Brand "Batik Santri”

Santriprenuer: Business Development of The Darul'ulum Assyar'iyyah Islamic Boarding School in Leyangan Village, Ungaran with The Brand "Batik Santri"

  • Sri Isnowati Universitas Stikubank
  • Endang Tjahjaningsih Universitas Stikubank
  • Elen Puspitasari Universitas Stikubank
  • Achmad Badjuri Universitas Stikubank
Keywords: batik santri, batik tulis, kemandirian pondok pesantren, santriprenuer

Abstract

Program Santriprenuer ini bertujuan untuk memberdayakan santri Pondok Pesantren Darul’ulum Assyar’iyyah ds. Jetis Leyangan Ungaran Timur menjadi wirausahawan muda yang mandiri dan inovatif. Melalui program pengabdian pada masyarakat ini, para santri diberikan pelatihan intensif tentang bagaimana menggali potensi pondok pesantren melalui kemandirian kewirausahaan pondok yang salah satunya diberi keterampilan membatik. Pelatihan batik tulis, mulai dari desain motif, mencanting, mewarnai sampai pelorotan malam. Selain itu, mereka juga diajarkan tentang manajemen bisnis, pemasaran, dan branding “batik Santri” untuk meningkatkan daya saing produk di pasar. Melalui pengembangan bisnis batik "Batik Santri" yang dihasilkan oleh santri, diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengayaan keahlian dan melatih kewirausahaan mandiri pondok.  Kolaborasi dengan ahli batik dan pengrajin berpengalaman diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan inovasi produk ”Batik Santri”. Program ini tidak hanya fokus pada aspek keterampilan teknis, tetapi juga pada pembentukan karakter kewirausahaan yang islami. Para santri diajarkan nilai-nilai etika bisnis, kemandirian, dan tanggung jawab sosial. Produk batik yang dihasilkan mencerminkan identitas budaya dan religius Pondok Darul’Ulum Assyar'Iyyah, yang menjadi nilai tambah dalam pemasaran.

 

The Santriprenuer program aims to empower students of the Darul'ulum Assyar'iyyah Islamic Boarding School Jetis Village, Leyangan Ungaran Timur to become independent and innovative young entrepreneurs. Through this community service program, students are given intensive training on how to explore the potential of Islamic boarding schools through independent Islamic boarding school entrepreneurship, one of which is given batik skills. Batik writing training, starting from motif design, canting, coloring to waxing. In addition, they are also taught about business management, marketing, and branding of "Batik Santri" to increase product competitiveness in the market. Through the development of the "Batik Santri" batik business produced by students, it is expected to contribute to the enrichment of skills and train independent entrepreneurship of the boarding school. Collaboration with batik experts and experienced craftsmen is expected to improve the quality and innovation of "Batik Santri" products. This program does not only focus on technical skills, but also on the formation of Islamic entrepreneurial character. Students are taught the values ​​of business ethics, independence, and social responsibility. The batik products produced reflect the cultural and religious identity of Pondok Darul’Ulum Assyar'Iyyah, which is an added value in marketing.

References

Naomi, A. (2020). Proses Pembuatan Batik Tulis dan Batik Cap. D-Laundry. https://laundry.drop.id/blog/d-laundry/proses-pembuatan-batik-tulis-dan-cap/

Andjar, F. J., Setya, A., Syafridha, A., Dewi, M., Ariesta, P., Arfan, R., & Sofia, S. (2023). Pelatihan Keterampilan Santripreneur dengan Memanfaatkan Limbah Kain Perca dengan Ide Bisnis Buket Batik di Pondok Pesantren Al-Ghuroba Kabupaten Sorong. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02). https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.1062

Asri, K. H. (2022). Pengembangan Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren Melalui Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Menuju Era Digital 5.0. ALIF, 1(1). https://doi.org/10.37010/alif.v1i1.710

Hamdan, H. (2018). Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(2). https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i2.12142

Ismiyanti, Y., Prajanti, S. D. W., Utomo, C. B., Handoyo, E., & Cahyaningtyas, A. P. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan berbasis Kemandirian terhadap Keterampilan Berwirausaha. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana.

Larasati, F. U., Aini, N., Hery, A., Irianti, S., Malang, K., & Ngantang, K. (2021). Proses Pembuatan Batik Tulis Remekan di Kecamatan Ngantang. Prosiding Pendidikan Tata Boga Busana.

Lorenza, L., & Carter, D. (2021). Emergency online teaching during COVID-19: A case study of Australian tertiary students in teacher education and creative arts. International Journal of Educational Research Open, 2. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2021.100057

Mas’udah, K. W., Fauziyah, N. A., & Hidayah, E. N. (2021). Pelatihan Digitalisasi Desain Batik Dan Media Promosi Online Untuk Santri Pondok Pesantren Babussalam Jombang. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3). https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.5374

Pratiwi, R., Wardhani, W. N. R., Prabowo, S., Amaniyah, F., & Rohim, F. (2022). Pemberdayaan Santripreneur di Pesantren: Kajian Kepemimpinan Perempuan (Nyai) dalam Meningkatkan Keterlibatan Santriwati dalam Berwirausaha. Jurnal Iqtisaduna, 8(2). https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i2.31321

Saifudin R, A., & Supriyanto. (2021). Membentuk Kemandirian Ekonomi Pesantren: Telaah terhadap Peran Kiai dalam Pesantren Al-Amien Prenduan, Madura. Maliyah: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 11(2).

Siregar, A. P., Raya, A. B., Nugroho, A. D., Indana, F., Prasada, I. M. Y., Andiani, R., Simbolon, T. G. Y., & Kinasih, A. T. (2020). Upaya Pengembangan Industri Batik di Indonesia. Dinamika Kerajinan Dan Batik: Majalah Ilmiah, 37(1). https://doi.org/10.22322/dkb.v37i1.5945

Wahid, A. H., & Sa’diyah, H. (2020). Pembangunan Santripreneur Melalui Penguatan Kurikulum Pesantren Berbasis Kearifan Lokal Di Era Disruptif. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1). https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.130

Wahid, M. A. (2021). Peran Kiai Dalam Membentuk Kemandirian Ekonomi Pesantren (Studi Pondok Pesantren Salafiyah Syafi‘iyah Sukorejo Situbondo dan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/65821

Yamani, H. A. (2021). A Conceptual Framework for Integrating Gamification in eLearning Systems Based on Instructional Design Model. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(4). https://doi.org/10.3991/ijet.v16i04.15693

Published
2025-07-12
How to Cite
Isnowati, S., Tjahjaningsih, E., Puspitasari, E., & Badjuri, A. (2025). Santriprenuer: Pengembangan Bisnis Pondok Darul’ulum Assyar’iyyah Desa Leyangan Ungaran dengan Brand "Batik Santri”. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 10(2), 479-489. https://doi.org/10.30653/jppm.v10i2.1244