Technology and MSMEs: The Role of the Internet in Business Development

  • Oktavianti Oktavianti Universitas Kristen Maranatha
  • Vinny Stephanie Hidayat Universitas Kristen Maranatha
  • Rini Handayani Universitas Kristen Maranatha
  • Enny Prayogo Universitas Kristen Maranatha
  • Endah Purnama Sari Universitas Kristen Maranatha
  • Lauw Tjun Tjun Universitas Kristen Maranatha
  • Sinta Setiana Universitas Kristen Maranatha
  • Ita Salsalina Lingga Universitas Kristen Maranatha
  • Verani Carolina Universitas Kristen Maranatha
  • Yenni Carolina Universitas Kristen Maranatha
  • Se Tin Universitas Kristen Maranatha
  • I Nyoman Agus Wijaya Universitas Kristen Maranatha
  • Herman Kambono Universitas Kristen Maranatha
  • Steven Asher Universitas Kristen Maranatha
  • Ranesa Thedya Universitas Kristen Maranatha
  • Eiren Eunike Universitas Kristen Maranatha
Keywords: Digital Era, Business Improvement, MSME

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini diadakan pada tanggal 7 dan 14 Januari 2023 kepada anggota GJKI Andir Bandung dan dihadiri oleh 16 orang peserta. Kegiatan ini diselenggarakan karena kita sudah memasuki era digital. Teknologi diharapkan bukan menjadi penghancur bisnis UMKM, melainkan membantu para pelaku UMKM untuk dapat mengembangkan bisnisnya. Tujuan dari kegiatan pegabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dari para pelaku UMKM terkait penggunaan teknologi untuk mengembangkan bisnis mereka. Materi yang disampaikan berjudul "Business in the Digital Era and Technology Applications for MSMEs". Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan, pemberian sampel dari produk UMKM, serta diskusi dan tanya jawab. Dari hasil evaluasi peserta di akhir kegiatan maka dapat disimpulkan bahwa para peserta memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap teknologi dan pencatatan keuangan untuk UMKM setelah mengikuti kegiatan pengabdian ini.

 

On January 7th and 14th, 2023, Community Service was carried out at GJKI Andir Bandung by 16 people. This activity was held because we have entered the digital era. Technology is expected not to be a destroyer of the MSME business, but to help MSMEs develop their business The purpose of this service is to increase the understanding of members who carry out MSME activities related to the use of technology to develop their businesses. The material presented was titled "Business in the Digital Era and Technology Applications for MSMEs." The activities carried out are in the form of counseling, providing samples of MSME products, as well as discussions and questions and answers. After participating in this activity, based on the evaluation of participants at the end of the activity, the members have a better understanding of technology and financial recording for MSME activities.

References

Akhmad, K. A., & Purnomo, S. (2021). Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Surakarta. Sebatik, 25(1), 234–240.

Andriyani, A., & Febriyanti, I., Rachman, F., & Srijayanti, N. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris (Greetings dan Partings) di Panti Asuhan Wisma Anak – Anak Harapan, Dalung, Badung. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4, 1-7. 10.24036/abdi.v4i1.130.

Ariyani, N. I., & Nurcahyono, O. H. (2014). Digitalisasi Pasar Tradisional: Perspektif Teori Perubahan Sosial. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 1–12.

Danuri, M. (2019). Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital. Jurnal Ilmiah INFOKAM, 15(2), 116-123.

Gani, A. G. (2015). Pengenalan Teknologi Internet Serta Dampaknya. JSI (Jurnal Sistem Informasi), 2(2), 71–86.

Hasan, H. A. (2020). Dampak Teknologi Dalam Transaksi Bisnis UMKM. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(2), 52–63.

Krisnawati, D. (2018). Peran Perkembangan Teknologi Digital Pada Strategi Pemasaran Dan Jalur Distribusi Umkm Di Indonesia (Studi Kasus: UMKM Kuliner Tanpa Restaurant ‘Kepiting Nyinyir’). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1).

Kusmayadi, E. (n.d.). Dasar-dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PUST442502-M1.pdf

Lestari, H. D., Pujiastuti, R., & Harsuti. (2023). Pengembangan Produk Sebagai Upaya Meningkatkanhasil Produksi Umkm. Wikuacitya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Limanseto, H. (2022). Perkembangan UMKM Sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Siaran Pers. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah#:~:text=Peran UMKM sangat besar untuk,total penyerapan tenaga kerja nasional.

Departemen Komunikasi Bank Indonesia. (2022). Go Digital Strategi Memperkuat UMKM. Ruang Media. https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/cerita-bi/Pages/Go-Digital-Strategi-Memperkuat-UMKM.aspx

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah, (2021) (testimony of Pemerintah Republik Indonesia). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/161837/pp-no-7-tahun-2021

Ramida, R., Mustari, M., Dinar, M., Supatminingsih, T., & Nurdiana. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 3(1), 310–326.

Sudarmanto, E., Revida, E., Simarmata, M., Purba, S., Bachtiar, E., Bachtiar, A., Faried, A., Nasrullah, I., & Marzuki, P., Hastuti, J., Kurniawan, F., Mastutie, A., & Susilawaty, A. (2020). Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan. Yayasan Kita Menulis, Medan.

Surbakty, E. (2022). Bisnis Di Era Digital. Bahasa Bisnis.

Published
2023-03-07
How to Cite
Oktavianti, O., Hidayat, V. S., Handayani, R., Prayogo, E., Sari, E. P., Tjun, L. T., Setiana, S., Lingga, I. S., Carolina, V., Carolina, Y., Tin, S., Wijaya, I. N. A., Kambono, H., Asher, S., Thedya, R., & Eunike, E. (2023). Technology and MSMEs: The Role of the Internet in Business Development. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 152-159. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i1.384

Most read articles by the same author(s)