Edukasi Perilaku Berkendaraan Aman Kepada Generasi Z SMP Seruni Putih Tangerang Selatan

  • Fredy Jhon Philip Universitas Pembangunan Jaya
  • Eka Permanasari Universitas Pembangunan Jaya
  • Aqilla Dhaifa Anjani Universitas Pembangunan Jaya
Keywords: Etika, generasi z, keselamatan, lalu lintas, perilaku

Abstract

. Tingginya angka kecelakaan dan korban jiwa di jalan raya khususnya di kalangan usia produktif perlu menjadi perhatian semua pihak yang terlibat. Pemerintah Indonesia melalui instansi terkait telah melakukan upaya strategis melalui program jalan berkeselamatan dan infrastruktur yang berkesalamatan  Namun dengan masih minimnya implementasi program tersebut, dampak perbaikan masih belum optimal yang disebabkan masih rendahnya sosialisasi khususnya di kalangan remaja. Oleh karena itu melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu memberikan pembekalan wawasan dan pengetahuan sehingga generasi Z mampu menjadi pelopor-pelopor keselamatan dalam usaha mencapai target zero accident. Kegiatan Edukasi Perilaku Berkendaraan Aman Kepada Generasi Z dilaksanakan di SMP Seruni Putih kecamatan Pamulang Tangerang Selatan. Metode kegiatan berupa kampanye kepada peserta webinar yang dilaksanakan secara daring. Berdasarkan hasil pengujian dengan  paired samples t test, diperoleh nilai signifikansi (2- tailed) adalah 0,001 atau p value <  0,05. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Webinar “Youth and Road Safety” terhadap pengetahuan siswa SMP Seruni Putih terhadap perilaku berkendaraan aman. Melalui kegiatan ini diharapkan menghasilkan manfaat bagi generasi z untuk memiliki kepekaan dan kesadaran yang tinggi terhadap keselamatan diri dan juga keselamatan pengguna jalan lainnya sehingga dapat mencapai target zero accident di jalan raya.

 

The high number of accidents and fatalities on the highway, especially among the productive aging, needs to be a concern for a. The Government of Indonesia through the relevant agencies has made strategic efforts through the program of safer roads and safer infrastructure. However, the lack of implementation of the program, the impact of the improvement is still not optimal due to the low level of campaign, especially among teenagers as we known as generation Z. Therefore, through this community service activity, it is expected to be able to provide insight and knowledge so that the generation Z is able to become safety pioneers in an effort to achieve vision of zero accidents. Safe Driving Behavior Education for Generation Z was held at Seruni Putih Junior High School, Pamulang District, South Tangerang. The method of activity is in the form of a campaign to webinar participants which is carried out online. Based on the test results with paired samples t test, the significance value (2-tailed) is 0.001 or p value <0.05. It can be concluded that there is an effect of the "Youth and Road Safety" Webinar on the knowledge of SMP Seruni Putih students on safe driving behavior. Through this activity, it is expected to generate benefits for Generation Z not only to have high sensitivity and awareness of individual safety but also other road users.

References

Brussel, M., Zuidgeest, M., Pfeffer, K., & Van Maarseveen, M. (2019). Access or accessibility? A critique of the urban transport SDG indicator. ISPRS International Journal of Geo-Information, 8(2), 1–23. https://doi.org/10.3390/ijgi8020067

Buntara, A. (2019). Cedera Akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 11(3), 266.

Eboli, L., & Mazzulla, G. (2008). A behavioural model to estimate willingness-to-pay for reducing road accident risk. Advances in Transportation Studies, 15, 63–74.

Guritnaningsih, G., Tjahjono, T., & Maulina, D. (2018). Kelalaian Manusia (Human Error) Dalam Kecelakaan Lalu Lintas: Analisis Berdasarkan Pemrosesan Informasi. Journal of Indonesia Road Safety, 1(1), 30. https://doi.org/10.19184/korlantas-jirs.v1i1.14772

Hamid, A., Kusumawati, N., & Lestari, R. R. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas Pada Remaja Pengendara Sepeda Motor Di Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Provinsi Riau, Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 1(1), 1–8. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jiik/article/download/1423/1076

Hardini, P., & Indriyati, E. W. (2018). Pengetahuan Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Berlalu Lintas; Tinjauan Terhadap Pelaku Lalu Lintas Usia Remaja Di Smk Ypt 1 Purbalingga. Journal of Indonesia Road Safety, 1(3), 138. https://doi.org/10.19184/korlantas-jirs.v1i3.14787

Lady, Rizqandini, T. (2020). Efek usia, pengalaman berkendara, dan tingkat kecelakaan terhadap driver behavior pengendara sepeda motor. Jurnal Teknologi, 12(1), 57–64.

Ngongo, O. L., Berek, N. C., & Talahatu, A. H. (2019). Faktor yang Berhubungan dengan Kecelakaan Lalu Lintas Pengemudi Sepeda Motor di Sumba Barat. Timorese Journal of Public Health, 1(4), 170–176. https://doi.org/10.35508/tjph.v1i4.2147

Permanawati, T., Sulistio, H., & Wicaksono, A. (2010). Model Peluang Kecelakaan Sepeda Motor Berdasarkan Karakteristik Pengendara (Studi Kasus: Surabaya, Malang dan Sragen ). Jurnal Rekayasa Sipil, 4(3), 185–194. https://rekayasasipil.ub.ac.id/index.php/rs/article/view/184

Raharjo, E. P., Mardikawati, B., Sukmayasa, I. M., Hidayat, D. W., Suartawan, P. E., & Asa, I. P. D. P. (2021). Tingkat Penguasaan Materi Aturan Berlalu-Lintas Siswa Sekolah Dasar Setelah Sosialisasi Tertib Berlalu-Lintas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum), 1(2), 51–58. https://doi.org/10.52920/jkpmsenyum.v1i2.42

Rahman, M. A., Hossain, M. M., Mitran, E., & Sun, X. (2021). Understanding the contributing factors to young driver crashes: A comparison of crash profiles of three age groups. Transportation Engineering, 5(November 2020), 100076. https://doi.org/10.1016/j.treng.2021.100076

Rahmat, R., Hendriyani, I., & Utomo, G. (2020). Sosialisasi Safety Road Berkendaraan Roda Dua pada Pelajar SMU/SMK di Balikpapan. Abdimas Universal, 2(1), 23–28. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v2i1.56

Rezaimoghadam, M. R., & Davoodi, S. R. (2022). Public Transportation Users ’ Behavior Based On Theory Of Planned. 15(1), 10–18.

WHO. (2015). Road Safety In The South-East Asia Region 2015. WHO.

WHO. (2018). Global Status Report on Road Safety 2018. In world health organization. World Health Organization.

Yeh, T. H., & Chang, H. L. (2009). Age and contributing factors to unlicensed teen motorcycling. Safety Science, 47(1), 125–130. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2008.02.002

Published
2023-05-24
How to Cite
Philip, F. J., Permanasari, E., & Anjani, A. D. (2023). Edukasi Perilaku Berkendaraan Aman Kepada Generasi Z SMP Seruni Putih Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 506-515. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i2.411