Pelatihan Penggunaan Metode Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Guru TPA
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan didasarkan adanya keluhan dari guru TPA yang merasa kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an hal ini dikarenakan materi yang cukup banyak dan waktu pembelajaran yang singkat sehingga sampai saat ini belum adanya pelatihan terkait penggunaan metode yang efektif dalam pembelajaran Al-Qur’an ditempatnya. Tujuan dari pengabdian ini adalah melatih guru TPA dalam menggunakan metode pembelajaran Al-Qur’an untuk anak usia dini, metode pengabdian yang digunakan adalah pelatihan, diskusi, dan pendampingan kemudian hasil dari pengabdian berdasarkan hasil evaluasi kegiatan pelatihan penggunaan metode pembelajaran Al-Qur’an untuk Guru TPA di Pondok Pesantren Sulamus Saniyyah rata-rata 89,53 dalam kategori sangat setuju artinya kegiatan pelatihan ini dapat dikatakan berhasil dan bermanfaat bagi peserta yaitu guru-guru TPA mengenai penggunaan metode pembelajaran Al-Qur’an untuk anak usia dini.
This service is carried out based on complaints from TPA teachers who find it difficult in implementing Al-Qur'an learning, this is because there is quite a lot of material and short learning time so until now there has been no training regarding the use of effective methods in learning Al-Qur'an and in place. The purpose of this service is to train TPA teachers in using the Al-Qur'an learning method for early childhood, the service method used is training, discussion, and mentoring then the results of the service are based on the evaluation results of training activities using the Al-Qur'an learning method for TPA teachers at the Sulamus Saniyyah Islamic Boarding School the average is 89.53 in the very agree category, meaning that this training activity can be said to be successful and useful for participants, namely TPA teachers regarding the use of Al-Qur’an learning methods for early childhood.
References
Atikah, C., Rusdiyani, I., & Nurmahdiah. (2023). Pelatihan Bagi Guru PAUD Tentang Administrasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 8(1):196–203. doi: 10.30653/jppm.v8i1.210.
Bouckaert, M., & Quinta, K. (2018). Teacher Educators as Curriculum Developers: Exploration of a Professional Role. European Journal of Teacher Education 41(1):32–49. doi: 10.1080/02619768.2017.1393517.
Fuadah, F. S., & Sanusi, H. P. (2017). Manajemen Pembelajaran Di Pondok PesantreN. Jurnal Isema : Islamic Educational Management 2(2). doi: 10.15575/isema.v2i2.5001.
Haenilah, E. Y., Drupadi, R., & Ulwan, S. (2023). Pelatihan Merancang Desain Pembelajaran Daring Berbasis Experiental Learning Bagi Guru Paud Di Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 8(1):258–64. doi: 10.30653/jppm.v8i1.229.
Kosasih, F. R., Juhana, J., & Suratinah S. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Siswa Bagi Guru TPA Babussalam Bogor. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 6(4):1089–95. doi: 10.30653/002.202164.946.
Nasirudin, M., Mazidatul, F., Salim, A., & Mega, K. D. (2021). Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran Di Pondok Sabilul Huda. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(2):127–31.
Nopianti, I. (2022). Implementasi Metode Al-Barqy dalam Proses Pembelajaran Al-Qur’an bagi Ibu-Ibu di Majelis Taklim As-Sakinah MTKD Cibeunying Kaler Kota Bandung. Bandung Conference Series: Islamic Education. 2. 7-12
Priyono, T. 2021. Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Secara Online Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TK Islam Nurus Sunnah Semarang). Universitas Islam Sultan Agung (Indonesia).
Rachmawati, I., & Widayani, A. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 7(2):510–22.
Saputra, R. A., Dandy., Cantika., & Lusi, A. (2021). Belajar Baca Al-Qur’an Dengan Metode Qiro’ati. dalam Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. 1.
Sari, M., Zamista, A. A., Asrar, A., Deswita, P., & Putra, I. S. (2022). Pelatihan Pengambangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Terintegrasi Al-Quran Berbasis Blended Learning. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 7(4):979–88. doi: 10.30653/002.202274.203.
Syaikhu, A. (2022). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-QurAn di MI As-Sunniyyah Lumajang. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4(1):89–101.
Tamami, B. (2016). Pelatihan Membaca Al-Qur’an Yang Baik Dan Benar Melalui Metode Qira’ati. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS 2(1).
Ummah, S. S., & Wafi, A., (2017). Metode-Metode Praktis dan Efektif dalam Mengajar Al-Quran bagi Anak Usia Dini. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE). 2, 121–34
Wakit, S., & Agustin, D., (2020). Pelatihan Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Qiro’ati Di Madrasah Diniah Darul Ulum Mumbulsari Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS 6(1):28–33. doi: 10.32528/jpmi.v6i1.3730.