Meningkatkan Kemampuan Guru dan Siswa SMK Veteran Sukoharjo melalui Pelatihan Menulis Rilis Berita
Improving Teachers and Students of SMK Veteran Sukoharjo Ability through Training in Writing Press Release
Abstract
Publikasi menjadi salah satu hal penting bagi seseorang atau lembaga untuk dapat dikenal oleh khalayak umum. Tidak terkecuali dengan keadaan sekolah. Untuk dapat menarik minat calon siswa maka wajib bagi suatu sekolah melakukan publikasi terhadap berbagai keunggulan sekolah. SMK Veteran Sukoharjo merupakan sekolah yang memiliki berbagai keunggulan. Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui. Oleh karena itu, tim pengabdian melakukan kegiatan pelatihan tentang menulis rilis berita pada guru dan siswa SMK Veteran. Tujuannya adalah guru dan siswa mampu menulis berita dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik, benar, dan menarik, sehingga dapat melakukan publikasi terhadap berbagai kegiatan yang ada di sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah pelatihan yang diawali dengan kegiatan penyuluhan, demonstrasi, pendampingan, dan evaluasi. Kegiatan pelatihan dilaksanakan secara teori dan praktik. Hasil kegiatan pengabdian adalah terjadinya peningkatan pemahaman para guru dan siswa terhadap pengetahuan dan cara menulis rilis berita untuk publikasi. Selain itu, para guru dan siswa melalui kegiatan pendampingan telah mampu menulis rilis berita dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Dengan demikian, kegiatan pengabdian ini telah mampu meningkatkan kemampuan menulis para guru dan siswa SMK Veteran Sukoharjo.
Publication is one of the important things for a person or institution to be recognized by the general public. Schools are no exception. To be able to attract prospective students, it is mandatory for a school to publish various school advantages. SMK Veteran Sukoharjo is a school that has various advantages. However, there are still many people who do not know. Therefore, the service team conducted training activities on writing news releases for teachers and students of SMK Veteran. The goal is that teachers and students are able to write news using good, correct, and interesting Indonesian, so that they can publish various activities at school. The method used in the service activity is training which begins with counseling, demonstration, mentoring, and evaluation activities. Training activities are carried out in theory and practice. The results of the service activities are an increase in the understanding of teachers and students on knowledge and how to write news releases for publication. In addition, teachers and students through mentoring activities have been able to write news releases using Indonesian. Thus, this service activity has been able to improve the writing skills of teachers and students of SMK Veteran Sukoharjo.
References
Budiono, T., Yanti, D., & Denafri, B. (2021). Pengenalan struktur piramida terbalik dalam penulisan berita langsung (straight news) di SMK Pembina Bangsa Bogor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang, 2(1), 111–122. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/kommas/article/view/9138/6559
Efendi, E., Siregar, F. H., & Musliadi. (2022). Menulis Softnews. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Effendi, E., Jannah, N. M., Imelda, P., Azzahra, T., & Dakwah, F. (2023). Menulis Hard News. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 4505–4509.
Fakhrurozi, J., Adrian, Q. J., Mulaynto, A., & Samanik, S. (2022). Pelatihan Penulisan Jurnalistik dan Naskah Video Bagi Siswa SMK Widya Yahya Gading Rejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(5), 503–509. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.164
Ghofir, A., Roestam, R., Rahadi, D. R., Wardana, S. B., Syamsuddin, E., & Sulistyo, B. (2023). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Aktif dan Kreatif di Era digital untuk Pengurus OSIS SMA Negeri 2 Cikarang Pusat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(4), 1058–1066. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i4.578
Halim, F. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran Control To Free Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Report Bagi Siswa Kelas IX.1 Pada MTs Negeri Langsa. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, 5(2).
Handayani, S. L., & Rukmana, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 8–13.
Ichsan, N., Sulaiman, H., Kurniawan, W., & Yuliani, Y. (2022). Pelatihan Pembuatan Release Berita Bagi Anak-Anak LKSA Nurul Iman Karawang. PRAWARA Jurnal Abdimas, 1(3), 87–92.
Khee, H. (2012). Bahasa Indonesia Made Easy. Bloomington: Trafford Publishing.
Nento, K., & Masruri, A. (2020). Optimalisasi Penggunaan Website Sebagai Media Publikasi Informasi Sekolah SMK Koperasi Yogyakarta. JTII, 5(2), 87–98.
Pratiwi, V. U., Astuti, P. I., Nurnaningsih, N., Arianti, A., & Setiyono, M. S. (2021). Pelatihan Penggunaan ‘Kahoot’ dalam Mengajar Reading Narrative bagi Siswa Kelas X SMA Veteran 1 Sukoharjo. Jurnal Surya Masyarakat, 3(2), 134. https://doi.org/10.26714/jsm.3.2.2021.134-142
Rubio, F. (2021). Self-Esteem and Foreign Language Learning. Cambridge: Cambridge Scholars Publishers.
Setiono, S., Juhanda, A., Windyariani, S., Ramdhan, B., Suhendar, S., Ratnasari, J., & Nuranti, G. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Online Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru IPA SMP Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(4), 1025–1033. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i4.501
Sumarno. (2023). Univet Bantara Sukoharjo Gelar Sosialisasi Rekognisi Pembelajaran Lampau. https://sukoharjonews.com/univet-bantara-sukoharjo-gelar-sosialisasi-rekognisi-pembelajaran-lampau/
Tanjung, R., & Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.
Tokan, F. B., Medho, Y. F., Lamawuran, Y. D., & Ethelbert, Y. K. (2023). Pelatihan tentang Proses Pendirian dan Penentuan Jenis Usaha Bumdes di Desa Watoone-Kecamatan Witihama Kabupaten Flores Timur. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(4), 879–888. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i4.530
Wardhaugh, R., & Fuller, J. M. (2014). An Introduction to Sociolinguitics. Oxford: Wiley and Blackwell Publishers Ltd.