Penguatan Literasi Matematika dan Sains melalui Pengelolaan Perpustakaan di Madrasah Tsanawiyah Padang Pariaman

Strengthening Mathematics and Science Literacy through Library Management in Madrasah Tsanawiyah Padang Pariaman

  • Lilis Harianti Hasibuan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Miftahul Jannah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Darvi Mailisa Putri Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Lathifah Annur Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Nadila Syahadah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
Keywords: literasi, minat baca, perpustakaan

Abstract

Literasi adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki untuk menghadapi kemajuan teknologi saat ini. Kemampuan literasi membantu seseorang memahami suatu informasi secara akurat sehingga terhindar dari berita hoax yang marak beredar. Selanjutnya, dengan kemampuan literasi seseorang bisa berbagi pengetahuan melalui karya tulis yang berkualitas. Kemampuan literasi harus dilatih sejak dini, khususnya kemampuan literasi matematika dan sains. Kemampuan ini membuat seseorang dapat merumuskan, menggunakan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks kehidupan yang tercangkup pada konsep, prosedur, fakta dan angka. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan literasi matematika dan sains di sekolah adalah pengoptimalan peran perpustakaan. Metode yang digunakan dalam pengaplikasian upaya ini adalah service learning dimana metode yang membangun budaya pelayanan dan keterlibatan untuk bekerja bersama. Diperoleh dari hasil penelitian bahwa penguatan literasi matematika dan sains dapat dilakukan melalui pengoptimalan peran perpustakaan. Misalnya, diupayakan penyediaan ruang baca yang nyaman, tersedianya buku bacaan yang lengkap dan menarik. Ditambah program kunjungan perpustakaan dan pengelolaan pustaka meliputi adanya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.

 

Literacy is one of the skills that must be possessed to deal with today's technological advances. Literacy skills help a person understand information accurately so as to avoid hoax news that is rampant in circulation. Furthermore, with literacy skills one can share knowledge through quality written works. Literacy skills must be trained from an early age, especially math and science literacy skills. This ability allows a person to formulate, use and interpret mathematics in various life contexts that include concepts, procedures, facts and figures. One of the efforts that can be made to improve mathematics and science literacy in schools is to optimize the role of the library. The method used in the application of this effort is service learning which builds a culture of service and engagement to work together. The research found that strengthening mathematics and science literacy can be done through optimizing the role of the library. For example, the provision of a comfortable reading room, the availability of complete and interesting reading books. In addition, library visit programs and library management include planning, organizing, implementing and monitoring.

References

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Kamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Issue september 2016). Jakarta : Kementerian Agama RI.

Agustina, L., Arffianto, A., Khalishah, S. H., Indarwati, L., Putri, D. R., El-Majid, S. E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., Agung, W., & Sholihah, I. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771

Amiliya, R., Giantara, F., Witanti, K., Susanti, S. A., Sulasmi, S., Lena, W. S., Hasanah, R., Chrityanti, D. M., & Rohma, U. H. (2023). Pendampingan Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak Perspektif Islam. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 310–317. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i2.305

Anggraeni, L., & Mukhlis, F. (2023). Penguatan Literasi Islam dan Sains Sebagai Peningkatan Wawasan Generasi Muda Islami Era Society 5.0 di Ikatan Pemuda Muhammadiyah Kota Batu. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 478–489. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i2.327

Aritonang, I., & Safitri, I. (2021). Pengaruh Blended Learning Terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 735–743. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.555

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535

Hasanah, U., Wardono, & Kartono. (2016). Keefektifan Pembelajaran Murder Berpendekatan Pmri Dengan Asesmen Kinerja Pada Pencapaian Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smp Serupa Pisa. Ujme, 5(2), 101–108. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11404

Hasibuan, L. H., Jannah, M., Syafii, M., & Rianjaya, I. D. (2023). Pelatihan Desain Soal Literasi Matematika Dengan Injeksi Computational Thinking Untuk Guru Madrasah Di Sumatera Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6, 773–782. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i3.773-782

Iskandar, R. S. F., Triyanto, A. N., Laelasari, & Setiawan, O. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Dengan Soal PISA. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.32528/gammath.v6i1.5398

Isma, C. N., Rohman, N., & Istinigsih. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Minat Baca Siswa Kelas 4 di MIN 13 Nagan Raya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7932–7940. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3650

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305

Karima, O. N. (2022). Pengelolaan Perpustakaan sebagai Alternatif Penguatan Budaya Literasi di SD Muhammadiyah Sudagaran Wonosobo. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.26740/jdmp.v6n1.p85-96

Nusanti, I. (2014). Strategi Service Learning Sebuah Kajian untuk Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 251–260. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.142

Purwanti, A. F., Mutrofin, M., & Alfarisi, R. (2021). Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(1), 40. https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i1.24775

Sari, C. P. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(32), 3128–3137. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/13875/13400

Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 2015, 24–30. https://core.ac.uk/download/pdf/230386992.pdf

Waningyun, P. P., Riandini, D., & Wahyuni, S. (2023). Faktor Minimnya Minat Membaca Siswa Kelas 5 MI Islamiyah Prembun. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(1), 12–17. https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i1.18969

Published
2024-05-19
How to Cite
Hasibuan, L. H., Jannah, M., Putri, D. M., Annur, L., & Syahadah, N. (2024). Penguatan Literasi Matematika dan Sains melalui Pengelolaan Perpustakaan di Madrasah Tsanawiyah Padang Pariaman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(2), 414-423. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i2.749