Pelatihan Pembuatan Kokedama sebagai Sarana Pembelajaran Pengelolaan Lingkungan Sejak Dini di SD Negeri Lemberang Sokaraja
Training on Making Kokedama as a Learning Facility for Early Environmental Management at Lemberang Sokaraja Elementary School
Abstract
SD Negeri Lemberang merupakan sekolah dasar di Kabupaten Banyumas yang memberikan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dalam kurikulum pembelajarannya. Salah satu tujuan pembelajaran mata pelajaran IPAS adalah siswa dapat memahami dan mengelola lingkungan alam sekitarnya sejak usia dini. Namun demikian, siswa SD saat ini cenderung acuh terhadap lingkungan sekitarnya akibat dampak negatif dari perkembangan teknologi, misalnya kecanduan dengan gadget. Oleh karena itu, guru membutuhkan suatu inovasi sarana pembelajaran untuk mengenalkan kepada siswa agar mereka dapat peduli dan dapat mengelola lingkungan sekitarnya sejak usia dini. Inovasi sarana pembelajaran pengelolaan lingkungan tersebut dapat dilakukan melalui praktik pembuatan dan pemeliharaan kokedama. Tujuan kegiatan ini agar siswa dan guru dapat memanfaatkan barang tak terpakai di sekitarnya. Selain itu, kegiatan tersebut juga dapat menumbuhkan sifat kepedulian siswa terhadap makhluk hidup di sekitarnya. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi ceramah, diskusi dan praktik membuat maupun memelihara kokedama. Nilai rata-rata pemahaman siswa terhadap pengelolaan lingkungan melalui pembuatan kokedama meningkat dari rata-rata sebesar 42,31 (pre-test) menjadi 61,54 (post-test). Hasil penilaian keterampilan dan keaktifan siswa dalam aspek praktik, diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,65. Hasil evaluasi kegiatan pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa kelas V SD Negeri Lemberang Sokaraja dalam kegiatan pengelolaan lingkungan.
Lemberang Elementary School in Banyumas Regency provides Natural and Social Sciences subjects in its learning curriculum. One of the learning objectives in science subjects is that students can understand and manage the surrounding natural environment from an early age. However, students today tend to be indifferent to the surrounding environment due to the negative impact of technological developments, such as gadgets addiction. An innovative learning tool needed to introduce students so that they can manage the surrounding environment from an early age. Innovation of environmental management learning facilities can be done by using kokedama. The purpose of this training is that students and teachers can take advantage of unused items around them and fostering the nature of students' concern for living things around them. The methods used in this service included by giving demonstrations, discussions and practices. The average score of students' understanding of environmental management through making kokedama increased from 42.31 (pre-test) to 61.54 (post-test). The assessment results of students' skills and activeness in the practical aspects, obtained an average score of 82.65. The evaluation of service activities showed an increase in the understanding and skills of grade V students of SD Negeri Lemberang Sokaraja in environmental management activities.
References
Astriani, M., Hidayat, S., & Saputri, W. (2022). Kokedama: teknik inovatif untuk meningkatkan peluang bisnis tanaman hias di palembang, sumatera selatan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(4), 851–859. https://doi.org/10.30653/002.202274.152
Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100–2112.
Eviana, M., Tania, V. A., Firial, R., Widyaningrum, S., & Yuhanna, W. L. (n.d.). Pemberdayaan karang taruna desa setono melalui pembuatan kokedama. https://www.researchgate.net/publication/356175305
Fajriani, S., Mustaniroh, S. A., Dewi, I. A., & Subagiyo, A. (2021). Kokedama sebagai inovasi produk jual tanaman hias daun di desa wisata sidomulyo, kota batu. Jurnal Tri Dharma Mandiri, 1(1), 27–33.
Ghazali, M. (2013). Optimalisasi peran lembaga pendidikan untuk mencerdaskan bangsa. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1), 126–136.
Hasanah, Y., Mawarni, L., & Hanum, H. (2021). Bioentrepreunership for orphanages by making kokedama and capillary system plant cultivation. Journal of Saintech Transfer, 4(2), 74–82.
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68.
Kurniawati, D., Dewata, I., Etika, S. B., Nizar, U. K., Suryelita, S., Mulia, M., Sari, T. K., & Pernadi, N. L. (2023). Edukasi pengelolaan sampah rumah tangga untuk mewujudkan lingkungan bersih di kelurahan teluk kabung tengah kecamatan bungus teluk kabung kota padang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 652–662. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i3.420
Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis sikap peduli lingkungan pada siswa kelas vi sekolah dasar di kota ruteng. Scholaria Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259–266.
Noviana, E., Kurniaman, O., Zufriady, Guslinda, Munjiatun, Erlisnawati, Ramadhan, M., Mistina, L., & Novianti, R. (2021). Peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru sekolah dasar dalam mengurangi pencemaran sampah plastik melalui pelatihan pembuatan kokedama. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 27(3), 252–257.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Pitoewas, B., Nurhayati, Putri, D. S., & Yanzi, H. (2020). Analisis kepekaan sosial generasi (z) di era digital dalam menyikapi masalah sosial. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik PKn, 7(1), 12–23.
Saputra, N. E., Hernanda, H. B., Nurhuda, N., Ridwan, F. N., & Ardhi, M. W. (2019). Pelatihan bioentrepreneurship melalui pembuatan kokedama di panti asuhan anak luar biasa asih madiun. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 101–104. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i1.191
Sinaga, H. D. E., Hutahaean, J., & Siagian, Y. (2020). Kreatif, indah dan berpeluang bisnis lewat kokedama. Aptekmas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.36257/apts.vxix
Trahutami, S. I., & Wiyatasari, R. (2019). Pengenalan dan pelatihan penanaman dengan teknik kokedama untuk ibu-ibu PKK. Jurnal HARMONI, 3(2), 36–39.
Wahyuni, I. S., Fajrita, & Mariana. (2022). Pelatihan pembuatan kokedama sebagai wadah tanaman hias dengan memanfaatkan bahan sisa limbah sabut kelapa. Rambideun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 95–99.