Peningkatan Kemampuan Dalam Pembelajaran Digital Pada Tenaga Pendidik PKBM 21 Tebet

Increasing Capabilities in Digital Learning for PKBM 21 Tebet Educators

  • Muhammad Darwis Universitas Paramadina
  • Retno Hendrowati Universitas Paramadina
  • Wahyuningdiah Trisari H Putri Universitas Paramadina
  • Quintin Kurnia Dikara Barcah Universitas Paramadina
  • Tri Wahyuti Universitas Paramadina
Keywords: kurikulum merdeka, pelatihan, pembelajaran digital, PKM

Abstract

Salah satu karakteristik dalam Kurikulum Merdeka, penguasaan literasi digital tidak hanya dibutuhkan sebagai materi pembelajaran, tetapi juga diterapkan dalam proses pemberian materi yang kreatif dan menarik di kelas. PKBM 21 Tebet merupakan salah satu institusi pendidikan non-formal yang juga memberlakukan Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran mereka. Meski demikian, PKBM 21 Tebet belum dapat menerapkan Kurikulum Merdeka secara maksimal karena kurangnya pengetahuan tenaga pendidiknya terutama dalam pembelajaran digital. Oleh karena itu, sebagai bentuk kepedulian, program studi Teknik Informatika dan program studi ilmu komunikasi Universitas Paramadina melaksanakan program PKM dalam bentuk workshop untuk meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran digital tenaga pendidik PKBM tersebut. Pelatihan dikemas dalam bentuk workshop serta melibatkan dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaannya. Topik yang disampaikan pada pelatihan adalah konversi materi dalam bentuk e-book, penggunaan aplikasi quis dan penilian secara online, memaksimalkan video pembelajaran dan cara membuat slide presentasi menarik. Secara umum setelah mengikuti pelatihan, rata-rata kemampuan peserta terhadap pembelajaran digital meningkat 1 poin, dari sebelumnya 3,35 menjadi 4,35 dimana nilai tertinggi pada penguasaan materi pembuatan video pembelajaran sebesar 4,8 atau hampir baik sekali. Peserta pelatihan merasa puas terhadap pelaksanaan pogram pengabdian kepada masyarakat ini dengan nilai 4,6 atau hampir baik sekali.

 

In the independent curriculum, mastery of digital literacy is not only needed as learning material, but also applied in the process of providing creative and interesting material in the classroom. PKBM 21 Tebet is a non-formal educational institution that also applies an independent curriculum in their learning process. However, PKBM 21 Tebet has not been able to implement the independent curriculum optimally due to the teacher's lack of knowledge, especially in digital learning. Therefore, as a matter of concern, the informatics engineering study program and the communication science study program at Paramadina University are implementing a community service program to improve the digital learning abilities of the PKBM teachers. The training is packaged in the form of a workshop and involves lecturers and students in its implementation. The topics presented in the training were converting material into e-books, using quiz applications and online assessments, maximizing learning videos and how to make interesting presentation slides. In general, after attending the training, the average participant's ability in digital learning increased by 1 point, from the previous 3.35 to 4.35, where the highest score for mastery of learning video making material was 4.8 or almost very good. The training participants were satisfied with the implementation of this community service program with a score of 4.6 or almost very good.

References

Alimudin, Nihwan, & Cahyo, E. D. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru PAUD di Kecamatan Sekampung Lampung Timur. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 130–132.

Asmar, K., Asy, F., Nurul, S., Muliati, V. F., Handaja, R., Asia, U. S., Selatan, J., & Selatan, S. (2020). Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi pada Guru-Guru Sekolah Dasar (Pembuatan Media Pembelajaran yang Menarik). JMS: Jurnal Masyarakat Siber, 1(5), 64–69.

Baharudin. (2023). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Literasi Digital melalui Penugasan E-Mind Mapping Berbantuan Google Slide. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 497–518. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i2.672

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2023). Kurikulum Merdeka Sebagai Pilihan Mandiri Satuan Pendidikan di Tahun Ajaran 2023/2024. DITPSD Kemendikbud.

Handayani, M., Sari, D. M., & Eriva, C. Y. (2023). Peningkatan Kemampuan Digital Guru SD IT Hafizh Cendekia Banda Aceh. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 36–44.

Ibandong, Rauf, R. F., Mantasiah, R., Rivai, A. A., & Rivai, A. M. (2023). Program Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Digital pada Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Bacukiki Barat. Jurnal Dedikasi, 25(1), 29–33.

Idhartono, A. R. (2022). Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 6(1), 91–96.

Idrus, H. (2023). Tentang PKBM 21 Tebet. PKBM 21 Jakarta.

Kuncoro, K. S., Sukiyanto, S., Irfan, M., Amalia, A. F., Pusporini, W., Wijayanti, A., & Widodo, S. A. (2022). Peningkatan Literasi Digital Guru Guna Mengatasi Permasalahan Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–34. https://doi.org/10.31943/abdi.v4i1.50

Mastoah, I., MS, Z., & Sumantri, M. S. (2022). Meningkatkan Literasi Digital Menggunakan Media Game Edukasi Kreatif. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 69–80. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i1.6316

Patang, Mustarin, A., Subariyanto, Jamaluddin, & Idris, A. P. S. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Soppeng. TEKNOVOKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 187–194. https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v1i3.290

Rahmah, N., & Candradewini, C. (2023). Pelatihan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. JANE - Jurnal Administrasi Negara, 15(1), 27. https://doi.org/10.24198/jane.v15i1.48863

Riawan, Kurniasih, R., & Cendriono, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Digitalterhadap Kemampuan Inovasi Dimediasi Oleh Kesiapan Individu Dalam Situasi Pandemik Covid-19. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(01), 98–113.

Sartika, N. S., Munawaroh, T., Susanti, E. N., Meika, I., Mauladaniyati, R., Sujana, A., Sahrudin, A., Yunitasari, I., Rosdianwinata, E., Rifai, R., Pratidiana, D., Permatasari, P., Uniah, D., & Cahyati, K. (2023). Pelatihan penyusunan bahan ajar berbasis web bagi guru SMP Kabupaten Pandeglang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(4), 934–945. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i4.621

Siregar, M., Anggara, A., Faraiddin, M., & Syafridah, N. (2023). Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka Belajar dengan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar di Satuan Pendidikan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(1), 1–4. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.13392

Usmeldi, U., Amini, R., & Darni, R. (2023). Pelatihan Pembuatan E-Modul Interaktif berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru SD dan SMP di Kapau Kabupaten Agam. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 614–622. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i3.345

Wicagsono, M. A. (2022). Strategi Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Guru Era Revolusi Industri 4.0 di SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. PAKAR Pendidikan, 20(2), 50–64. https://doi.org/10.24036/pakar.v20i2.252

Published
2024-08-31
How to Cite
Darwis, M., Hendrowati, R., Putri, W. T. H., Barcah, Q. K. D., & Wahyuti, T. (2024). Peningkatan Kemampuan Dalam Pembelajaran Digital Pada Tenaga Pendidik PKBM 21 Tebet. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(3), 710-720. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i3.871