Pemberdayaan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar di Desa Tegal Kemang Bogor

Empowering the Literacy Movement in Elementary Schools in Tegal Kemang Village, Bogor

  • Budi Hermaini Universitas Terbuka
  • Monika Handayani Universitas Terbuka
  • Uliya Khoirun Nisa Universitas Terbuka
  • Sukirno Hadi Universitas Terbuka
Keywords: literasi dasar, media literasi, pojok baca, sekolah dasar

Abstract

Literasi dasar merupakan kemampuan penting yang dapat diikembangkan pada jenjang pendidikan dasar. Literasi dasar meliputi kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Kemampuan literasi dasar dapat dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran di dalam dan di luar pembelajaran. Kemampuan literasi dasar dapat ditingkatkan melalui pembiasaan dan fasilitas yang dapat digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah membekali keterampilan pada guru sekolah dasar untuk membuat media literasi dan membantu penyediaan sarana prasarana dalam kegiatan literasi dasar. PkM ini dilakukan di sekolah dasar desa Tegal Kemang Bogor. Kegiatan pelatihan dihadiri 22 guru sekolah dasar di desa Tegal. Selanjutnya, untuk kegiatan penyediaan sarana prasarana dengan memberikan perlengkapan untuk pojok baca di dua sekolah dasar. Tahapan yang digunakan dalam PKM ini terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi pelatihan diketahui bahwa mayoritas peserta (guru) merasa pelatihan yang dilakukan sangat informatif dan aplikatif serta alat bahan yang digunakan mudah diakomodasi untuk membuat media literasi. Hasil evaluasi dari pojok baca juga didapati bahwa pojok baca yang disediakan bermanfaat untuk meningkatkan minat membaca siswa dan meningkatkan aktivitas belajar peserta didik.

 

Basic literacy is an important ability that can be developed at the basic education level. Basic literacy includes reading, writing, and numeracy skills. Basic literacy skills can be developed in learning activities inside and outside learning. Basic literacy skills can be improved through habituation and by using facilities teachers can use in learning activities. The purpose of Community Service/Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is to equip skills for elementary school teachers to create literacy media and help provide infrastructure in basic literacy activities. This PKM was carried out at the elementary school of Tegal Kemang village, Bogor. The training was attended by 22 elementary school teachers in Tegal village, furthermore for providing infrastructure facilities by offering equipment to reading corners in two elementary schools. The stages used in this PKM consist of preparation, implementation, and evaluation stages. Based on the training evaluation results, it is known that most participants (teachers) felt that the training was very informative and applicable, and the material tools used were easily accommodated to make literacy media. The evaluation results from the reading corner also found that the reading corner helped increase students' reading interest and learning activities.

References

Amir, J., Nensilianti, N., & Syamsudduha, S. (2020). Media Literasi bagi Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 615–624.

Anugrah, W. D., Saufa, A. F., & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93–98.

Anwar, L. A. (2019). Literasi Terhambat Minimnya Akses Buku dan Budaya Membaca. Kompas. https://www.kompas.id/baca/utama/2019/05/18/literasi-terhambat-minimnya-akses-buku-dan-budaya-membaca.

Arbayu, R., Rizal, S. U., & Mahmudah, I. (2023). Pemanfaatan Pojok Bacaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV SDN Pilang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 445-452.

Aswat, H., & Nurmaya G, A. L. (2019). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302

Faiz, A. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 di SDN 1 Semplo. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 58–66. https://doi.org/10.33222/jlp.v7i1.1714

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493

Hasibuan, L. H., Jannah, M., Putri, D. M., Annur, L., & Syahadah, N. (2024). Penguatan Literasi Matematika-UnMA. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(2), 414–423.

Hidayatulloh, P., Solihatul, A., Setyo, E., Fanantya, R. H., Arum, S. M., Istiqomah, R. T. U. N., & Purwanti, S. N. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1).

Jariah, S., & Marjani. (2019). Peran Guru dalam Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 846–856.

Khotimah, K., Akbar, dun, & Sa, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp /

Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48–57.

Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). The Role of Literacy in the Development of Critical Thinking. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. www.jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/index

Pujiati, D., Basyar, M. A. K., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 57–68. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2615

Teguh, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1–9.

Wana, P. R., & Dwiarno, P. A. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Budaya Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 133–142.

Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 10(2): 230-238 http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE

Published
2024-09-02
How to Cite
Hermaini, B., Handayani, M., Nisa, U. K., & Hadi, S. (2024). Pemberdayaan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar di Desa Tegal Kemang Bogor . Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(3), 746-754. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i3.887