Pelatihan Penguasaan Tensis Bahasa Inggris menggunakan Smart Fingers Technique (SFT) bagi Siswa SMA di Kabupaten Pandeglang

Training on Mastering English Tenses using the Smart Fingers Technique (SFT) for High School Students in Pandeglang Regency

  • Ade Sudirman Universitas Mathla'ul Anwar
  • Ika Yunitasari Universitas Mathla'ul Anwar
  • Tatu Munawaroh Universitas Mathla'ul Anwar
  • Aghy Gilar Pratama Universitas Mathla'ul Anwar
  • Irfan Rois Universitas Mathla'ul Anwar
  • Mita Herliana Universitas Mathla'ul Anwar
  • Syahrul Rohmawan Universitas Mathla'ul Anwar
  • Nadiya Nadiya Universitas Mathla'ul Anwar
Keywords: Bahasa Inggris, Grammar, Smart Fingers Technique, Tensis

Abstract

Penguasaan Bahasa Inggris yang baik dapat diperoleh dengan cara banyak praktik langsung dan itu hanya bisa disempurnakan melalui tata bahasa. Dalam pembelajaran tata bahasa terdapat beberapa materi salah satunya adalah tensis. Terdapat 16 jenis tensis yang jika dikuasai akan sangat membantu siswa dalam memahami Bahasa Inggris. Faktanya, beberapa siswa di sekolah merasa bahwa tensis itu materi yang sulit dan membosankan karena mereka hanya diajarkan rumus tensis dan disuruh menghafalkannya. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan tensis siswa dalam menghafal nama 16 tensis dalam 10 menit; tahu nama dan rumus tensis dengan satu kali melihat kalimat; mengubah 16 rumus tensis menjadi 32 rumus dengan satu langkah; dan mampu menjawab soal tipe Structure and Written Expression. Metode yang digunakan berupa pelaksanaan workshop bagi siswa 30 siswa di SMA Plus Malnu Pusat Menes. Tahapan pelaksanaan meliputi pemaparan tipe, cara menggunakan dan fungsi dari Smart Fingers Technique, kemudian diikuti dengan diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas mandiri. Hasil dari pelatihan adalah terdapat 85% dari 30 siswa peserta yang mampu hafal nama-nama 16 tensis dilengkapi dengan rumus dan fungsinya tanpa melihat kamus. Selain itu, mereka meningkat kesadarannya dalam memahami peran penting tensis. Kesimpulannya pelatihan ini memberikan dampak yang positif terhadap pengetahuan tensis Bahasa Inggris siswa.

 

Good English Language Proficiency can be acquired through a lot of direct practice, and it can only be perfected through grammar. In learning grammar there are several materials, one of which is tenses. There are 16 types of tenses that if mastered will greatly help students in understanding English. In fact, some students in schools feel that tenses are difficult and boring material because they are only taught tense formulas and told to memorize them. This training aims to improve the mastery of student’s tenses in memorizing the names of 16 tenses in 10 minutes; knowing the names and tense formulas by looking at a sentence once; changing 16 tense formulas into 32 formulas in one step; and being able to answer questions of the Structure and Written Expression type. The method used was a workshop for 30 students at SMA Plus Malnu Pusat Menes. The stages included the presentation of the type, how to use and function of the Smart Fingers Technique, then followed by discussion, questions and answers, and giving independent assignments. The result of training was that 85% of the 30 student participants were able to memorize the names of 16 tenses complete with formulas and functions without looking at a dictionary. In addition, they increased their awareness in understanding the important role of tenses. In conclusion, this training has a positive impact on students' English tense knowledge.

References

Allawiah, Y., Sudirman, A., & Novari, A. F. (2022). The Effect of Using the Smart Finger Technique on Student Grammar Mastery in Passive Voice Lessons. Proceedings AISELT 2022. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/aiselt.v6i1.17149

Fadhol (2023). Apa itu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)? Retrieved from https://sevima.com/apa-itu-merdeka-belajar-kampus-merdeka/

Harmer, J. (2018). The Practice of English Language Teaching 5th Edition. Pearson Longman.

Hasanah, H. U. (2015). Teaching Grammar Using Pictures. OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(1), 103. https://doi.org/10.19105/ojbs.v9i1.583

Ma’ruf, Z., Yusri, Hutagalung, G. U., Rohlia, L., Lestari, P. (2023). Pelatihan toefl di pondok pesantren tahfidz qur’an palembang. Jurnal Abdimas Bencoolen (JAB), 1(2), 32-38.

Nernere, M. S. (2019). The Tendency of English Teachers in Teaching Grammar for Young Learners. OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(2), 141. https://doi.org/10.19105/ojbs.v13i2.2254

Noeroe (2023). Kepmendikbudristek nomor 210 tahun 2023 tentang indikator kinerja utama perguruan tinggi dan lembaga layanan pendidikan tinggi. Retrieved from https://www.inforegulasi. com/2023/08/kepmendikbudristek-nomor-210-tahun-2023.html.

Rohimajaya, N., Sudirman, A., Awaliah, I. S., & Taufik, I. (2020). Peningkatan kompetensi bahasa inggris siswa SMAN 11 pandeglang melalui pelatihan bahasa inggris “how to speak english confidently”. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 362-368. https://doi.org/10.30653/002.202052.471

Satibi, M. (2024). Pengabdian kepada masyarakat dosen dan mahasiswa unma ajarkan bahasa inggris ke siswa sma. Retrieved from https://www.bantenraya.com/kampus/12713591581/pengabdian-kepada- masyarakat-dosen-dan-mahasiswa-unma-ajarkan-bahasa-inggris-ke-siswa-sma.

Sitorus, D. (2016). Teaching Grammar to Young Learners. Jakarta: Universitas Indonesia.

Sudirman, A. (2015). The implementation of smart fingers technique in improving students’ tenses mastery at 1st semester students of english department of mathla’ul anwar university, banten. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika). 1;3(2).

Sudirman, A. (2018). How To Use Smart Fingers Technique In Teaching English Tenses. Intensive Journal, 1(1), 17. https://doi.org/10.31602/intensive.v1i1.1241

Sudirman, A. (2018). The influence of teaching tenses through group discussion method towards student’s achievement in tenses mastery. Journal of English Education Studies, 1(2), 108-117. https://doi.org/10.30653/005.201812.22

Sudirman. A. (2024). Smart fingers: menguasai 16 tenses bahasa inggris dengan jari dalam 30 menit! (Edisi Revisi). Kota Solok: PT Mafy Media Literasi Indonesia.

Syafryadin, S. (2021). Teaching Grammar Through Visual Illustration For The University Students. Project (Professional Journal of English Education), 4(4), 641. https://doi.org/10.22460/project.v4i4.p641-650

Trunojoyo.(2021). Indikator kinerja utama untuk perguruan tinggi. Retrieved November 11, 2024 from https://pkkmb.trunojoyo.ac.id/2021/07/29/8-indikator-kinerja-utama-untuk-perguruan-tinggi/

Zulaika, L. (2024). Jenis evaluasi pembelajaran: panduan lengkap untuk guru di Indonesia. Retrieved from https://readmore.id/jenis- -evaluasi-pembelajaran/

Published
2025-07-04
How to Cite
Sudirman, A., Yunitasari, I., Munawaroh, T., Pratama, A. G., Rois, I., Herliana, M., Rohmawan, S., & Nadiya, N. (2025). Pelatihan Penguasaan Tensis Bahasa Inggris menggunakan Smart Fingers Technique (SFT) bagi Siswa SMA di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 10(2), 394-404. Retrieved from https://jurnal.unmabanten.ac.id/index.php/jppm/article/view/1267

Most read articles by the same author(s)